United Kehilangan Peluang Emas

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Tidak bisa berbahasa Finlandia.

United Kehilangan Peluang Emas

Manchester United bisa memastikan diri lolos ke 16 besar sebagai juara Grup A jika dari pertandingan dini hari tadi mereka mendapat tambahan setidaknya satu poin saja. Nyatanya, United pulang tanpa angka.

United kalah 0-1 dari FC Basel. Gol tunggal pertandingan dicetak oleh Michael Lang hanya satu menit sebelum waktu normal selesai.

“Saya tidak bisa mengeluh atau menyalahkan pemain,” ujar Jose Mourinho, manajer United, dalam jumpa pers pasca pertandingan. “Saya rasa kami memainkan pertandingan seperti ini sepuluh kali dan dalam sembilan di antaranya kami menang mudah, namun satu lainnya terjadi kali ini. Saya pernah kalah di sini [Champions League] juga di menit akhir, kami [Chelsea] hanya memiliki satu tembakan tepat sasaran dan bermain sangat buruk, namun hari ini tidak begitu. Saya rasa kami sangat, sangat bagus di babak pertama.”

“Kami bertanding melawan tim yang bermain dengan tiga pemain belakang, kami bermain dengan tiga penyerang, dan [strateginya] berhasil di babak pertama,” ujar Mourinho dalam kesempatan yang sama. “Kami tidak mencetak gol di babak kedua, kami tahu satu poin saja cukup. Pada akhirnya, kami kalah dan sulit bagi saya merasa kesal kepada para pemain.”

Gol tunggal Lang, selain menjaga peluang lolos Basel tetap terjaga, juga membuat hitung-hitungan Grup A menjadi rumit. Bukan tidak mungkin, setelah enam matchday, ada tiga tim yang mengantungi 12 poin.

United masih memuncaki klasemen sementara dengan 12 poin. Basel dan CSKA Moskva, masing-masing di peringkat kedua dan ketiga, sama-sama memiliki 9 poin. Lawan United berikutnya adalah CSKA, di Old Trafford. Basel bertandang ke Benfica, yang sudah pasti tidak lolos.

Peluang United, walau demikian, lebih baik dari Basel dan CSKA. United hanya membutuhkan satu poin untuk lolos.

Jika United kalah dari CSKA dan Basel tidak menang, United dan CSKA yang lolos ke 16 besar. Siapa yang akan menjadi pemuncak klasemen akan ditentukan oleh head-to-head antara keduanya. Sementara ini, United unggul atas CSKA berkat kemenangan 4-1 di Rusia, pada matchday dua.

Namun jika CSKA menang dan Basel juga menang, maka dua peringkat teratas akan ditentukan oleh head-to-head antara ketiga tim. Per saat ini, United menang head-to-head atas Basel (selisih gol, karena keduanya saling mengalahkan). Basel sendiri menang head-to-head atas CSKA (juga karena selisih gol). Untuk menang head-to-head atas United, CSKA harus menang dengan selisih empat gol di matchday enam.

Komentar