Hasil Undian dan Format Baru Piala AFF 2018

Berita

by Rio Rizky Pangestu

Rio Rizky Pangestu

Pembaca yang menulis.

Hasil Undian dan Format Baru Piala AFF 2018

Indonesia mendapat kehormatan sebagai negara yang menjadi tempat pengundian grup Piala AFF 2018. Pengundian dilaksanakan di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (2/5). Turnamen yang akan digelar pada 8 November hingga 15 Desember 2018 itu, membagi 10 negara yang menjadi peserta turnamen ke dalam dua grup.

Jika pada penyelenggaraan Piala AFF sebelum-sebelumnya setiap grup hanya diisi oleh empat kesebelasan, pada penyelenggaraan Piala AFF tahun ini diberlakukan sistem baru yang membuat setiap grup akan diisi oleh lima negara peserta.

Sebelumnya, sepuluh negara peserta sudah masuk pot-pot pengundian, yang terbagi dalam lima pot. Pot pertama diisi oleh tim unggulan yakni Thailand dan Vietnam.

Pot kedua diisi oleh Indonesia dan Malaysia. Pot ketiga dihuni oleh Filipina dan Myanmar. Pot keempat dihuni oleh Singapura dan Kamboja, sedangkan pot kelima dihuni oleh Laos dan pemenang playoff antara Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Dan hasil pengundian grup yang dilakukan di Hotel Mulia siang tadi menghasilkan Grup A yang diisi oleh Vietnam, Malaysia, Kamboja, Laos dan Myanmar. Sementara Indonesia sendiri tergabung dalam Grup B bersama Thailand, Singapura, Filipina dan pemenang playoff antara Brunei Darussalam dan Timor Leste di babak penyisihan grup.

Nantinya, setiap peserta grup akan bertanding menggunakan sistem round robin sehingga tiap peserta akan menjalani dua laga kandang dan dua laga tandang di fase penyisihan grup.

Komentar