Bali United Tumbang di Laga Perdana Piala AFC 2018

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball

Bali United Tumbang di Laga Perdana Piala AFC 2018

Debut Bali United di Piala AFC 2018 berakhir dengan kekalahan. Menjamu Yangon United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (13/2), klub berjuluk Serdadu Tridatu itu takluk dengan skor mencolok 1-3.

Dalam pertandingan perdana Grup G Piala AFC 2018 itu, Bali United tampil dengan dominasi skuat pemain muda. Sebelumnya, Widodo Cahyono Putro, telah mengisyaratkan bakal melakukan rotasi pemain di laga melawan Yangon. Pelatih Bali United itu beralasan, rotasi dilakukan karena jadwal padat yang dihadapi timnya saat ini.

Selain tampil di Piala AFC, Bali United pun masih berjuang menembus babak final turnamen pra-musim Piala Presiden 2018. Serdadu Tridatu akan menghadapi Sriwijaya FC pada Rabu (14/2) di pertandingan semifinal leg dua Piala Presiden 2018 di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Bali United butuh kemenangan di laga melawan Sriwijaya FC demi tiket ke babak final. Sebelumnya, mereka bermain imbang 0-0 di laga leg pertama yang berlangsung di Stadion Jakabaring, Palembang.

Tampil dengan mayoritas pemain muda, Bali United kerepotan meladeni permainan terbuka Yangon United. Akibatnya, dalam tempo 10 menit, tim tamu memberondong tiga gol ke gawang Kadek Wardhana. Tiga gol Yangon masing-masing diciptakan Emmanuel Uzochukwu (15’) dan Sekou Sylla (18’, 25’).

Tertinggal tiga gol saat pertandingan belum genap berlangsung 30 menit, Bali United langsung melakukan perubahan. Salah satunya memasukan Miftahul Hamdi untuk menggantikan Febi Eka Putra pada menit ke-34. Masuknya Hamdi membuat alur serangan Bali United dari sektor sayap menjadi lebih hidup. Jelang pertandingan babak pertama usai, Bali United memperkecil kedudukan melalui I Gede Sukadana.

Memasuki paruh kedua, Bali United kembali melakukan perubahan dengan memasukan Nick van der Velden dan Hanish Saghara. Masuknya dua pemain bertipikal menyerang itu membuat pola serangan Bali United lebih menggigit. Banyak peluang didapat, salah satunya pada menit 83. Saat itu, Bali United mendapat kesempatan memperkecil kedudukan setelah wasit menunjuk titik putih karena handball pemain belakang Yangon United.

Kevin Brands ditunjuk sebagai eksekutor. Sayang, pemain asal Belanda itu gagal mengeksekusi sepakan 12 pas itu. bola hasil tendangan Brands melenceng di sisi kanan gawang Yangon United. Para pemain Bali United pun tertunduk lesu seusai laga, karena skor 1-3 tak berubah.

Akibat kekalahan tersebut, Bali United duduk di posisi juru kunci di klasemen sementara Grup G. Sementara Yangon United berjaya di puncak klasemen dengan tiga poin. Posisi dua ditempati tim asal Vietnam, FLC Thanh Hoa yang di laga lainnya mengalahkan wakil Filipina, Global Cebu, 1-0.

Kekalahan dari Yangon belum membuat peluang Bali United lolos ke 16 besar tertutup. Masih banyak kesempatan yang bisa dimanfaatkan Serdadu Tridatu, mengingat fase grup Piala AFC menggunakan format kompetisi penuh. Artinya, masih ada lima pertandingan lagi yang bisa dimanfaatkan Bali United untuk meraih tiket lolos ke 16 besar.

Pada pertandingan selanjutnya di fase grup, Bali United akan bertandang ke Filipina menghadapi Global Cebu pada Selasa (27/2) mendatang.

Susunan pemain

Bali United: Kadek Wardana; Andhika Wijaya, Ngurah Nanak, Agus Nova, Taufik Hidayat; I Gede Sukadana, Sutanto Tan, Kevin Brands, I Nyoman Sukarja; Feby Eka Putra, Yandi Sofyan Munawar.

Yangon United: Kyaw Zi Htet; David Htan, Kekere Moukailou, Pyae Phyo Zaw, Min Kyaw Khant; Kyi Lin, Yan Aung Kyaw, Kosuke Uchida, Maung Maung Lwin; Uzochukwu Emmanuel, Sekou Sylla.

Foto: Twitter @AFCCup

Komentar