Bintang Piala Dunia yang Berfungsi Menambal Lini Tengah dan Belakang Chelsea

Cerita

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, master of sport science, bachelor of science (architecture actually), licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Bintang Piala Dunia yang Berfungsi Menambal Lini Tengah dan Belakang Chelsea

Setelah kita membahas bintang-bintang Piala Dunia 2014 yang mesti diburu Arsenal, maka kali ini kita akan membahas Chelsea. Francesc Fabregas dan Diego Costa telah datang terlebih dahulu dan Filipe Luis yang didatangkan beberapa minggu sebelumnya, telah menambah kedalaman skuat anak asuh Jose Mourinho

Meskipun John Terry dilepas dan David Luiz pergi ke Paris dengan harga fantastis 50juta poundsterling, The Blues sudah dipenuhi oleh bek tengah dengan Kurt Zouma menjadi salah satunya. Ia telah dibeli pada Januari dari klub Saint-Etienne sebelum akhirnya dipinjamkan kembali ke klub asalnya sampai akhir musim.

Tetapi Chelsea dinilai terlalu gemar menumpuk pemain dan meminjamkannya, Zouma bisa saja dipinjamkan kembali selama semusim ke depan, ditambah juga mengingat ia asih berusia 19 tahun. Selain Zouma, Chelsea memiliki stok bek yaitu Nathan Ake (19 tahun), Wallace (20 tahun), dan Tomas Kalas (21 tahun), dengan Wallace dan Kalas dipinjamkan ke FC Koln dan Vitesse pada musim lalu.

Dengan tanpa mengurangi rasa hormat kepada pemain-pemain muda, Mourinho sepertinya butuh pemain yang sudah matang. Dalam hal ini, Giancarlo Gonzalez bisa saja dipertimbangkan oleh Mourinho.

Saat ini ia bermain untuk tim MLS, Columbus Crew, bek Kosta Rika ini bermain luar biasa dalam membawa negaranya sampai ke perempat-final, kebobolan hanya dua kali dalam lima pertandingan melawan negara-negara seperti Uruguay, Italia, Inggris, dan Belanda. Bersama Hummels, ia adalah salah satu bek terbaik turnamen dan rasanya ia berhak untuk bermain di level yang lebih tinggi daripada MLS.

Selain bek tengah, sepertinya skuat Chelsea dinilai sudah cukup dalam untuk mengarungi empat kompetisi musim depan. Namun, bukan Chelsea namanya jika tidak menumpuk pemain. Mourinho dikabarkan mengincar Paul Pogba, bintang Juventus tersebut berhasil mencetak satu buah assist dan satu buah gol di perempat-final. Pogba dinilai akan cocok bermain sebagai gelandang jangkar Chelsea ditambah gosip John Obi Mikel yang akan hengkang.

Selain pembelian pemain, sampai bergulirnya kompetisi Agustus nanti, Mourinho juga masih memiliki pekerjaan rumah yang berat. Kali ini bukan soal siapa yang masuk, tapi tentang siapa yang dipakai dan siapa yang harus keluar.

Mourinho harus pusing-pusing memikirkan nasib Thiabaut Courtois yang tidak mau (dan memang tidak pantas) untuk menjadi pelapis Petr Cech. Serta beberapa kali ia mengeluh mengenai strikernya, dengan Samuel Eto’o yang sudah dilepas dan Fernando Torres yang semakin tidak jelas, perekrutan Diego Costa semakin membuat Mourinho lupa bahwa ia memiliki seorang striker mematikan pada diri Romelu Lukaku.

(dex)

Komentar