Brad Friedel Calon Pemain Tertua di Premier League

Cerita

by redaksi

Brad Friedel Calon Pemain Tertua di Premier League

Kiper Tottenham Hotspur, Brad Friedel, telah menandatangani perpanjangan kontrak baru selama satu tahun dengan klub asal London itu.Pemain veteran yang bulan lalu baru saja memasukin usia 43 tahun ini, akan tetap di White Hart Lane, setidaknya semusim lagi, dan akan mulai bekerja di bawah bos baru, Mauricio Pochettino, pada musim 2014-2015.

Pria asal Ohio, Amerika Serikat ini, bergabung dengan Spurs pada tahun 2011, ia sempat menghuni posisi utama di bawah mistar gawang sebelum kemudian posisinya dirampas selama dua tahun terakhir ini oleh kiper dan kapten Prancis, Hugo Lloris.

Musim lalu, Friedel hanya bermain sebanyak sembilan kali dalam semua ajang. Satu-satunya penampilan kiper plontos itu di Premier League adalah saat Spurs kalah di depan publiknya sendiri, 0-1, dari Newcastle United pada bulan November tahun lalu.

Ternyata, dalam kontrak barunya ini, Freidel tak hanya akan berperan sebagai pemain. Ia juga akan ditugaskan sebagai duta klub yang bertugas mempromosikan Spurs di kampung halamannya, Amerika Serikat. Hal ini terungkap dari penyataan klub yang berbunyi:  "Brad Friedel telah menandatangani kontrak satu tahun dengan klub. Selain itu ia  juga akan menjadi duta klub dengan fokus khusus pada promosi di negara asalnya, Amerika Serikat."

Uniknya, Friedel sebelumnya telah mencatatkan rekor untuk dirinya sebagai pemain paling tua yang membela dua klub di ajang Premier League. Pertama untuk Aston Villa pada 22 Mei 2011 ketika menang 1-0 menghadapi Liverpool di Villa Park pada usianya yang telah memasuki 40 tahun lebih 4 hari.

Dua tahun kemudian, ia menjadi pemain tertua yang pernah membela The Lily White. Pasalnya, saat ia bermaian melawan Newcastle United pada 10 November 2013, ia sudah berusia 42 tahun dan 176 hari.

Meskipun sepertinya perannya di Spurs sudah jelas sebagai pelapis Lloris, namun jika Friedel dapat bermain pada musim depan, ia bisa melampaui rekor pemain tertua  di Premier League. Sampai saat ini, rekor pemain tertua masih dipegang oleh mantan Kiper Manchester City, John Burridge.  Dimana, saat ia diturunkan melawan  Queens Park Rangers, pada 14 Mei 1995, ia sudah menginjak usia 43 tahun lewat 162 hari.

Kita semua berharap kiper yang  sudah pensiun dari tim nasional Amerika Serikat ini bisa bermain musim depan,  setidak hanya pada bulan November tahun ini, agar Freidel mampu  melampaui rekor Burridge itu. Ya,  kiper itu  memang awet muda.

(dex)

Sumber foto: Goal.com

Komentar