Persija Makin Dekat ke Babak Lanjutan Piala AFC

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball

Persija Makin Dekat ke Babak Lanjutan Piala AFC

Persija Jakarta membuka kans lolos otomatis ke semi-final zonal Piala AFC 2018, setelah mengalahkan Johor Darul Takzim (JDT) empat gol tanpa balas. Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (10/4) itu, tempat gol kemenangan Persija diborong Marko Simic (8`, 12`, 19`, dan 86’). Penyerang asal Kroasia itu pun mencatatkan rekor sebagai pemain pertama yang mencatatkan quattrick di Piala AFC 2018.

Sementara bagi Persija, kemenangan atas JDT membuat mereka nyaman duduk di puncak klasemen sementara Grup H, dengan 10 poin. Macan Kemayoran unggul head-to-head dari Song Lam Nghe An yang berada di posisi dua. Seperti Persija, kesebelasan Vietnam itu juga mengoleksi 10 poin, setelah mengalahkan Tampines Rovers (2-1) di pertandingan lainnya.

"Kerja keras di babak pertama terbayar dengan hebat. Tiga gol di awal sangat membantu kami. Beruntung kami bisa menambah satu gol. Kini kami unggul secara head-to-head," kata pelatih Persija, Stefano Cugurra, dilansir dari akun Twitter resmi Persija.

Persaingan di Grup H Piala AFC 2018 terbilang ketat sebelum memasuki matchday kelima. Song Lam Nghe An, JDT, dan Persija sama-sama mengoleksi tujuh poin, hasil dari empat pertandingan yang dilakoni masing-masing kesebelasan. Namun setelah melihat hasil pertandingan di matchday kelima, Song Lam Nghe An dan Persija menjadi dua kesebelasan yang memiliki kans lebih besar lolos otomatis ke semi-final zonal.

Song Lam Nghe An dan Persija akan bersaing sengit di matchday terakhir fase grup Piala AFC untuk memperebutkan takhta di puncak klasemen akhir Grup H, sebagai sarat meraih tiket lolos otomatis ke semi-final zonal. Memiliki jumlah poin yang sama, Persija dan Song Lam Nghe An wajib menang di pertandingan terakhir fase grup.

Di laga pamungkas, Persija akan berhadapan dengan Tampines di Jalan Besar Stadium pada 24 April mendatang. Bila menang atas wakil Singapura itu, Macan Kemayoran dipastikan lolos ke semi-final zonal, meski di pertandingan lainnya, Song Lam Nghe An mengalahkan JDT di laga pamungkasnya.

Andai Persija dan Song Lam Nghe An sama-sama memetik kemenangan di laga terakhir Grup H, kedua kesebelasan akan sama-sama mengoleksi 13 poin. Persija akan lebih diuntungkan, karena unggul head-to-head atas wakil Vietnam itu.

"Seperti yang saya katakan sebelum kompetisi dimulai, target kami adalah lolos dari fase grup. Jadi, kami harus memenangkan pertandingan terakhir, karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan terjadi ke depan. Jadi kami harus menang," Kata Marco Simic, dilansir dari halaman resmi AFC Cup.

Tapi cerita akan berubah bila Persija hanya meraih hasil imbang, apalagi kalah dari Tampines. Sebab, nasib mereka akan ditentukan melalui hasil pertandingan Song Lam Nghe An melawan JDT.

Bila Persija meraih hasil imbang atau kalah saat bersua Tampines, sementara Song Lam Nghe An meraih kemenangan atas JDT, maka posisi Persija di puncak klasemen otomatis dikudeta Song Lam Nghe An. Untuk lolos ke semi-final zonal, Persija masih punya peluang, namun dengan status runner-up terbaik. Itu pun tidak akan mudah, karena mereka masih harus bersaing dengan dua runner-up lain dari Grup F dan G, yang juga berisikan kesebelasan asal Asia Tenggara.

Komentar