Kisah Konyol Ketika Johan Cruyff Diisukan Meninggal

Cerita

by redaksi

Kisah Konyol Ketika Johan Cruyff Diisukan Meninggal

Bagi masyarakat Belanda, Johan Cruyff adalah sosok sakral legenda hidup yang menjadi kebanggan tak terkira. Namun siapa sangka, beberapa hari ke belakang Johan Cruyff diisukan meninggal dunia. Dan yang menghebuskan isu ini adalah sebuah media terkenal sekelas Volskrant yang memiliki kredibilitas cukup baik.

Dalam pemberitaan pada aplikasi mobile media tersebut, salah satu headline-nya menuliskan judul "Johan Cruijff Overleden" Sontak saja isu ini diterima sebagai kebenaran mutlak di tengah masyarakat, padahal tentu saja kejadian sebenarnya John Cruyff tetap hidup sehat wal afiat.

media_xl_2433634

Ternyata eh ternyata, kabar ini adalah bohong belaka. Hal ini langsung dikonfirmasi oleh pihak Volskrant sendiri. Lantas kenapa hal ini bisa terjadi? yang jelas kebodohan ini bukan dilakukan oleh jurnalis seperti yang lazim dilakukan oleh media-media di Indonesia. Kejadian konyol ini terjadi akibat kelakukan iseng teknisi website yang sedang menguji coba aplikasi mobile baru.

Apa yang dilakukan teknisi itu sebenarnya hanya mengupload judul berita tanpa menuliskan teks berita di dalamnya, namun pemilihan judul "Johan Cruyff Meninggal" itulah yang mungkin menjadi masalah. Sampai-sampai Pemimpin Redaksi Philippe Remarque turun tangan dan mengeluarkan jumpa pers bahwa apa yang terjadi adalah sebuah "kesalahan bodoh." Tak lupa diapun meminta maaf sebesar-besarnya kepada keluarga Johan Cruyff dan para fans yang sempat mendatangi kantor Volskrant.


">August 19, 2014

Johan Cruyff adalah satu legenda hidup sepakbola Belanda, sepanjang karirnya dia pernah mendapat banyak trofi mulai dari Liga Champions, Liga Belanda hingga Piala Eropa. Dalam soal karir pribadi, Cruyff pun pernah mendapat gelar sebagai pemain terbaik Eropa dan Ballon d'Or.

Namun yang akan selalu diingat orang, Cruyff adalah seorang jenius yang mengenalkan dan mengidentikan Belanda sebagai salah satu negara yang mampu menunjukan permainan cantik lewat total football. Karena perannya itulah, Cruyff begitu didewakan warga Belanda - terkecuali teknisi website yang menghembuskan isu meninggal dirinya.

(wam)

Komentar