Harry Kane Merengek, Gol Eriksen Pun Jadi Miliknya

Berita

by Rio Rizky Pangestu

Rio Rizky Pangestu

Pembaca yang menulis.

Harry Kane Merengek, Gol Eriksen Pun Jadi Miliknya

Liga Primer mengubah keputusan yang terbilang jarang dilakukan terkait perubahan pencetak gol. Harry Kane akhirnya ditetapkan sebagai pencetak gol kedua Tottenham Hotspur ketika Spurs menang 1-2 atas tuan rumah Stoke City di lanjutan Liga Primer pekan ke-33, Sabtu (7/4).

Keputusan tersebut ditetapkan oleh Dewan Akreditasi Gol Liga Primer setelah Tottenham Hotspur dan Harry Kane mengajukan banding kepada mereka. Usai mendengarkan kesaksian dari beberapa pemain yang berlaga di lapangan dan memutar ulang rekaman pertandingan, tiga orang panel akhirnya sepakat bahwa gol kedua Tottenham Hotspur adalah milik Harry Kane.

Ketiga panel Liga Primer tersebut menilai bola terlebih dulu menyentuh bahu Kane sebelum masuk ke gawang Stoke. Oleh karenanya, Kane berhak atas gol kedua Spurs.

Sebelumnya, Liga Primer menetapkan bahwa pencetak gol kedua Spurs di pertandingan tersebut adalah Christian Eriksen. Kejadian ini bermula ketika Tottenham mendapat kesempatan tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Stoke pada menit ke-62.

Eriksen, yang memang selalu diandalkan menjadi eksekutor bola mati Tottenham, bersiap mengeksekusi bola. Dari gelagatnya, Eriksen seperti hendak mengumpan karena sebelum menendang bola, ia terlebih dulu memberi kode dengan mengangkat tangannya kepada rekan-rekannya yang sudah menunggu di kotak penalti.

Bola tendangan Eriksen ternyata langsung menghujam deras ke arah gawang Stoke yang dikawal kiper Jack Butland. Harry Kane terlihat mencoba menggapai bola dengan melompat dan berduel dengan pemain belakang Stoke, walau tidak terlihat jelas apakah bola sempat menyentuh Kane atau tidak. Setelah sempat memantul ke tanah, bola pun masuk ke gawang Stoke.

Harry Kane tampaknya merasa bahwa bola yang dikirim oleh Eriksen sempat menyentuh bahunya saat berduel. Usai bola masuk ke gawang Stoke, Kane langsung melakukan perayaan atas gol yang diciptakannya. Gol tersebut memenangkan Tottenham pada pertandingan yang digelar di Bet365 Stadium.

Namun usai pertandingan, diketahui bahwa Liga Primer mencatat gol kedua Tottenham dicetak oleh Christian Eriksen. Harry Kane sangat kecewa dengan keputusan itu. Ia lantas merengek sampai bersumpah bahwa dirinyalah yang mencetak gol kedua Spurs.

“Aku bersumpah demi hidup putriku, aku menyentuh bola itu. Tapi aku tak bisa berbuat banyak terhadap keputusan ini,” ujar Harry Kane kepada BBC.

Harry Kane juga memberitahu pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino, bahwa pencetak gol kedua Spurs adalah dirinya. Pochettino lalu menyarankan pihak Liga Primer untuk meninjau ulang gol kedua Spurs lewat tayangan di televisi.

“Aku sebenarnya tak punya banyak waktu untuk menonton televisi, tetapi Harry berkata bahwa bola itu menyentuhnya sebelum masuk ke gawang. Mungkin mereka [Liga Primer] harus melihatnya dari tayangan televisi,” ujarnya.

Kendati demikian, Pochettino mengaku tidak terlalu memikirkan ihwal siapa yang menjadi pencetak gol kedua Spurs. Baginya, yang terpenting adalah tiga poin yang harus berhasil diraih Spurs.

“Yang terpenting bagiku adalah tiga poin. Entah itu adalah gol Christian atau Harry, kami senang dengan tiga poin yang kami raih. Dan hasil ini membawa kita ke posisi yang bagus di klasemen sementara untuk mendapatkan prestasi yang kami inginkan, finis di empat besar.”

Cukup bisa dipahami mengapa Harry Kane bersikeras ingin gol kedua Spurs dianugerahkan pada dirinya. Kane sedang dalam misi mengejar defisit golnya dari Mohamed Salah yang saat ini menjadi pencetak gol terbanyak sementara Liga Primer dengan membukukan 29 gol.

Kane yang di dua musim sebelumnya selalu menjadi pencetak gol terbanyak Liga Primer tampaknya tidak ingin capaian di dua musim sebelumnya direbut oleh Salah musim ini. Salah, yang sudah mencetak 29 gol, ketika mendengar kabar pemberian gol Eriksen pada Kane meresponsnya dengan cuitan. Sebenarnya tidak hanya Salah, pihak lain seperti Gary Lineker, Jamie Vardy hingga Alan Shearer pun turut menyindir keputusan Liga Primer atas pemberian gol pada Kane.

Dengan ditetapkannya Kane sebagai pencetak gol kedua Spurs pada pertandingan kontra Stoke City pekan lalu, maka sejauh ini ia sudah mengumpulkan total 25 gol di Liga Primer. Ia pun semakin yakin di akhir musim dirinya mampu melampaui jumlah gol Mohamed Salah. “Aku masih yakin aku bisa [melampaui Salah di akhir musim]. Masih ada beberapa pertandingan di depan.”

Komentar