Final Ulangan MLS Cup

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Penanggung jawab rubrik PanditSharing dan Backpass. Penyunting naskah Cerita.

Final Ulangan MLS Cup

Final MLS Cup 2017 kembali mempertemukan finalis-finalis tahun 2016. Kepastian tersebut didapat setelah Seattle Sounders lolos ke final dengan kemenangan meyakinkan atas Houston Dynamo, Jumat (1/12) pagi WIB. Kemarin, Toronto FC lolos ke final berkat kemenangan atas Columbus Crew.

Pertandingan final akan digelar di BMO Field, Toronto, Ontario, pada 10 Desember 2017 dini hari WIB. Toronto berhak menjadi tuan rumah karena memiliki jumlah poin regular season terbanyak di antara para peserta Conference Championship.

Satu musim MLS terdiri dari regular season yang mempertemukan masing-masing sebelas klub di Eastern Conference dan Western Conference dengan sistem liga. Enam klub teratas di akhir musim reguler lolos ke Conference Championship, yang dijalankan dengan sistem gugur (dan seperti musim reguler, terbagi ke dalam Eastern dan Western Conference).

Dua klub teratas masing-masing Conference lolos otomatis ke semifinal Conference Championship; empat klub lain bertanding di “perempat final” untuk lolos ke semifinal. Pemenang pertandingan semifinal kemudian lolos ke final Conference Championship. Pemenang final inilah yang kemudian akan bertanding di final MLS Cup.

Juara bertahan lolos meyakinkan

Seattle Sounders menang telak pada pertandingan leg kedua final Western Conference Championship 2017 melawan Houston Dynamo. Dalam pertandingan yang digelar di CenturyLink Field (Seattle, Washington) pada Jumat (1/12) pagi WIB tersebut, Seattle menang tiga gol tanpa balas.

Ketiga gol Seattle dicetak oleh Victor Rodriguez pada menit ke-22 (asis Will Bruin), Clint Dempsey pada menit ke-57 (asis Joevin Jones), dan Will Bruin sendiri pada menit ke-73 (asis Harry Shipp).

Kemenangan tersebut melengkapi hasil leg pertama yang digelar di BBVA Compass Stadium (Houston, Texas), Rabu (22/11) pagi WIB. Pertandingan di kandang Houston berakhir dengan kedudukan 2-0 untuk kemenangan Seattle.

Dengan agregat 5-0, Seattle kembali lolos ke final MLS Cup. Musim lalu Seattle meraih gelar MLS Cup pertamanya setelah mengalahkan Toronto FC.

“Ini peluang yang sangat besar,” ujar penjaga gawang Seattle, Stefan Frei, sebagaimana dikutip dari Reuters. “Kami akan mengerahkan kemampuan terbaik kami untuk mengambil keuntungan.”

Seattle lolos ke semifinal Western Conference Championship sebagai runner-up Western Conference, di belakang juara liga Porland Timbers walau memiliki jumlah poin yang sama. Seattle mengalahkan Vancouver Whitecaps dengan agregat 2-0 untuk lolos ke final Western Conference Championship.

Aksi heroik Altidore

Kamis (30/11) pagi WIB Toronto FC memastikan diri menjadi pemenang Eastern Conference Championship. Toronto mengalahkan Columbus Crew 1-0 di BMO Field (Toronto, Ontario).

Pencetak gol tunggal yang membawa Toronto kembali lolos ke final MLS Cup adalah Jozy Altidore. Sang penentu kemenangan bermain sembari menahan rasa sakit.

Pada menit ke-49, Harrison Afful jatuh menimpa pergelangan kaki Altidore. Altidore mendapat perawatan lalu kembali bermain hanya untuk kemudian kembali meninggalkan lapangan untuk mendapat perawatan dan kembali bermain. Pada menit ke-60, Altidore mencetak gol kemenangan setelah mendapat umpan terobosan Victor Vazquez. Delapan menit berselang, Altidore ditarik keluar.

“Aku tahu aku tidak akan bisa memaafkan diriku jika aku meninggalkan lapangan tanpa memberi manfaat,” ujar Altidore sebagaimana dikutip dari Reuters. “Aku langsung tahu aku tidak akan bisa melanjutkan pertandingan tapi aku coba beri sepuluh menit lagi untuk melihat apa yang bisa kulakukan dan untungnya aku mendapat cukup peluang dan kami mendapat gol.”

Vazquez, pencetak asis untuk gol Altidore, gagal memanfaatkan peluang emas di menit ke-26. Josh Williams melanggar Drew Moor sehingga Toronto mendapat penalti. Vazquez yang maju sebagai eksekutor. Sepakannya ditepis Zack Steffen, penjaga gawang Columbus.

Menang lewat gol tunggal di leg kedua berarti Toronto lolos dengan kurang meyakinkan. Walau demikian, mereka berhasil memaksimalkan dua leg pertandingan final Eastern Conference Championship.

Pertandingan leg pertama yang digelar di Mapfre Stadium (Columbus, Ohio) pada Rabu (22/11) pagi berakhir imbang tanpa gol. Toronto tidak mencetak gol tandang, namun tidak kebobolan.

Nirbobol kembali menjadi penentu keberhasilan Toronto di pertandingan leg kedua. Toronto berada dalam posisi riskan, karena jika pertandingan berakhir imbang dengan gol, maka Columbus yang akan lolos berkat gol tandang.

Musim lalu Toronto kalah di final dari Seattle Sounders lewat adu penalti (4-5). Pertandingan waktu normal dan babak tambahan berakhir dengan kedudukan imbang tanpa gol.

Musim ini Toronto lolos ke semifinal Eastern Conference Championship sebagai juara Eastern Conference regular season. Toronto mengalahkan New York Red Bulls di semifinal, dengan agregat 2-2.

Komentar