Peluang Atletico, Walau Sangat Tipis, Masih Ada

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Tidak bisa berbahasa Finlandia.

Peluang Atletico, Walau Sangat Tipis, Masih Ada

Peluang Atletico Madrid untuk lolos ke fase gugur tetap terjaga berkat dua pemain pengganti: Angel Correa yang masuk menggantikan Augustuo Fernandez di menit ke-58, dan Kevin Gameiro menjadi pengganti Yannick Carrasco di menit ke-67.

Dua menit berselang dari pergantian Gameiro, Atletico mencetak gol pertama. Umpan Correa ? yang di laga ini memainkan pertandingan ke-100 bersama Atletico ? disambut dengan tendangan akrobatik oleh Antoine Griezmann.

“Aku senang mencapai pertandingan ke-100 bersama Atletico dan aku harap aku bermain lebih banyak,” ujar Correa selepas pertandingan. “Aku juga senang karena kami menang.”

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Griezmann berujar: “Aku senang bisa mencetak gol. Aku juga bahagia untuk rekan-rekan satu timku, begitulah aku membantu mereka.”

Tak hanya mencetak gol, Griezmann juga mencetak satu asis, untuk gol Gameiro, di menit ke-85. Gol tersebut memastikan kemenangan Atletico.

“Ini hari penting bagi tim dan klub,” ujar Gameiro sebagaimana dikutip dari situs resmi Atletico. “Jika kita bekerja keras, gol-gol akan datang. Kami memiliki kelompok yang baik dan bersama-sama kami akan memenangi banyak pertandingan.”

Kemenangan atas Roma penting bukan hanya karena tambahan tiga poin berarti menjaga peluang, melainkan juga karena berkat kemenangan ini, Atletico unggul head-to-head dari Roma. Pada pertandingan pertama, kedua tim berbagi angka dalam pertandingan yang berakhir 0-0.

“Pertandingan tidak berbeda dengan saat di Roma,” ujar Diego Simeone, pelatih kepala Atletico. “Namun kali ini kami berhasil memanfaatkan peluang-peluang kami.”

Atletico hanya meraih tiga poin dari empat pertandingan pertama Grup C. Enam poin dari dua pertandingan terakhir adalah harga yang tidak bisa ditawar untuk lolos dari fase grup. Separuh target telah dicapai. Pertandingan terakhir Atletico adalah melawan Chelsea, yang sudah lolos, di London.

Walau demikian, kemenangan atas Chelsea tak akan serta merta membawa Atletico ke 16 besar. Jika Roma menang kandang atas Qarabag, maka Atletico hanya akan menduduki peringkat ketiga.

Tidak demikian jika Roma kalah atau bermain imbang. Jika Roma berbagi angka dengan Qarabag dan Atletico menang, maka Roma akan ditransfer ke Europa League karena kalah head-to-head. Tapi, bagi Roma, imbang pun tak apa selama Atletico juga imbang (apalagi kalah). Kalah pun tak masalah, asal Atletico kalah.

Roma harus menang untuk lolos; Atletico harus menang, dan masih belum tentu lolos.

Komentar