Hasil Undian UEFA Nations League, Belanda dan Islandia Berada di Liga A

Berita

by redaksi

Hasil Undian UEFA Nations League, Belanda dan Islandia Berada di Liga A

Hasil pembagian dari UEFA Nations League sudah rampung. Sebanyak 55 tim yang bernaung di bawah konfederasi UEFA sudah terbagi dalam empat liga, yaitu Liga A, B, C, dan D. Untuk 2018 dan 2019 mendatang, tampaknya tim di UEFA akan lebih sibuk lagi.

Dengan sebuah semangat baru, serta dengan tujuan agar tim-tim level bawah Eropa bisa meningkatkan level permainan mereka, UEFA mengusung sebuah format kompetisi baru bernama UEFA Nations League ini. Setiap sangara (kesebelasan negara) di Eropa dikelompokkan berdasarkan peringkat mereka di FIFA, dan masing-masing bisa naik dan turun level liga sesuai dengan penampilan yang mereka tampilkan dalam UEFA Nations League.

Setelah menantikan babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona UEFA berakhir (sebenarnya masih menyisakan partai play-off pada November 2017 nanti), sebanyak 55 tim yang bernaung di konfederasi di UEFA sudah dibagi ke dalam empat liga berdasarkan dari UEFA Team Coefficient Rankings (ranking koefisien timnas di konfederasi UEFA). Koefisien ini pun sudah ditentukan seiring dengan berakhirnya babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona UEFA.

Berikut adalah hasil pembagian tim-tim di UEFA Nations League yang sudah dilakukan oleh UEFA.

Liga A (Jerman, Portugal, Belgia, Spanyol, Prancis, Inggris, Swiss, Italia, Polandia, Islandia, Kroasia, Belanda)

Sebanyak 12 tim sudah dipastikan akan berada di Liga A UEFA Nations League. Dari ke-12 tim tersebut, hampir semuanya adalah nama-nama besar di Eropa. Berhasil masuknya Islandia dan Polandia juga bisa menjadi cermin bahwa keduanya sudah masuk jajaran negara hebat Eropa.

Ke-12 tim tersebut akan dibagi ke dalam empat grup, dan masing-masing grup akan terdiri dari tiga tim. Para juara grup kelak akan bertanding dalam babak final UEFA Nations League pada Juni 2019 mendatang, dan pemenangnya akan menjadi juara UEFA Nations League. Untuk tuan rumah, akan dipilih pada Desember 2018 dari salah satu finalis

Lalu empat tim yang menjadi juru kunci grup akan terdegradasi ke Liga B untuk UEFA Nations League edisi selanjutnya. Keempat tim teratas di Liga A yang tidak lolos otomatis ke Piala Eropa 2020 lewat babak kualifikasi akan ikut babak play-off Liga A pada Maret 2020, untuk menentukan siapa wakil dari Liga A yang akan tampil di Piala Eropa 2020.

Liga B (Austria, Wales, Russia, Slovakia, Swedia, Ukraina, Rep. Irlandia, Bosnia-Herzegovina, Irlandia Utara, Denmark, Rep. Ceko, Turki)

Sama seperti di Liga A, Liga B ini juga terdiri dari 12 tim yang dibagi ke dalam empat grup, dengan per grupnya diisi oleh tiga tim. Empat juara grup akan promosi ke Liga A, sedangkan empat tim peringkat terbawah grup akan degradasi ke Liga C pada edisi UEFA Nations League 2020 mendatang.

Empat tim peringkat teratas Liga B yang tidak lolos otomatis ke Piala Eropa 2020 lewat babak kualifikasi akan ikut babak play-off Liga B pada Maret 2020, untuk menentukan siapa wakil dari Liga B yang akan tampil di Piala Eropa 2020.

Liga C (Hungaria, Rumania, Skotlandia, Slovenia, Yunani, Serbia, Albania, Norwegia, Montenegro, Israel, Bulgaria, Finlandia, Siprus, Estonia, Lithuania)

Sedikit berbeda dengan Liga A dan B, Liga C berisikan 15 tim yang dibagi ke dalam empat grup. Satu grup akan berisikan tiga tim, sedangkan tiga grup lain berisikan empat tim. Keempat juara grup akan langsung promosi ke Liga B, dan keempat tim yang berada di peringkat terbawah akan degradasi ke Liga D pada edisi UEFA Nations League 2020.

Keempat tim peringkat teratas Liga C yang tidak lolos otomatis ke Piala Eropa 2020 lewat babak kualifikasi akan ikut babak play-off Liga C pada Maret 2020, untuk menentukan siapa wakil dari Liga C yang akan tampil di Piala Eropa 2020.

Liga D (Azerbaijan, Makedonia, Belarusia, Georgia, Armenia, Latvia, Kep. Faroe, Luxemburg, Kazakhstan, Moldova, Liechtenstein, Malta, Andorra, Kosovo, San Marino, Gibraltar)

Liga D menjadi liga yang paling banyak berisikan tim yang tampil. Ada sekira 16 tim, terbagi dalam empat grup dengan satu grup berisikan empat tim, yang akan unjuk gigi di UEFA Nations League ini. Empat tim juara grup akan promosi ke Liga C. Tidak ada degradasi untuk empat tim terbawah di grup.

Keempat tim peringkat teratas Liga D yang tidak lolos otomatis ke Piala Eropa 2020 lewat babak kualifikasi akan ikut babak play-off Liga D pada Maret 2020, menentukan siapa wakil Liga D yang akan tampil di Piala Eropa 2020.

Baca juga: Segala Hal yang Harus Diketahui dari UEFA Nations League

***

Berikut adalah pembagian dari tim-tim di liga UEFA Nations League berdasarkan koefisien yang mereka torehkan sesudah babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona UEFA. Untuk pembagian grup di liga sendiri akan dilaksanakan pada 24 Januari 2018 di SwissTech Convention Centre, Lausanne. Di bawah ini adalah jadwal matchday dari UEFA Nations League, disitat dari situs resmi UEFA.

Matchday 1: 6-8 September 2018

Matchday 2: 9-11 September 2018

Matchday 3: 11-13 Oktober 2018

Matchday 4: 14-16 Oktober 2018

Matchday 5: 15-17 November 2018

Matchday 6: 18-20 November 2018

Drawing untuk partai final (khusus Liga A): awal Desember 2018

Babak final: 5-9 Juni 2019

Drawing untuk play-off Piala Eropa 2020 per liga: 22 November 2019

Partai play-off Piala Eropa 2020: 26-31 Maret 2020

Baca Juga: Segala Hal yang Harus Diketahui Tentang UEFA Nations League

(sf)

Komentar