Real Madrid Juara UCL 2018

Berita

by Rio Pangestu

Rio Pangestu

Pembaca yang menulis.

Real Madrid Juara UCL 2018

Real Madrid berhasil memenangi gelar Liga Champions 2017/18 setelah mengalahkan Liverpool di babak final dengan skor 3-1, pada Minggu (27/5) dini hari WIB. Tiga gol Madrid dicetak oleh Karim Benzema dan Gareth Bale (2). Sementara satu gol Liverpool dicetak oleh Sadio Mane.

Di awal laga, Liverpool justru tampil dominan dengan banyak menekan Real Madrid. Beberapa peluang berhasil diciptakan namun barisan pertahanan Real Madrid masih mampu menghalaunya.

Real Madrid sendiri baru mendapat peluang pada menit ke-16. Cristiano Ronaldo yang melakukan tusukan di sisi kiri pertahanan Liverpool berhasil menembus area kotak penalti. Akan tetapi sepakan yang dilepaskannya masih melambung di atas mistar gawang Liverpool.

Hal buruk terjadi pada Liverpool setelah pemain andalan mereka, Mohamed Salah, mengalami cedera pada bahunya akibat duel dengan Sergio Ramos. Salah digantikan oleh Adam Lallana pada menit ke-29. Pemain asal Mesir itu keluar lapangan sambil menitikkan air mata.

Setelah Salah keluar, intensitas tekanan Liverpool kepada Real Madrid mengendur. Sebelum Salah meninggalkan lapangan, total tembakan yang dilepaskan para pemain Liverpool adalah 9 kali. Usai Salah keluar, tidak ada sama sekali tembakan yang dilepaskan oleh para pemain Liverpool, setidaknya hingga menit 55.

Selanjutnya, giliran pemain Real Madrid, Daniel Carvajal, yang menderita cedera. Pada menit ke-34 ia keluar digantikan oleh Nacho.

Karim Benzema berhasil mencetak gol pada menit ke-50. Penyerang asal Perancis tersebut berhasil memotong bola yang dilemparkan oleh Loris Karius di area kotak penalti Liverpool.

Selang lima menit kemudian, Liverpool berhasil menyamakan kedudukan lewat gol yang dicetak oleh Sadio Mane. Berawal dari tendangan pojok yang dilepaskan oleh James Milner, bola sundulan Dejan Lovren berhasil disambar Mane untuk membobol gawang Real Madrid.

Real Madrid meresponsnya dengan melakukan pergantian pemain. Gareth Bale masuk menggantikan Isco pada menit ke-61.

Keputusan itu tepat. Tiga menit setelah masuk lapangan, Bale membalikkan keadaan dengan mencetak gol kedua untuk Real Madrid. Berawal dari umpan silang yang dilepaskan Marcelo, pemain bernomor punggung 11 itu menyambarnya dengan sebuah tendangan salto yang langsung menghujam deras ke sudut kanan gawang Liverpool.

Liverpool tersentak setelah tertinggal satu gol. Serangan-serangan langsung mereka gencarkan kepada Real Madrid. Salah satunya lewat Sadio Mane pada menit ke-70 yang melakukan tembakan ke gawang Real Madrid. Beruntung bagi Madrid, tembakan Mane masih membentur tiang gawang.

Real Madrid berhasil memperbesar keunggulan atas Liverpool lewat gol yang dilesakkan Gareth Bale pada menit ke-83. Bale kembali menciptakan gol indah lewat tembakan jarak jauh dari luar kotak penalti. Gol tersebut memastikan gelar ke-13 Real Madrid di Liga Champions, yang tiga di antaranya diraih dalam tiga tahun terakhir.

Sampai peluit akhir dibunyikan, Liverpool tak mampu mengejar ketertinggalan mereka dari Real Madrid. Madrid berhasil meraih trofi Liga Champions tiga kali berturut-turut.

Komentar