Permainan Mengesankan Ilkay Gundogan

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng !

Permainan Mengesankan Ilkay Gundogan

Ilkay Gundogan tampil memukau dengan dua gol yang memenangkan Manchester City atas Basel pada pertandingan 16 besar Liga Champions. Dua golnya itu melengkapi kemenangan City dengan skor 4-0 di Stadion St. Jacob Park, Rabu (14/2).

Gundogan sudah menjebol gawang Basel ketika pertandingan baru berjalan 14 menit. Ia menyambut umpan dari Kevin De Bruyne yang mengeksekusi tendangan sudut sehingga menjadi gol. Empat menit kemudian, Bernardo Silva menggandakan keunggulan City atas Basel.

Skor pertandingan pun diperbesar oleh gol yang dicetak Sergio Aguero setelah menyambut umpan Fernandinho. Akhirnya Gundongan menutup pesta gol City pada menit 53 melalui tendangan melengkung dari luar kotak penalti. Tendangan indah itu dilakukan setelah mendapatkan umpan dari Aguero.

Selain mencetak gol, Gundogan memang bermain apik pada laga ini. Ia juga rajin membantu pertahanan di lini tengah untuk menggagalkan bangunan serangan Basel. Hal itu terbukti dengan jumlah enam tekel suksesnya pada laga kali ini. Kerja keras Gundogan dalam merebutkan bola itu mempermudah tugas Fernandinho sebagai gelandang bertahan dan bek tengahnya.

Fernandinho pun hanya sanggup melakukan satu tekel bersih pada laga ini. Sementara Nicolas Otamendi di lini belakang, masih kalah jumlah dua tekel bersih daripada Gundogan. Perebutan bola di lini tengah lebih cepat itu dianggap Vincent Kompany sebagai salah satu kunci kemenangan besar City atas Basel.

"Itu selalu kembali ke hal yang sama. Tingkat kerja dalam bertahan dan mendapatkan bola lebih cepat," ujar Kompany seperti yang dikatakan kepada BT Sport.

Selain itu, Gundogan juga melakukan dua giringan bola sukses dan akurasi operannya sebesar 82 persen. Catatan itu menunjukkan bahwa ia berkontribusi dalam membangun serangan City. Apalagi Gundogan melakukan tekel sukses terbanyak pada laga itu sehingga sering mengawali serangan City.

"Ilkay Gundogan adalah pemain yang luar biasa. Musim terakhir kami sangat kehilangan dia dengan cederanya selama enam bulan dan itulah mengapa kami puas, tidak hanya kualitasnya, tapi permainan personalnya," puji Josep Guardiola, Manajer City, seperti dikutip dari Team Talk.

Sumber lain: France24.

Komentar