Enam Gelombang Calon Peraih Ballon d`Or 2017

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng !

Enam Gelombang Calon Peraih Ballon d`Or 2017

Penghargaan Ballon d`or yang diumumkan pada Desember selalu sudah diramaikan sejak pertengahan tahun. Begitu pun dengan tahun ini banyak yang mengira-ngira siapakah yang akan meraih penghargaan Bola Emas tersebut. Sejak Juni lalu, banyak media yang memperkirakan bahwa Cristiano Ronaldo dari Real Madrid akan memenangkan penghargaan itu lagi pada Desember nanti.

Kemudian muncul nama empat pemain lagi yang sering disebut-sebutkan media sebagai pesaing Ronaldo, yaitu Gianluigi Buffon (Juventus/Italia), Lionel Messi (Barcelona/Argentina), N`Golo Kante (Chelsea/Prancis) dan Sergio Ramos (Madrid/Spanyol). Tapi di antara pemain-pemain tersebut, hanya Kante yang keluar dalam lima pemain gelombang pertama dari total 30 pemain yang masuk nominasi peraih Ballon d`or yang diumumkan kemarin, Senin (9/10).

Kontribusi Kante dinilai besar dalam membawa Chelsea menjuarai Liga Primer Inggris 2016/2017. Empat pemain lainnya adalah Luka Modric (Madrid/Kroasia) serta Marcelo (Madrid/Brasil), Neymar (PSG/Brasil) dan Paulo Dybala (Juventus/Argentina). Dua nama pertama merupakan pemain yang tidak kalah penting membantu Madrid untuk meraih juara Liga Champions dan La Liga Spanyol musim lalu.

Sementara Neymar masuk ke dalam salah satu dalam lima pemain tersebut setelah dinilai tampil baik selama 2016 setelah membela Barcelona maupun Brasil. Ini bukan pertama kali pemain Paris Saint-Germain (PSG) itu masuk ke dalam nominasi Ballon d`or. Pada edisi sebelumnya, Neymar masuk nominasi meskipun akhirnya gagal. Kegagalan karena gelar itu jatuh ke tangan Ronaldo meski mengungguli Antoine Griezmann (Atletico Madrid/Prancis) dan Messi.

Ada pun Dybala keluar pada gelombang pertama itu karena berkontribusi besar dalam menjaga dominasi Juventus di Serie-A dan mengantarkan kesebelasannya ke final Liga Champions 2016/2017. Masih ada 25 slot tersisa untuk nominasi berikutnya, apalagi Ronaldo, Buffon, Messi dan Ramos belum muncul namanya. Barulah nama terakhir muncul pada gelombang kedua nominasi Ballon d`Or 2017 bersama Dries Mertens (Napoli/Belgia), Jan Oblak (Atletico/Slovenia), Philippe Coutinho (Liverpool/Brasil) dan Luis Suarez (Barcelona/Uruguay).

Kemudian diikuti dengan gelombang ketiga yang diisi David de Gea (Manchester United/Spanyol), Edin Dzeko (AS Roma/Bosnia & Herzegovina), Harry Kane (Tottenham Hotspur/Inggris), Kevin De Bruyne (Manchester City/Belgia) dan Robert Lewandowski (Bayern Muenchen/Polandia).

"Saya telah mengatakan sebelumnya bahwa saya ingin masuk ke dalam klasemen pemain kelas dunia. Untuk mendapatkan itu, Anda harus bermain di Liga Champions," ujar Kane.

"Liga Champions adalah panggung besar. Semua pemain terbaik di Eropa ada di sini. Dan untuk menjadi yang terbaik, Anda harus meraih yang terbaik dari yang terbaik," sambung Kane seperti dikutip dari Telegraph ketika ditanya tentang peluangnya masuk nominasi Ballon d`Or pada September lalu.

Barulah pada gelombang keempat, Buffon masuk ke dalam nominasi bersama Griezmann, Radamel Falcao (AS Monaco/Kolombia), Sadio Mane (Liverpool/Senegal) dan Toni Kroos (Real Madrid/Jerman). Begitu pun dengan Messi yang akhirnya memunculkan diri pada gelombang kelima bersamaan dengan Edinson Cavani (PSG/Uruguay), Karim Benzema (Madrid/Prancis), Mats Hummels (Bayern/Jerman), Pierre-Emerick Aubameyang (Borussia Dortmund/Gabon).

Kemunculan Cavani agak menarik karena ia kembali bersaing dengan Neymar soal mencuri perhatian publik. Seperti yang diketahui bahwa antara kedua pemain itu sempat bersitegang soal eksekusi tendangan penalti pada beberapa waktu sebelumnya. Persaingan antara mereka pada Ballon d`Or saat ini akan menjadi bumbu baru selain perdebatan antara Ronaldo dan Messi dalam perburuan gelar tersebut.

Lalu bagaimana dengan Ronaldo, pemain asal Portugal yang digadang-gadang bakal kembali memenangkan gelar Ballon d`Or tahun ini? Tenang, pada akhirnya ia satu gerbong dengan Eden Hazard (Chelsea/Belgia), Isco (Madrid/Spanyol), Kylain Mbappe (PSG/Prancis) Leonardo Bonucci (AC Milan/Italia), pada gelombang keenam sekaligus rombongan terakhir nominasi Ballon d`Or 2017.

Sementara itu, Prancis menjadi negara yang paling banyak menyumbangkan pemain dalam nominasi Ballon d`Or tahun ini. Total, ada empat pemain yang disumbangkan mereka, yaitu Griezmann, Kante, Benzema dan Mbappe. Negara terbanyak kedua adalah Belgia yang diwakili Mertens, Hazard dan De Bruyne.

Sekilas Tentang Ballon d`Or

Penghargaan Ballon d`Or atau Bola Emas adalah gelar individual pesepakbola profesional yang bermain bagus selama tahun sebelumnya. Penghargaan itu dipandu oleh majalah France Football dan pertama kali digelar pada 1956. Tapi pada waktu itu hanya khusus untuk pemain berkewarganegaraan Eropa saja.

Barulah pada 1995, nominasi diperluas dengan pemain berkewarganegaraan seluruh dunia yang bermain di klub-klub Eropa. Kemudian diperluas lagi menjadi semua pemain seluruh dunia pada 2007 silam. Penghargaan itu awalnya berbeda dengan pemain terbaik versi FIFA, tapi keduanya bergabung sejak 2010 menjadi FIFA Ballon d`Or.

Namun Gelar Ballon d`Or tahun ini sedikit berbeda karena France Football sudah tidak lagi bekerja sama dengan FIFA. Sejauh ini, Messi masih menjadi pengoleksi gelar terbanyak dengan lima piala yang didapatkan pada 2009, 2011, 2012 dan 2015. Sementara di peringkat dua, ada Ronaldo dengan empat gelar yang diraih 2008, 2013, 2014 dan 2016.

Sumber lain: ESPN FC,

Komentar