Situasi yang Bisa Membuat Man United Terlempar ke Liga Europa

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball | plus Supporter

Situasi yang Bisa Membuat Man United Terlempar ke Liga Europa

Tergabung di Grup A Liga Champions 2017/208 bersama SL Benfica, FC Basel, dan CSKA Moscow, Manchester United awalnya tak menemui kesulitan berarti untuk meraih kemenangan. Tiga pertandingan yang dilakoni pada putaran pertama berhasil dilalui dengan sapu bersih kemenangan. Tapi menjelang pertandingan terakhir fase grup, posisi United menjadi tidak sepenuhnya aman.

FC Basel menjadi korban pertama keganasan Man United. Dalam pertandingan yang berlangsung Old Trafford, Setan Merah tanpa ampun menghajar wakil Swiss itu tiga gol tanpa balas. Superioritas Man United berlanjut saat bentrok CSKA di laga keduanya. Man United berhasil menumbangkan tim asal Rusia itu dengan skor telak 4-1. Performa positif Man United di putaran pertama fase grup berlanjut setelah mengalahkan Benfica dengan skor 1-0.

Man United lantas berhasil menumbangkan Benfica (2-0) di pertandingan keempatnya. Hasil tiga poin yang diraih atas Benfica membuat "Setan Merah" semakin nyaman duduk di puncak klasemen Grup A dengan poin 12. Tim asuhan Jose Mourinho itu hanya butuh hasil imbang di pertandingan kelimanya menghadapi FC Basel untuk memastikan lolos.

Namun dalam pertandingan yang berlangsung St. Jakob-Park, Basel ternyata mampu menaklukkan United dengan skor 1-0. Di pertandingan lainnya, CSKA berhasil meraih kemenangan atas Benfica dua gol tanpa balas. Situasi ini membuat Basel dan CSKA punya poin sembilan, selisih tiga poin dari United.

Kekalahan yang dialami Man United dari Basel, dan kemenangan yang didapatkan CSKA pada pekan kelima atas Benfica, membuat persaingan di Grup A untuk memperebutkan dua tiket ke babak 16 besar harus ditentukan hingga pekan keenam. Meski unggul tiga poin, United masih belum aman karena mereka bisa saja turun ke peringkat ketiga.

Hal itu bisa terjadi jika mereka kalah dari CSKA dengan skor 6-0 atau lebih dan di pertandingan lainnya Basel meraih kemenangan atas Benfica pada laga terakhir grup A. Sebab bila Man United sampai kalah dengan selisih lebih dari enam gol dan Basel menang atas Benfica, maka Man United, Basel, dan CSKA akan sama-sama memiliki 12 poin.

Untuk menentukan posisi jika terdapat kesebelasan yang punya poin sama, aturan Liga Champions memberlakukan keunggulan head-to-head terlebih dulu. Begitu juga dengan tiga kesebelasan yang punya poin sama. Hanya saja, United, Basel dan CSKA saling mengalahkan, sehingga selisih gol di antara ketiga kesebelasan itulah yang akan menentukan.

Jika CSKA mengalahkan United dengan skor 6-0, maka dalam head-to-head ketiga kesebelasan (klasemen di antara United, CSKA dan Basel), CSKA bisa mengoleksi surplus empat gol, dan selisih gol United menjadi -1. Basel, sementara itu, memasukkan lima gol dan kemasukan lima gol. Situasi itulah yang membuat United bisa turun ke peringkat tiga dan terlempar ke Liga Europa. Tapi jika United kalah 5-0, maka United tetap lolos ke babak berikutnya karena mereka unggul produktivitas gol dari Basel.


Klasemen head-to-head United, CSKA, dan Basel jika di akhir grup ketiganya sama-sama mengoleksi 12 poin

***

Man United, Basel, dan CSKA masih sama-sama berpeluang lolos ke 16 besar. United memang memiliki peluang yang lebih besar, karena dengan hasil imbang atau kalah dengan skor tipis tetap akan meloloskan mereka. Sementara Basel, mereka bisa lolos ke 16 besar dengan catatan wajib menang atas Benfica dengan skor berapapun. Untuk CSKA, mereka bisa lolos ke 16 besar asal mampu mengalahkan Man United dengan skor lebih dari lima gol atas United.

Komentar