Sempat Bermasalah, Transfer Van Dijk ke Liverpool Rampung

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Penanggung jawab rubrik PanditSharing dan Backpass. Penyunting naskah Cerita.

Sempat Bermasalah, Transfer Van Dijk ke Liverpool Rampung

Kesepakatan menyangkut transfer Virgil van Dijk ke Liverpool FC, dari Southampton FC, telah tercapai. Van Dijk akan bergabung dengan klub barunya ketika bursa transfer musim dingin dibuka pada 1 Januari 2018. Di Liverpool, Van Dijk akan mengenakan nomor punggung 4.

Dalam pernyataan yang dimuat di situs resmi klub, pihak Southampton menyebutkan bahwa “Southampton telah menyetujui biaya [transfer] yang akan menjadi rekor dunia untuk pemain bertahan.” Southampton, walau demikian, tidak menyebutkan jumlahnya. Menurut BBC, biaya transfer Van Dijk mencapai 75 juta pound sterling.

Van Dijk sendiri ikut mengumumkan kepindahannya lewat akun Instagramnya. Dalam caption yang menyertai unggahannya, Van Dijk mengucap syukur atas kepindahannya ke Liverpool serta berterima kasih dan mengucap selamat tinggal kepada Southampton.

Bulan Juni lalu, Southampton menyatakan mereka akan melaporkan Liverpool ke Premier League mengenai pendekatan ilegal terhadap Van Dijk. Liverpool merespons hal tersebut dengan mengeluarkan pernyataan resmi lewat situs klub.

“Liverpool Football Club menyatakan penyesalan kami menyangkut spekulasi media baru-baru ini mengenai Southampton Football Club dan transfer pemain antara kedua klub.

“Kami meminta maaf kepada pemilik, dewan direksi, dan pendukung Southampton untuk segala kesalahpahaman menyangkut Virgil van Dijk.

“Kami menghormati sikap Southampton dan menyatakan kami telah mengakhiri ketertarikan terhadap sang pemain.”

Van Dijk mengajukan permohonan transfer pada awal Agustus.

“Saya harap Southampton mempertimbangkan ketertarikan terhadap saya dari klub-klub besar kalau memang ada,” ujar Van Dijk, Agustus lalu, sebagaimana dikutip dari BBC. “Saya kecewa dengan sikap klub yang menolak menjual saya dan saya kecewa permintaan keterangan dari beberapa klub besar selalu ditolak.”

“Saya sangat ambisius dan ingin mencapai sebanyak mungkin prestasi untuk memenuhi potensi saya dalam karier sebagai pemain sepakbola profesional yang pendek,” lanjut Van Dijk, yang mengajukan permohonan transfer setelah pihak klub mengklaim ia menolak berlatih dan mengancam dengan hukuman potongan gaji dua pekan.

“Dapat saya pastikan bahwa saya diminta mengutarakan pikiran saya dan untuk semua alasan yang disebutkan di atas, saya terbuka dan jujur mengatakan bahwa saya pikiran saya tidak tenang, mengingat apa yang terjadi. Sebagai profesional saya merasa terhina oleh pernyataan bahwa sayalah yang menolak berlatih dan karenanya saya merasa perlu menyampaikan versi asli dari apa yang terjadi.”

Komentar