Selamat Ulang Tahun, Arema

Cerita

by redaksi

Selamat Ulang Tahun, Arema

Apa yang membedakan Arema sebagai juara Liga Indonesia 2010, dengan klub lain yang pernah juara liga? Mereka adalah klub pertama di Indonesia yang menjadi juara tanpa APBD. Hebat? Untuk ukuran saat itu, tentu saja.

Pada 27 tahun silam, atau tepatnya 11 Agustus 1987, Arema Indonesia berdiri. Mereka pun bergabung dalam kompetisi Galatama. Arema pun sukses merengkuh gelar juara pada 1993. Ini pula yang membuat dukungan warga Malang teralih. Siapa sangka jika tim yang baru berdiri, mampu merebut perhatian dari tim APBD, Persema Malang. Jawabannya tentu karena prestasi Arema yang jauh lebih mengkilat.

Semenjak itu, seolah ada ikatan batin antara Arema dengan masyarakat Malang. Arema bukan lagi sekadar klub, tetapi sudah menjelma sebagai representasi dari simbol dan karakter masyarakat Malang itu sendiri.

Meski sempat terseok-seok karena masalah dana, toh Arema masih tetap dicintai masyarakat Malang. Ditambah lagi saat klub sepakbola tidak boleh menggunakan APBD sebagai sumber pendanaan. Pamor Persema Malang pun kian turun terlebih saat ini mereka hanya bermain di divisi satu.

Prestasi Arema tak akan bisa dilepaskan dari dukungan Aremania. Mereka adalah bagian tak terpisahkan dari sejarah klub berlogo singa ini.

Komentar