Biodata Palsu di Wikipedia Kecoh Panevezys Ketika Merekrut Penyerang Baru

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng !

Biodata Palsu di Wikipedia Kecoh Panevezys Ketika Merekrut Penyerang Baru

Melakukan pencarian di situs Google lalu mengakses laman Wikipedia bisa dibilang paling praktis untuk mengetahui riwayat seorang pesepakbola. Namun apes bagi kesebelasan asal Lithuania bernama Panevezys. Mereka mendapatkan pemain yang biodata di Wikipedia tidak sesuai dengan kebenarannya alias palsu.

Panevezys awalnya dengan bangga memperkenalkan Barkley Miguel-Panzo yang direkrut dari Syrianska FC di Liga Swedia pada bursa transfer Januari 2018. Dari Wikipedia, biodata Miguel-Panzo di Wikipedia menunjukkan bahwa ia pernah memperkuat Queens Park Rangers (QPR) dari 2010 sampai 2012. Apalagi Panevezys semakin silau dengan catatan sang pemain yang berhasil mencetak 45 gol dari 36 penampilan bersama QPR.

Pelatih Panevezys, Alexander Kurtian, semakin terpikat kepada Miguel-Panzo setelah menjalani dua pertandingan uji tanding melawan Wigry dan RFS. Miguel-Panzo diharapkan Kurtian bisa memberikan pengalamannya di kejuaraan tingkat tinggi bersama QPR.

"Pemain ini serbaguna, dia bisa bermain baik sebagai gelandang atau sayap. Tim tidak memiliki pemain seperti itu di lini serang. Karena itulah kesepakatan tercapai," ujar Alexander Kurtian selaku pelatih Panevezys seperti dikutip dari The Sun.

Namun Kurtian harus menyesali ucapannya. Hal itu karena Miguel-Panzo terbukti memalsukan biodatanya di laman Wikipedia. Rupanya, Miguel-Panzo sama sekali belum pernah memperkuat QPR di sepanjang kariernya. Miguel-Panzo memang pernah tinggal di London, Inggris, yang merupakan asal QPR. Tapi ia cuma sempat mengikuti akademinya saja dan kemudian lebih sering bermain di kesebelasan-kesebelasan amatir di London.

Beberapa kesebelasan amatir di London yang pernah diperkuatnya adalah Hillingdon, Northwood, Hendon, Cambridge City dan Woking, sebelum meneruskan kariernya ke Prancis pada 2012. Sejak mencoba peruntungan di Prancis bersama Sarlat Marcillac itulah biodata Miguel-Panzo hampir benar seluruhnya.

Di biodata Wikipedianya juga tertulis Miguel-Panzo pernah memperkuat Troyes dan mencetak enam gol dari 21 pertandingan Ligue 1 Prancis. Bahwa ia pernah memperkuat Troyes itu betul namun Miguel-Ponzo hanyalah berstatus pemain tim cadangan. Kebohongan lainnya di Wikipedia selain QPR dan Troyes adalah bahwa Miguel-Panzo sempat memperkuat Tim Nasional (timnas) Angola sebanyak tiga kali yang nyatanya belum pernah terjadi.

Setelah ketahuan kebohongan-kebohongan yang dilakukan Miguel-Panzo di laman Wikipedia tersebut, Panevezys langsung memecatnya. Selain dipecat, informasi pada biodata Miguel-Panzo di Wikipedia pun telah dimusnahkan. Pemalsuan biodata Miguel-Panzo di Wikipedia sehingga membuat Panevezys tertarik ini mengingatkan kepada kasus kebohongan dilakukan Ali Dia, yang pura-pura mengaku sepupu George Weah dan pernah bermain di PSG sehingga membuat Southampton merekrutnya. Padahal semua itu palsu.

Sumber lain: Sport Bible, Who Ate All the Pies

Komentar