Sering Cedera, Phil Jones Pilih Yoga

Cerita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng !

Sering Cedera, Phil Jones Pilih Yoga

Sejak didatangkan dari Blackburn Rovers di 2011, Phil Jones tergolong pemain yang rentan cedera. Cedera pertama Jones di Manchester United menerpa punggungnya. Disambung dengan cedera lutut dan malleolar pada Premier League 2012/2013.

Akibat cederanya, pemain berposisi bek tengah ini melewatkan hingga 26 pertandingan kala diasuh Sir Alex Ferguson.

Cederanya berlanjut di musim berikutnya. Lututnya kembali kumat dan harus mendapatkan perawatan lagi. Juga gegar otak ringan ketika menghadapi Arsenal. Otomatis, delapan pertandingan Manchester United era David Moyes dijalani tanpa dirinya.

Memasuki Premier League 2014/2015, Jones lebih cepat masuk ruang perawatan. Usai menjalani tur pra musim ke Amerika, ia membela Tim Nasional Inggis ketika menghadapi Swiss. Lalu Jones mendapatkan cedera hamstring.

Akan tetapi lukanya itu tidak terlalu lama, sehingga bisa diturunkan pada match day pertama Premier League 2014/2015. Pemain 22 tahun ini tampil penuh saat MU dikalahkan Swansea 2-1 di Old Trafford. Setelah menjalani dua laga berikutnya, barulah Jones kembali terkapar. Hamstringnya kembali kumat, sehingga baru bermain kembali di pertemuan liga inggris pekan ke delapan. Kala itu The Red Devils bermain imbang 2-2 dengan West Bromwich Albion pada Oktober silam.

Akan tetapi ketika usai laga, kakinya tiba-tiba membengkak. Lalu pemain bernomor punggung empat itu divonis cedera tulang kering. Maka ia mesti rela kambali absen, hingga melewatkan tujuh matchday Premier League.

"Aku tidak pernah mengalami cedera otot dalam hidup saya. Jadi itu mengecewakan dan ketika saya datang kembali, kemudian aku harus disangga tulang kering," ujarnya kepada Telegraph.

Atas cederanya pemain jebolan Timnas Inggris U-19 ini, sempat membuat pusing Louis Van Gaal. Hingga memunculkan beberapa nama pengganti pada bursa transfer Januari mendatang. Beberapa pemain disebutkan bakal didatangkan menggeser posisi Jones. Seperti Matt Hummels dari Borussia Dortmund, hingga Diego Godin dari Atletico Madrid.

Aksi Jones baru terlihat kembali pekan lalu saat MU mengalahkan Liverpool 3-0. Sebetulnya Jones baru akan diturunkan ketika melawan Aston Villa di match day 17. Akan tetapi cedera mendadak Marcos Rojo dan Chris Smalling, memaksa ia turun lebih cepat.

Walau begitu, pria 180 cm itu tampil cukup baik. Jones menjalani tugasnya dengan baik pada barisan pertahan MU sehingga para pemain Liverpool kesulitan menembus. Kemudian, pada menit ke-88 Jones pun ditarik keluar digantikan Paddy McNair.

Dirinya pun mengungkapkan perasaannya ketika berlaga kembali pascacedera. Apalagi, langsung diturunkan dalam pertandingan yang sangat penting dan bergengsi.

"Saya terkejut langsung datang kembali melawan Liverpool. Tetapi itulah cedera dan keadaan terjadi di sepakbola. Jujur, 20 menit pertama adalah sedikit angin puyuh untuk saya," aku Jones.

Rupanya, kembalinya Jones tidak hanya mengandalkan dari pengobatan dan latihan ringan saja. Dirinya mengungkapkan jika olahraga meditasi Yoga, merupakan rutinitas untuk pemulihan cedera tulang keringnya.

Pemain yang baru mencicipi lima pertandingan musim ini, sempat beberapa mencoba metode pemulihan kebugaran. Akan tetapi rupanya Yoga yang dirasanya paling cocok dengannya. Olahraga itu disebutkan juga sebagai metode kebugaran yang dipakai juga oleh Rio Ferdinand dan Ryan Giggs.

Rencananya Jones akan terus menggunakan Yoga untuk menjaga kebugarannya. Terlebih untuk menjaga kebugaran mengarungi musim bersama Manchester United. Selain itu, Jones juga mencoba agar tubuhnya tidak rentan terhadap cedera.

"Ini adalah kerja kerasku dengan melakukan yoga, pilates dan banyak hal lainnya. Aku akan melakukan apapun untuk memperbaiki diri," tukasnya kepada Daily Mail.

Itulah janji dari seorang Jones, pemain yang dikenal tangguh dan kuat dalam duel udara. Kondisi fit 100 % harus terus dipertahankan olehnya, bahkan terus ditingkatkan lagi. Bukan tidak mungkin jika hal itu terjadi, Van Gaal akan berpikir ulang untuk mendatangkan Hummels atau Godin untuk mengganti dirinya.

Komentar