Ragam Kontroversi yang Mengiringi Lolosnya Panama ke Piala Dunia 2018

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball | plus Supporter

Ragam Kontroversi yang Mengiringi Lolosnya Panama ke Piala Dunia 2018

Panama memastikan diri sebagai tim ketiga asal Konfederasi CONCACAF yang lolos ke Piala Dunia 2018. Kemenangan tipis 2-1 yang diraih atas Kosta Rika memuluskan langkah Panama menggenggam tiket ke Rusia pada tahun depan. Bagi Panama ini merupakan debut mereka di Piala Dunia.

Meski begitu langkah keberhasilan mereka lolos ke turnamen sepakbola paling prestisius ini diwarnai kontroversi yang membalut gol penyeimbang yang diciptakan mereka saat jumpa Kosta Rika. Dalam pertandingan yang berlangsung di Estadio Rommel Fernandez Gutierrez, Panama City, Rabu (11/10) pagi WIB itu Panama memang harus tertinggal lebih dulu pada menit 36 melalui aksi J. Venegas.

Panama berhasil mencetak gol penyama kedudukan pada menit 53 melalui Gabriel Arturo Torres yang mampu memanfaatkan kemelut di depan gawang Kosta Rika. Tapi dalam tayangan ulang terlihat kalau bola hasil sontekan Torres itu berhasil diintersep oleh salah satu pemain Kosta Rika yang sigap berdiam di depan gawang. Bola berhasil disapu keluar lapangan dengan bola belum melewati garis gawang.

Namun wasit berpendapat lain, dan akhirnya mengesahkan gol tersebut. Protes keras sempat dilakukan para pemain Kosta Rika, tapi sia-sia karena wasit sudah bulat dengan keputusannya itu.

Gol kontroversi tersebut membangkitkan semangat para pemain Panama untuk membalikkan keadaan. Hingga akhirnya, Roman Aurelliano Torres berhasil mencetak gol kedua untuk memastikan kemenangan bagi Panama, sekaligus satu tempat di Piala Dunia 2018.

Bukan hanya gol kontroversial saja yang membuat pertandingan antara Panama melawan Kosta Rika menjadi sorotan publik. Pada menit akhir, Kosta Rika yang berupaya untuk menyamakan kedudukan mendapat peluang lemparan ke dalam. Bola yang bergulir cukup jauh dari garis akhir lapangan, coba diambil salah satu pemain Kosta Rika yang berlari kecil untuk menghampiri bola. Namun pemain Kosta Rika itu kalah cepat dengan salah satu pemain cadangan Panama yang tiba-tiba saja berlari menendang bola sekeras mungkin hingga bola menjauh ke sisi lain luar lapangan. Tindakan tersebut mengundang gelak tawa, bahkan bagi komentator pertandingan.

Terlepas dari kejadian-kejadian unik yang terjadi di laga tersebut tentu bukanlah sebuah kerugian bagi Kosta Rika. Sebab hasil dalam laga itu tak berpengaruh sedikitpun bagi nasib mereka di Piala Dunia. Sebelumnya, Kosta Rika sudah memastikan lolos ke Piala Dunia. Duka malah dirasakan oleh Amerika Serikat yang dalam pertandingan lainnya kalah dari Trinidad & Tobago yang membuat mereka gagal ke Piala Dunia 2018.

Foto: Twitter

Komentar