Leipzig Melompat Tiga Peringkat

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Penanggung jawab rubrik PanditSharing dan Backpass. Penyunting naskah Cerita.

Leipzig Melompat Tiga Peringkat

Putaran kedua Bundesliga musim 2017/18 telah dimulai. Pertandingan besar langsung tersaji di Red Bull Arena: RB Leipzig, runner-up musim lalu, menjamu FC Schalke 04, runner-up putaran pertama musim ini.

Tim tuan rumah unggul lebih dulu, walau pemecah kebuntuan baru tercipta empat menit sebelum jeda -- lewat Naby Keita, dengan bantuan Naldo. Pemain belakang Schalke tersebut membayar lunas kesalahannya. Di menit ke-56, Naldo menyundul masuk umpan bola mati Daniel Caliguri. Namun Naldo pula yang mengembalikan Leipzig ke posisi unggul. Kelalaiannya memudahkan Timo Werner mencetak gol.

Setelah Werner mengubah kedudukan di menit ke-68, tak ada lagi balasan dari Schalke. Malah, tim tamu kembali kebobolan. Lewat gol Bruma di menit ke-71, Leipzig memastikan kemenangan yang membawa mereka ke posisi dua, menggeser turun Schalke, Borussia Dortmund, dan Bayer Leverkusen sekaligus.

Dengan 31 poin, Leipzig hanya unggul satu angka dari Schalke. Dari Bayern Munchen di puncak klasemen, Leipzig tertinggal 13 poin.

Bayern mengokohkan diri di puncak klasemen lewat kemenangan 3-1 di kandang Leverkusen, dalam pertandingan pembuka putaran kedua, Sabtu (13/1) dini hari WIB. Gol-gol kemenangan Bayern dicetak oleh Javi Martinez di menit ke-32, Franck Ribery di menit ke-59, dan James Rodriguez di menit pertama injury time babak kedua. Gol tunggal Leverkusen dicetak oleh Kevin Volland di menit ke-71.

Cukup Satu Fullkrug

Bukan hanya Leipzig yang naik peringkat. FC Augsburg, Hannover 96, dan VfB Stuttgart pun sama-sama menduduki posisi yang lebih tinggi dari sebelumnya, berkat kemenangan atas lawannya masing-masing.

Augsburg melompat dua peringkat ke posisi tujuh berkat kemenangan gol tunggal saat menjamu Hamburger SV. Satu-satunya gol di pertandingan ini dicetak oleh Koo Ja Cheol pada menit ke-45. Menduduki peringkat ketujuh, walau baru setengah jalan terlewati, menghidupkan asa Augsburg untuk kembali lolos ke kejuaraan Eropa.

Seperti di Augsburg, di Stuttgart pun hanya tercipta satu gol. Bedanya, kemenangan Stuttgart ditentukan oleh pemain lawan. Niklas Stark, pemain belakang Hertha BSC, mencetak gol ke gawangnya sendiri di menit ke-78. Stark mencetak gol bunuh diri di bawah tekanan dari Mario Gomez, penyerang kawakan yang kembali ke klub lamanya di bursa transfer musim dingin kali ini. Dengan terciptanya gol Stark maka berlanjut catatan selalu kebobolan Hertha, yang termasuk pertandingan ini sudah 18 laga.

Sementara itu, berakhir sudah catatan buruk Stuttgart, yang selalu kalah di empat pertandingan Bundesliga sebelumnya dan tidak mencetak satu gol pun selama rangkaian tersebut. Stuttgart naik dua peringkat ke posisi 12.

Sementara itu, lima gol tercipta di Hannover. Tuan rumah, yang menjamu FSV Mainz, tertinggal dua gol lebih dulu (Yoshinori Muto, 26’; Alexander Hack, 31’). Niclas Fullkrug seorang diri membawa timnya berbalik unggul dan akhirnya menang.

Sang penyerang mencetak gol balasan hanya dua menit setelah gol Hack dan menyamakan kedudukan, lewat tendangan penalti, lima menit berselang. Di menit ke-75, Fullkrug melengkapi trigolnya sekaligus membawa Hannover berbalik unggul. Kedudukan 3-2 bertahan hingga laga usai. Hannover naik ke posisi sepuluh.

Tembakan Pertama Menjadi Gol Perdana

Di Weser-Stadion, di penghujung babak pertama yang sepi peluang, Benjamin Hubner memenangi duel udara dan menyundul masuk umpan silang Serge Gnabry untuk membawa timnya, TSG Hoffenheim, memimpin atas SV Werder Bremen (menit ke-39).

Bremen tampil lebih ngotot selepas turun minum dan akhirnya berhasil mencetak gol. Seperti gol Hoffenheim, gol Bremen tercipta dari sepak pojok namun tak langsung dari umpan bola matinya. Sontekan Jerome Gondorf disepak masuk oleh Theodor Gebre Selassie (menit ke-63). Kedudukan imbang bertahan hingga pertandingan berakhir.

Juga berakhir dengan kedudukan 1-1 adalah pertandingan antara Eintracht Frankfurt dan SC Freiburg. Tuan rumah membuka keunggulan di menit ke-28 lewat gol Sebastian Haller dan tampak bisa menang mengingat Freiburg tak memberi perlawanan berarti. Namun lewat sepakan pertama mereka di pertandingan, Freiburg mencetak gol balasan. Pencetak gol yang tercipta di menit ke-51 tersebut adalah Robin Koch, pemain belakang. Gol penyeimbang tersebut adalah gol pertama Koch di Bundesliga.

FC Koln akan menjamu Borussia Monchengladbach pukul 21.30 WIB hari ini, sementara Borussia Dortmund akan bertindak sebagai tuan rumah untuk VfL Wolfsburg di pertandingan yang sepak mulanya tengah malam WIB nanti.

Komentar