Lineker Ingin Inggris Maksimalkan Pemain Muda di Rusia

Berita

by Rio Rizky Pangestu

Rio Rizky Pangestu

Pembaca yang menulis.

Lineker Ingin Inggris Maksimalkan Pemain Muda di Rusia

Mantan pemain Tim Nasional Inggris, Gary Lineker, menyarankan agar Timnas Inggris memanfaatkan Piala Dunia 2018 sebagai ajang menambah pengalaman bagi para pemain mudanya. Menurutnya, hal itu lebih realistis dan bermanfaat ketimbang memaksakan misi menjadi juara di turnamen empat tahunan tersebut.

“Jika aku jadi Gareth Southgate, aku akan memakai turnamen ini untuk pemain-pemain muda. Aku akan berkata bahwa ini tentang pengalaman. Rasakan semua tekanan di turnamen itu, dan katakan, ‘Ini semua tentang pengalaman. Kita tidak akan melakukannya dengan sangat baik, kita tidak akan memenangi Piala Dunia tahun ini,’” ujarnya seperti dikutip dari ESPN.

Menurut Lineker, untuk menjadi juara di turnamen sebesar Piala Dunia, sebuah tim harus diisi oleh banyak pemain berkelas dunia. Baginya, Inggris saat ini bukanlah tim dengan kategori itu. Karenanya, memanfaatkan Piala Dunia tahun ini untuk menempa pengalaman bermain para pemain muda akan lebih bermanfaat. Inggris akan bisa menikmati hasilnya beberapa tahun ke depan.

“Realistis saja, kita belum punya kesempatan besar [untuk memenangi Piala Dunia]. Memang kamu tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di sebuah turnamen sepakbola, tapi kita belum punya pemain berkelas dunia yang cukup. Kamu perlu setengah dari kesebelasanmu diisi oleh pemain berkelas dunia untuk menjadi favorit juara di turnamen ini. Kita belum seperti itu, tapi kita bisa seperti itu dalam empat atau enam tahun ke depan,” bebernya.

Saran Lineker untuk memberikan Piala Dunia tahun ini kepada para pemain muda Inggris agar dapat menambah pengalaman bertanding mereka cukup masuk akal. Pada 2017, prestasi masing-masing tim nasional muda Inggris di ajang turnamen dunia sangat gemilang.

Tim Nasional Inggris U20 juara di ajang Piala Dunia U20 yang dihelat di Korea Selatan pertengahan tahun lalu. Empat bulan kemudian, tepatnya pada Oktober 2017, prestasi tersebut diikuti oleh Inggris U17 yang menjadi juara di ajang Piala Dunia U17 di India. Mereka bahkan tidak terkalahkan selama fase grup dan di final mampu mengalahkan Spanyol dengan skor yang cukup telak, 5-2.

Tentunya para pemain muda itu akan semakin matang mental dan pengalamannya jika mereka dipilih dan diberikan kesempatan oleh Southgate di Piala Dunia tahun ini. Pemain tengah Crystal Palace, Ruben Loftus-Cheek; pemain belakang Liverpool, Trent Alexander-Arnold; sayap kiri Fulham, Ryan Sessegnon (tidak dibawa), adalah nama-nama yang disebut Lineker perlu diberi banyak kesempatan di Piala Dunia tahun ini.

Wajar, karena penampilan tiga pemain tersebut bersama kesebelasannya masing-masing di musim ini juga cukup baik. Sessegnon misalnya, di usianya yang masih 18 tahun, musim ini selalu tampil di semua pertandingan Fulham di Divisi Championship. Dari total 46 penampilannya, ia berhasil mengoleksi 15 gol dan 6 asis.

Alexandre-Arnold sementara itu, walau hanya tampil sebanyak 19 kali musim ini bersama Liverpool di Liga Primer Inggris, namun menit bermain yang didapatkannya dari Juergen Klopp tiap kali diturunkan nyaris selalu penuh. Remaja berusia 19 tahun itu pun mampu mencatatkan masing-masing 1 gol dan 1 asis di Liga Primer Inggris musim ini.

Loftus-Cheek musim ini juga jadi andalan di lini tengah Crystal Palace. Pemain berusia 22 tahun tersebut mencatatkan penampilan sebanyak 24 kali sepanjang musim ini bersama Crystal Palace, mengoleksi 2 gol dan 4 asis.

Kendati saran yang diberikan Lineker punya alasan yang kuat, tidak berarti semua orang menyetujuinya. Bekas penggawa Inggris lain, Frank Lampard, mengaku tidak setuju dengan apa yang dikatakan oleh Lineker. Menurut pemain yang identik dengan nomor punggung 8 tersebut, kondisi Inggris saat ini tidak seburuk seperti yang dikatakan oleh Lineker.

“Saya tidak sepenuhnya setuju dengan itu (pernyataan Lineker). Jujur saja, saya pikir kondisi mereka (Timnas Inggris) jauh lebih baik dari yang dikatakannya. Menurut saya, sudah terdapat keseimbangan tim di skuat tim nasional saat ini. Perihal apakah kita bisa memenangi Piala Dunia tahun ini adalah soal lain. Tapi saya pikir, kita bisa mencobanya dengan baik," ujarnya kepada SportsMail.

Tim Nasional Inggris sendiri akan memulai laga perdana mereka di Piala Dunia 2018 menghadapi Tunisia pada 18 Juni 2018. Tim lain yang akan dihadapi oleh Inggris setelahnya adalah Panama, lalu Belgia.

Komentar