Debut di Derbi Merseyside, Van Dijk Langsung Cetak Gol Kemenangan Liverpool

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball

Debut di Derbi Merseyside, Van Dijk Langsung Cetak Gol Kemenangan Liverpool

Virgil van Dijk menandai debutnya bersama Liverpool dengan manis. Pemain asal Belanda itu menjadi pahlawan kemenangan Liverpool atas Everton di laga putaran ketiga Piala FA di Anfield, Sabtu (6/1) dini hari WIB, setelah mencetak gol di penghujung pertandingan. Gol yang diciptakan Van Dijk mengantar Liverpool meraih kemenangan 2-1 dan memastikan lolos ke putaran empat Piala FA.

Dalam laga bertajuk derbi Merseyside itu, Van Dijk yang baru saja didatangkan Liverpool dari Southampton dengan mahar 75 juta paun tersebut langsung ditampilkan Juergen Klopp sebagai starter. Berduet bersama Joel Matip, Van Dijk menjadi benteng kokoh yang sulit ditembus barisan penyerangan Everton.

Di babak pertama, Everton tak banyak memiliki peluang yang mengancam gawang Loris Karius. Hanya satu tembakan yang dilepaskan Wayne Rooney dan kawan-kawan sepanjang paruh pertama. Sementara Liverpool yang tampil menyerang sejak awal pertandingan, mampu unggul lebih dulu pada menit 35 melalui eksekusi penalti James Milner.

Pada babak kedua, Everton tampil lebih agresif. Meski lebih banyak mengandalkan serangan melalui proses serangan balik cepat, di babak kedua The Toffees tampil lebih menggigit. Pada menit 67, petaka datang bagi lini pertahanan Liverpool setelah Gylfi Sigurdson mencetak gol penyama kedudukan. Proses gol tersebut terjadi melalui serangan balik cepat yang gagal diantisipasi barisan pertahanan Liverpool.

Ketika skor 1-1 mendekati pengujung laga, Van Dijk muncul sebagai pahlawan kemenangan Liverpool melalui sundulan kepala menyambut sepakan pojok yang dilepaskan Alex Oxlade-Chamberlain pada menit 85. Satu hal yang tak bisa dilewatkan dari proses gol tersebut adalah keunggulan duel udara Van Dijk.

Saat mencoba menyambut bola sepakan pojok Chamberlain, Van Dijk terlebih dahulu berduel dengan Phil Jagielka dan Jordan Pickford. Dilansir dari Whoscored, dalam derbi Merseyside itu Van Dijk tercatat sebagai pemain Liverpool dengan jumlah kemenangan duel udara terbanyak, lima kemenangan duel udara.

"Malam yang luar biasa. Ini adalah kemenangan yang pantas bagi kami. Rasanya menakjubkan bisa tampil dalam pertandingan ini. Gol itu terasa begitu istimewa bagi saya dan keluarga. Bermain di Anfield untuk Liverpool adalah sebuah impian. Bisa mencetak sebuah gol membuatnya makin spesial,” terang van Dijk dilansir dari BBC.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, terkesan dengan debut Van Dijk. Pelatih asal Jerman itu mengatakan bahwa Van Dijk merupakan pemain yang sangat tenang dalam menghadapi tekanan lawan. Selain itu, mantan pemain Celtic FC itu juga bisa diandalkan sebagai target saat Liverpool mendapat peluang melalui bola mati.

"Dia jauh lebih baik dari yang saya duga malam ini, jujur saja. Dia memulai permainan dengan cukup baik dan itu sangat membantu. Kami mempertahankan banyak situasi dengan baik, dan situasi yang mudah ditangani karena dia benar-benar hebat di udara,” terang Klopp, dilansir dari Liverpool Echo.

“Dia memiliki sentuhan pertama yang brilian. Dia bermain jauh lebih baik dari perkiraan saya malam ini. Kami membayar uang yang besar untuknya, tapi tentu saja masih ada beberapa perbaikan. Perbaikan pertama adalah menyesuaikan diri dengan tim, bagaimana kita melakukannya dalam situasi yang berbeda,” sambungnya.

Lebih lanjut Klopp mengungkapkan bahwa awalnya Van Dijk tidak masuk dalam rencana di pertandingan melawan Everton. Dalam masa persiapan menghadapi laga tersebut, duet Ragnar Klavan dan Dejan Lovren yang ia persiapkan untuk mengawal lini pertahanan timnya. Namun setelah melalui berbagai pertimbangan, ia mengubah keputusan dengan memainkan Van Dijk berduet bersama Matip sebagai starter.

"Itu adalah keputusan yang sulit untuk langsung memainkan Van Dijk. Jujur dia tidak saya rencanakan bermain pada malam ini. Tapi Dejan dan Ragnar telah memainkan banyak permainan dalam beberapa minggu terakhir, jadi saya berubah pikiran pagi ini, dan itu membantu,” tukasnya.

Foto: Twitter Liverpool FC

Komentar