Tentang Rooney yang Sempat Tak Ingin Bermain Sepakbola

Cerita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Pemimpin Redaksi | Pesepakbola Tarkam | Juru Taktik
ardynshufi@gmail.com

Tentang Rooney yang Sempat Tak Ingin Bermain Sepakbola

Ternyata tak hanya Ross Barkley yang sempat putus harapan untuk menggapai mimpinya menjadi pesepakbola profesional. Wayne Rooney, kapten timnas Inggris dan Manchester United pun mengalami pengalaman serupa ketika ia masih anak-anak.

Pada umur 14 tahun, Rooney mengaku tak bisa menikmati permainan sepakbola. Terlebih ketika ia mulai mendapat banyak pemahaman tentang taktik sepakbola. Karena pada awalnya, ia hanya ingin bermain dan menikmati sepakbola.

“Pada umur di mana anda sedang bermain dan menikmati sepakbola, anda mulai diberi tahu tentang hal-hal lain yang harus dilakukan ketika berada di lapangan. Anda pun kemudian harus belajar mengenai taktik tentang permainan ini,” ujar Rooney mengutip dari sportfan.com

Saat itu Rooney merasa taktik tak dibutuhkan dalam sepakbola, ia benar-benar hanya ingin bermain dan menikmatinya. Maka ketika ia pulang ke rumah, ia sempat berkata pada ayahnya bahwa ia tak ingin lagi bermain sepakbola. “Saya masih ingat saat itu saya pulang ke rumah dan mengatakannya pada ayah saya, dan ia kecewa.”

Namun karir sepakbola Rooney diselamatkan oleh Colin Harvey, pelatih akademi Everton yang pensiun dari kegiatan sepakbola pada 2003. Dengan saran dari legenda Everton ini, Rooney pun mengurungkan niatnya untuk menjadi petinju dan tetap bermain sepakbola.

“Ia [Harvey] duduk disampingku dan membuatku kembali jatuh cinta pada sepakbola,” kenang Rooney. “Pada saat itu, saya berkata pada diri saya sendiri ‘Ini [sepakbola] adalah hal yang akan saya lakukan’. Sejak saat itu, saya tak lagi bertinju dan mulai fokus sepenuhnya pada sepakbola. Dan saya ternyata mengambil keputusan yang tepat.”

Menjadi keputusan yang tepat karena dua tahun setelah kebimbangan tersebut, Rooney menjalani debutnya bersama tim senior Everton. Bahkan setahun berikutnya, tepatnya saat ia berusia 17 tahun, Rooney merasakan caps pertamanya bersama tim senior Inggris ketika mengalahkan Australia.

Dan setelah melewati perjalanan yang sangat panjang, malam nanti ketika tim nasional Inggris menghadapi Slovenia pada babak kualifikasi Euro 2016, Rooney akan menjalani caps-nya yang ke-100. Sebuah pencapaian yang tak terduga jika mengetahui bahwa awalnya Rooeny sempat putus asa pada impiannya ini.

Tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bisa menorehkan hingga 100 pertandingan bersama tim nasional, karena tak semua pemain bisa melakukannya. Namun dengan jumlah yang semakin banyak itu, ini bisa berarti karirnya bersama tim nasional pun akan semakin mendekati akhir.

Rooney yang saat ini sudah berusia 29 tahun, berencana untuk tak lagi memperkuat timnas Inggris setelah Piala Eropa 2016 nanti, di mana saat itu berarti Rooney berusia 31 tahun. Meskipun begitu, jika memungkinkan untuk bermain di Piala Dunia berikutnya, Piala Dunia Rusia 2018, Rooney akan dengan senang hati membela timnas Inggris jika memang kesempatan untuk bermain baginya masih ada.

Baca juga tentang bagaimana mula Rooney bercita-cita menjadi pesepakbola profesional di sini.

foto: flickr.com

Komentar