Target Stones dan Nasib Mangala

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Tidak bisa berbahasa Finlandia.

Target Stones dan Nasib Mangala

“Sudah lama sejak terakhir kali aku cedera -- proses penyembuhan berjalan baik dan mudah-mudahan aku bisa kembali dalam waktu dekat,” ujar John Stones kepada Super Sunday. “Aku ingin kembali untuk [pertandingan sekitar] Natal namun kita lihat saja. Mungkin malah setelahnya.”

Stones mendapat cedera hamstring pada pertandingan melawan Leicester City, 18 November lalu. Dalam pertandingan yang digelar di King Power Stadium tersebut, Stones hanya bermain dalam 31 menit pertama. City sendiri menang dua gol tanpa balas.

“Sangat disayangkan untuk kami dan John dan saya rasa ia akan menepi hingga enam pekan dengan cedera seperti itu,” ujar Pep Guardiola dalam jumpa pers pasca pertandingan melawan Leicester. “Kami kehilangan karena ia bermain selama 90 menit, dan 90 menit, dan 90 menit (bersama tim nasional Inggris selama jeda internasional). Kami tidak punya banyak bek tengah. Namun dengan semangat tim dan semua pemain kami akan menemukan solusi.”

Dalam pertandingan melawan Leicester, Stones berdampingan dengan Vincent Kompany di jantung pertahanan City. Pertandingan melawan Leicester adalah pertandingan pertama Kompany setelah nyaris tiga bulan menepi karena cedera.

“Saya sangat terkesan dengan Vincent,” ujar Guardiola dalam kesempatan yang sama. “Setelah lebih dari dua bulan dan hanya satu pertandingan dengan tim nasional, kembali bermain itu rumit. Namun kami tahu kompetitor seperti apa dirinya dan sekuat apa ia sebagai pemain bertahan, baik dengan atau tanpa bola.”

Guardiola menutup pernyataannya mengenai Kompany dengan harapan sang pemain bisa terus bugar untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya.

Bek tengah utama City musim ini sebenarnya adalah Stones dan Nicolas Otamendi. Namun Otamendi tidak disertakan dalam tim melawan Leicester sehingga ketika Stones cedera, penggantinya adalah Eliaquim Mangala.

Setelah Leicester, lawan City adalah Feyenoord Rotterdam di Liga Champions UEFA. Dalam jumpa pers pra pertandingan, Pep masih mengeluhkan cedera Stones.

“Skuat kami tidak besar,” ujarnya. “Sangat disayangkan kami kehilangan satu bulan setengah Vincent Kompany dan sekarang John Stones. Untuk memenangi gelar kami membutuhkan skuat lengkap, terutama pemain penting seperti John dan Vinny.”

“Di sisi lain kami memiliki peluang,” lanjut Pep. “Kami harus memainkan 12 pertandingan dalam jangka waktu yang pendek dengan hanya tiga bek tengah. Salah satunya adalah risiko, karena Vincent baru kembali bermain. Tidak mudah tapi saya ingin tahu bagaimana kami bereaksi. Selalu, sebagai juara, kita harus bisa menangani masalah besar, masalah sulit.”

Mangala menghabiskan musim lalu sebagai pemain pinjaman di Valencia. Pertandingan melawan Leicester adalah pertandingan keduanya di Premier League musim ini. Di pertandingan berikutnya, melawan Feyenoord, Mangala bermain penuh bersama Otamendi.

“Sayangnya John sedang cedera,” ujar Mangala, yang menghadiri jumpa pers pra pertandingan melawan Feyenoord. “Kami punya lima pemain belakang dan kadang beginilah situasinya. Kita harus siap menyambut peluang ketika peluang datang.”

“Kami membutuhkan sebelas pemain -- ini bukan tentangku saja,” lanjut Mangala. “Banyak pertandingan yang harus dijalani. Aku sangat realistis. Aku akan bekerja dan membantu rekan-rekanku. Ketika ditempatkan dalam skuat, ya harus membantu. Kami ingin membantu City memenangi gelar dan piala. City membayarku sangat mahal. Aku di sini untuk melaksanakan tugasku dan siap untuk pertandingan. Beginilah sepakbola. Apa yang terjadi sebelumnya akan terjadi lagi nanti.”

Mangala kembali bermain di pertandingan berikutnya, melawan Huddersfield. Namun sebagai pemain pengganti di menit ke-89. Terlepas dari peluang bermain yang ternyata tidak menjadi lebih besar, Mangala tetap positif. Begitu positif hingga Pep memujinya.

“Saya sangat terkesan kepada sikapnya dalam latihan,” ujar Pep mengenai Mangala dalam jumpa pers pra pertandingan melawan Southampton, lawan City setelah Huddersfield. “Ia tidak bermain reguler hingga sekarang namun ia selalu menerimanya dan selalu membantu kami. Untuk manajer, untuk klub dan untuk suasana skuat, itu penting. Ia memiliki kualitas spesifik dan dalam liga ini, hal itu sangat penting dan kami akan menggunakan jasanya ketika kami merasa kami membutuhkannya.”

`Ketika kami merasa kami membutuhkannya` ternyata berarti duduk di bangku cadangan sepanjang pertandingan melawan Southampton. Namun di pertandingan berikutnya Mangala kembali bermain penuh, saat City menjamu West Ham United.

Komentar