Peru Lengkapi Peserta Piala Dunia 2018

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball | plus Supporter

Peru Lengkapi Peserta Piala Dunia 2018

Kesebelasan Nasional Peru dipastikan lolos ke Piala Dunia 2018 dengan keunggulan agregat 2-0. Keunggulan tersebut diraih setelah Peru mengalahkan Selandia Baru dua gol tanpa balas dalam pertandingan leg kedua play-off antarbenua yang berlangsung di Estadio Nacional de Lima, Peru, Kamis (16/11) Pagi WIB. Pada pertemuan pertama yang berlangsung di Westpac Stadium, Selandia Baru, 11 November lalu, laga berakhir dengan skor imbang 0-0.

Bagi Peru, Piala Dunia 2018 akan menjadi Piala Dunia keempat mereka. Sebelumnya Peru pernah tampil di Piala Dunia 1970, 1978, dan 1982. Pada Piala Dunia 2018 ini, Peru dipastikan menjadi kesebelasan terakhir yang melenggang ke Rusia untuk menggenapi total 32 kontestan Piala Dunia 2018 yang lolos baik dari jalur kualifikasi maupun babak play-off.

Selain itu Peru juga menjadi tim kelima asal Konfederasi Conmebol yang memastikan tampil di even empat tahunan tersebut. Empat kesebelasan dari zona Amerika Selatan yang sebelumnya sudah memastikan lolos melalui babak kualifikasi adalah Brasil, Uruguay, Argentina, dan Kolombia.

Lima wakil yang dimiliki Konfederasi Conmebol menyamai jumlah peserta dari zona Asia yang diwakili Iran, Arab Saudi, Jepang, Korea Selatan, dan Australia yang menyusul melalui babak play-off. Kemudian zona Afrika yang mengirimkan Senegal, Maroko, Tunisia, Mesir, dan Nigeria sebagai wakilnya di Piala Dunia 2018.

Konfederasi Concacaf tercatat sebagai konfederasi dengan wakil paling sedikit di Piala Dunia 2018. Hanya tiga kesebelasan yang dikirim zona Amerika Utara yaitu Meksiko, Kosta Rika, dan Panama. Sementara konfederasi penyumbang kontestan terbanyak adalah Konfederasi UEFA dengan 14 tim, zona Eropa mengirim Rusia (tuan rumah), Belgia, Jerman, Inggris, Spanyol, Polandia, Serbia, Islandia, Perancis, dan Portugal (lolos lewat kualifikasi), serta Swiss, Kroasia, Swedia, dan Denmark (play-off).

Setelah dipastikan lolos ke Piala Dunia 2018, ke-32 kontestan tersebut nantinya akan dibagi menjadi delapan grup. Penentuan pembagian grup di Piala Dunia tahun depan akan berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, karena peringkat FIFA akan menjadi patokan utama dalam pot undian penentuan grup di Piala Dunia 2018.

Pada penyelenggaraan sebelumnya, hanya pot pertama saja yang ditentukan oleh peringkat FIFA sementara pot kedua hingga keempat digolongkan sesuai pembagian konfederasi. Namun pada Piala Dunia 2018, empat pot undian grup tersebut akan dibagi menjadi empat pot dengan masing-masing pot diisi delapan negara. Rusia sebagai tuan rumah akan mengisi pot pertama, bersama tujuh negara dengan peringkat teratas di ranking FIFA pada bulan Oktober 2017. Sisanya, secara berurutan ditentukan dari peringkat FIFA.

Selain itu, FIFA juga memastikan bahwa ada setiap grup di Piala Dunia 2018 tidak akan dihuni oleh dua kesebelasan asal konfederasi yang sama. Pengecualian hanya bagi Konfederasi UEFA, yang memungkinkan pada setiap grup akan diisi maksimal dua kesebelasan asal zona Eropa. Undian Piala Dunia akan dilangsungkan pada Jumat (1/12) di Istana Kremlin, Moskwa.

***

Piala Dunia 2018 akan diselenggarakan di 12 Stadion yang terletak di 11 kota. Ke-12 Stadion tersebut adalah Luzhniki Stadium, Spartak Stadium (Moskwa), Saint Petersburg Stadium (Saint Petersburg), Kaliningrad Stadium (Kalingrad), Kazan Arena (Kazan), Saara Arena (Samara), Nizhny Novgorod Stadium (Nizhny Novgorod), Volgograd Arena (volgograd), Mordovia Arena (Saransk), Rostov Arena (Rostov-on-Don), Fisht Stadium (Sochi), dan Yakaterinburg Stadium (Yakaterinburg).

Piala Dunia 2018 akan diselenggarakan dari tanggal 14 Juni hingga 15 Juli 2018 mendatang. Pertandingan pembuka dan penutupan akan diselenggarakan di Luzhniki Stadium.

Foto: Twitter FPF

Komentar