Sevilla Diuntungkan, Spartak Bisa Tendang Liverpool ke Liga Europa

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball | plus Supporter

Sevilla Diuntungkan, Spartak Bisa Tendang Liverpool ke Liga Europa

Persaingan lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2017/2018 di Grup E memanas pada pekan terakhir. Tiga kesebelasan, yakni Liverpool FC, Sevilla FC, dan Spartak Moscow bakal saling sikut untuk memperebutkan dua tempat di fase gugur Liga Champions musim ini.

Liverpool dan Sevilla menjadi dua kesebelasan yang memiliki kans lebih besar lolos ke 16 besar mewakili Grup E. Di tabel klasemen, Liverpool memimpin dengan 9 poin, Sevilla menguntit di posisi dua dengan 8 poin. Spartak berada di posisi tiga dengan 6 poin. Jika hanya ingin sekadar lolos, Liverpool hanya cukup bermain imbang melawan Spartak di laga terakhir.

Posisi Liverpool di puncak klasemen Grup E hanya bisa digeser Sevilla, itu pun dengan catatan Sevilla mampu mengalahkan Maribor di pertandingan terakhirnya. Namun bila Sevilla bermain imbang atau bahkan kalah, maka Liverpool tetap lolos ke 16 besar sebagai juara Grup E meski pada pertandingan terakhirnya meraih hasil imbang dari Spartak.

Di atas kertas, Liverpool dijagokan bisa meraih kemenangan atas Spartak di Anfield. Salah satu faktor yang membuat Liverpool diprediksi mampu mengalahkan Spartak karena laga akan berlangsung di Anfield yang merupakan markas Liverpool. Musim ini The Reds belum terkalahkan saat tampil di hadapan pendukungnya sendiri.

Selain itu, lini pertahanan Liverpool yang kerap mendapat kritikan pada awal musim ini juga sebenarnya cukup tangguh bila bermain di Anfield. Dari lima pertandingan terakhir yang dilakoni The Reds pada partai kandang, hanya satu gol yang bersarang di gawang Simon Mignolet (biasa tampil di Liga Primer) atau Loris Karius (biasa tampil di Liga Champions).

Meski begitu, Liverpool jangan terlalu percaya diri, karena Spartak bisa saja mengejutkan. Pada pertemuan pertama keduanya di Otkrytiye Arena, Spartak mampu menahan imbang Liverpool 1-1, bahkan mereka mampu unggul lebih dulu melalui gol Fernando pada menit 23, sebelum akhirnya disamakan Philippe Coutinho pada menit 31. Selain itu, Spartak malah bisa mengandaskan Sevilla 5-1.

Dari hasil tersebut bisa disimpulkan bahwa Spartak sebenarnya lawan yang berpotensi menyulitkan Liverpool. Bukan tidak mungkin dalam bentrokan keduanya di Anfield, Spartak bisa mengalahkan The Reds. Biar bagaimanapun, klub yang memiliki julukan Myaso itu wajib meraih tiga poin untuk lolos ke 16 besar.

Andai mampu mengalahkan Liverpool dalam pertandingan nanti, perolehan poin Spartak bertambah menjadi sembilan, sama dengan Liverpool. Hasil tersebut tentu sangat menguntungkan bagi wakil Rusia itu, karena meski pada pertandingan lainnya Sevilla meraih kemenangan atas Maribor, Spartak tetap lolos dengan predikat runner-up Grup E, karena unggul head-to-head atas Liverpool yang kemudian terempas ke 32 besar Liga Europa.

Sevilla harus berhati-hati

Sama halnya dengan Liverpool, Sevilla juga memiliki kans besar lolos ke 16 besar. Namun dibandingkan The Reds, Sevilla sebenarnya berada dalam posisi yang jauh lebih menguntungkan. Sevillistas akan bertemu Maribor dalam pertandingan terakhirnya di fase grup. Di atas kertas, tim asuhan Eduardo Berrizo itu sangat diunggulkan meraih kemenangan dalam laga tersebut, mengingat status Maribor sebagai penghuni posisi juru kunci.

Menang atas Maribor akan membuat Sevilla meraih total poin 11 di klasemen akhir fase grup Liga Champions. Meski sulit untuk lolos ke 16 besar sebagai juara Grup E, namun peluang tersebut tetap terbuka dengan catatan Liverpool bermain imbang (poin akhir Liverpool menjadi 10) atau kalah dari Spartak (poin akhir Liverpool tertahan di angka 9) di pertandingan lainnya.

Tapi Sevilla juga tidak bolah terlalu menganggap remeh Maribor. Maribor pernah dua kali menahan Spartak yang notabene juga pernah mengalahkan Sevilla 5-1. Kesulitan Spartak meraih kemenangan atas Maribor bisa saja dialami Sevilla dalam pertandingan nanti. Apalagi laga tersebut akan berlangsung di Ljudski vrt Stadium yang merupakan markas Maribor.

Bila Sevilla bermain imbang melawan Maribor, maka mereka harus berharap Liverpool juga bermain imbang saat jumpa Spartak di Anfield. Kalau skema tersebut berjalan maka Sevilla akan mengumpulkan total poin 9, Liverpool mendapat 10 poin, dan Spartak meraih 7 poin. Dipastikan Sevilla lolos sebagai runner-up Grup E, mendampingi Liverpool.

Tapi kalau Liverpool kalah, maka posisi Sevilla berada di ujung tanduk. Sebab ketiga kesebelasan akan sama-sama mengumpulkan total poin 9. Bila skema tersebut terjadi, maka Spartak Moskow dipastikan lolos ke 16 besar dengan status juara Grup E karena unggul head-to-head dan selisih gol dari Sevilla serta Liverpool. Sementara Sevilla akan terlempar ke babak 32 besar Liga Europa, karena mereka juga kalah head-to-head dan selisih gol dari Liverpool.

Foto: Twitter Liverpool

Komentar