Angel Gomes Bersiap Menatap Karier Profesional Bersama Tim Senior Man United

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball | plus Supporter

Angel Gomes Bersiap Menatap Karier Profesional Bersama Tim Senior Man United

Mimpi Angel Gomes bermain bersama Manchester United di ajang profesional akhirnya terwujud. Pada Rabu (13/12), Gomes resmi menandatangani kontrak profesional pertamanya di "Setan Merah". Ia dianggap layak untuk naik kelas ke tim senior menyusul penampilan impresif bersama tim junior Man United.

Pada musim 2016/2017, bersama Man United U18, Gomes membukukan 20 penampilan di semua ajang, dengan torehan 12 gol dan 6 asis. Perkembangannya yang signifikan bersama tim pemuda Man United membuat Jose Mourinho memberikan kesempatan kepada pemain kelahiran London itu bergabung bersama tim senior pada akhir musim 2016/2017.

Gomes ditampilkan pada menit 88 untuk menggantikan Wayne Rooney, saat Man United membungkam Crystal Palace dua gol tanpa balas di Old Trafford pada 12 Mei 2017. Saat itu Gomes masuk ke lapangan pertandingan di usia 16 tahun, 8 bulan, 21 hari.

"Manchester United selalu menjadi bagian besar dalam hidup saya. Saya telah bersama klub sejak usia enam tahun dan merupakan saat yang membanggakan bagi saya saat membuat debut tim pertama saya,” terang Gomes seperti dilansir dari halaman resmi klub.

Melihat catatan umurnya saat memulai debut bersama tim senior United, Gomes mencatatkan rekor sebagai pemain kelahiran tahun 2000 pertama yang tampil di Liga Primer Inggris. Selain itu, ia juga disandingkan dengan legenda Man United di era 1950-an, Duncan Edwards sebagai pemain yang bisa melakoni pertandingan di ajang resmi bersama Man United di usia 16 tahun.

Edwards memainkan laga debutnya bersama Man United di laga Divisi Utama Sepakbola Inggris melawan Cardiff City pada 14 April 1953. Dalam pertandingan yang berkesudahan dengan skor 4-1 untuk kemenangan Cardiff itu, Edwards tampil saat usianya baru menginjak 16 tahun, 6 bulan, dan 3 hari.

"Saya senang Angel telah menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan klub ini. Saya memberinya debut tim pertamanya pada akhir musim lalu, yang membuatnya tidak hanya menjadi pemain termuda Manchester United yang bermain di era Premier League, tapi juga pemain termuda yang mewakili Manchester United sejak Duncan Edwards pada 1953," kata Jose Mourinho.

Setelah mendapatkan kontrak profesional pertamanya, Gomes dihadapkan pada tantangan yang jauh lebih sulit. Ia dituntut mampu mengembangkan bakatnya di tim senior United. Apalagi jika menginginkan penampilan yang kompetitif, ia harus bisa bersaing dengan pemain-pemain yang jauh lebih berpengalaman seperti Paul Pogba hingga Juan Mata.

"Klub ini terkenal karena memberi peluang kepada pemain binaan untuk maju ke tim utama dan itu adalah faktor utama yang membuat saya menandatangani kontrak profesional pertama saya di klub hebat ini. Saya masih muda tapi saya berharap dapat melanjutkan perkembangan saya dengan bantuan staf pelatih dan saya akan mengambil setiap kesempatan yang sesuai dengan keinginan saya," tegas Gomes.

Lahir dari keluarga pesepakbola

Mengenal sosok Gomes, dia merupakan produk dari sistem akademi Manchester United. Ia bergabung bersama akademi United sejak usia enam tahun. Ia dikenal sebagai pemain yang memiliki natural posisi sebagai gelandang.

Ryan Baldi dari Football Whispers mengungkapkan bahwa Gomes merupakan tipikal gelandang yang memiliki kemampuan dribel yang bagus. Gomes pun mampu menjaga penguasaan bola meski berada dalam tekanan lawan.

Selain itu Gomes juga bisa menjadi distributor bola yang baik karena sokongan akurasi umpan pendek dan panjangnya. Kelebihan lain yang dimilikinya adalah kemampuan dalam melepaskan tembakan jarak jauh.

"Melihat gaya penampilannya, Gomes adalah seorang pemain yang lincah, karena pergerakannya yang dinamis dan eksplosif. Kemampuan dribel yang baik yang disokong dengan kecepatan yang dimiliki membuatnya sangat berpotensi membuat pemain lawan kesulitan menghadang lajunya,” terang Baldi.

Secara keseluruhan, Gomes merupakan pesepakbola muda dengan potensi yang luar biasa. Bukti potensialnya Gomes bisa dilihat dari berbagai penghargaan yang pernah ia dapatkan, salah satunya gelar pemain di Piala Manchester United pada 2015 lalu.

Bakat olah bola yang dimiliki Gomes bisa dibilang mengalir karena faktor keturunan, karena lahir dari keluarga pesepakbola. Ia merupakan adik sepupu mantan penggawa Man United yang saat ini bermain bersama Lazio; Luis Nani. Selain itu Ayahnya, Angel Gil Gomes juga pernah bermain di beberapa kesebelasan seperti Braga hingga Salford City.

Lahir dari kedua orang tua berkebangsaan Portugal dan memiliki kakak sepupu yang bermain untuk timnas Portugal tak membuatnya tertarik bermain bersama Seleccao das Quinas. Gomes yang lahir dan dibesarkan di Inggris lebih memilih menjadi bagian The Three Lions. Saat ini, ia memang belum menjadi bagian dari timnas senior Inggris, namun sejak remaja ia telah menjadi bagian dari timnas Inggris U16, U17, dan U18.

Bersama timnas Inggris U17, Gomes berhasil merengkuh gelar juara di ajang Piala Dunia 2017 yang diselenggarakan dari Agustus hingga Oktober lalu, di India. Pada ajang tersebut, dirinya tampil dalam lima pertandingan dengan torehan dua gol. Selain itu, dalam dua pertandingan menghadapi Irak dan Jepang, ia dipercaya tampil sebagai kapten kesebelasan.

Foto: Manchester United Official

Komentar