Tiga Gol Penting Francesco Totti

Cerita

by Abimanyu Bimantoro

Abimanyu Bimantoro

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Tiga Gol Penting Francesco Totti

Siapa yang tidak kenal Francesco Totti. Pangeran Roma yang telah membela klub ibu kota itu selama 20 tahun. Tidak kurang dari 235 gol dicetaknya untuk klub kesayangannya tersebut.

Berikut adalah momen-momen terbaik Francesco Totti sepanjang karirnya.



  1. AS Roma vs Foggia, Gol pertama Totti


Francesco Totti menjalani pertandingan debutnya pada usia 17 tahun. Ketika itu pelatih AS Roma, Vujadin Boskov memainkannya saat AS Roma mengalahkan Brescia 2-0 pada 28 Maret 1993.

Pada musim berikutnya, AS Roma ditangani oleh Carlo Mazzone. Di bawah asuhan Mazzone Totti mendapatkan kesempatan bermain lebih banyak. Totti akhirnya mencetak gol pertama dalam karirnya pada pertandingan melawan Foggia.

Gol ini menjadi pembuka bagi 200 lebih gol yang dicetak Totti di Serie A Italia.





  1. AS Roma vs Parma, Scudetto AS Roma


Menjadi juara bersama klub kesayangan tentu merupakan impian dari semua pemain sepakbola. Begitu pula Francesco Totti. Impiannya akhirnya terwujud setelah pada musim 2000/2001 Totti berhasil membawa AS Roma juara Liga Italia.

Totti berhasil mendatangkan gelar ketiga Liga Italia bagi AS Roma setelah pada pertandinga terakhir mengalahkan Parma 3-1. Pada pertandingan tersebut, Totti semakin membuktikan kualitasnya dengan menyumbangkan gol pertama bagi Roma. Gol Totti mendorong rekan-rekannya untuk semakin memperbesar keunggulan. Hasilnya, Vicenzo Montella dan Gabriel Batistuta menyumbangkan dua gol tambahan dan memastikan kemenangan AS Roma.





  1. Italia vs Australia


Puncak dari semua prestasi yang ingin dicapai seorang pemain sepakbola adalah Piala Dunia. Semua pemain ingin merasakan membela negaranya di Piala Dunia.

Francesco Totti telah berhasil meraih itu semua. Tidak hanya membela negaranya, Totti bahkan berhasil membawa Italia menjadi juara Piala Dunia tahun 2006.

Salah satu sumbangan krusial yang diberikan Totti selama Piala Dunia 2006 hadir pada babak 16 besar Italia harus berhadapan dengan tim kuda hitam, Australia. Australia yang ketika itu sedang memiliki generasi emasnya berhasil menyulitkan Italia, papan skor pun tidak berubah hingga pertandingan memasuki menit 90.

Namun kondisi berubah setelah Fabio Grosso dijatuhkan di kotak penalti. Meski berbau kontroversi, wasit akhirnya menunjuk titik putih. Totti yang mendapatkan kepercayaan untuk mengeksekusi penalti tersebut berhasil menyelesaikan dengan baik. Italia menang 1-0 dan berhasil lolos ke babak selanjutnya.

Meski tidak terjadi di final, namun penalti ini berhasil membuka jalan bagi Italia saat mereka mengalami kebuntuan melawan Australia. Tanpa gol ini tentu Italia tidak akan menjadi juara Piala Dunia pada tahun 2006.



baca juga:

Francesco Totti dan Tawa yang Membebaskan Kita
Lelucon-lelucon tentang Francesco Totti
Tiga Gol Penting Francesco Totti
Francesco Totti, Sosok Nyata Tua-tua Keladi

Komentar