Kans Besar Islandia Lolos Langsung ke Piala Dunia, Kroasia-Ukraina Harus Saling Bunuh

Berita

by redaksi

Kans Besar Islandia Lolos Langsung ke Piala Dunia, Kroasia-Ukraina Harus Saling Bunuh

Melihat tabel klasemen Grup I babak kualifikasi Piala Dunia 2018, tiga kesebelasan teratas masih berpeluang untuk lolos. Mereka adalah Islandia, Kroasia dan Ukraina. Perubahan posisi klasemen pun masih memungkinkan karena Islandia yang sementara menempati urutan pertama, hanya terpaut dua poin dari Kroasia dan Ukraina di bawahnya.

Hanya saja laga pamungkas Grup I terbilang memudahkan Islandia. Di laga terakhir, mereka hanya akan menghadapi kesebelasan juru kunci, Kosovo. Islandia jelas diprediksi bisa menang mudah karena selama fase grup, Kosovo hanya meraih satu poin saja. Ditambah lagi mereka hanya mampu mencetak tiga gol dan kebobolan sebanyak 22 kali.

Kemudahan Islandia untuk mencatatkan sejarah tampil di Piala Dunia untuk pertama kalinya didukung oleh Kroasia dan Ukraina yang saling berhadapan di laga terakhir. Maka berapapun hasil antara Kroasia dan Ukraina, Islandia tetap berada di zona lolos. Kalau pun kalah di laga terakhir, Islandia setidaknya akan turut ke peringkat kedua, dan melaju ke babak play-off.

Situasi genting justru ada di kubu Kroasia dan Ukraina. Keduanya sama-sama meraih lima kemenangan, dua imbang dan dua kekalahan dari sembilan laga yang sudah dijalani di Grup I. Kroasia unggul selisih gol dengan surplus sembilan, Ukraina surplus enam. Jika hasil imbang, maka Kroasia-lah yang menjaga asa lolos ke Piala Dunia dengan melaju ke babak play-off.

Kroasia mungkin lebih diunggulkan. Pada pertemuan pertama di Kroasia, Kroasia berhasil menang 1-0. Kroasia pun punya rekam jejak yang lebih mentereng dibanding Ukraina soal lolos ke Piala Dunia. Dalam lima gelaran terakhir, Kroasia hanya absen satu kali (2010). Sementara Ukraina hanya sekali tampil yakni pada 2006.

Tapi Kroasia sedang dalam performa menurun belakangan ini. Setelah kalah 1-0 dari Islandia, mereka hanya menang 1-0 melawan Kosovo yang biasanya menjadi bulan-bulanan. Pada dua laga terakhir, Kroasia ditaklukkan Turki dengan skor 1-0 dan ditahan imbang Finlandia 1-1.

Situasi ini berbanding terbalik dengan Ukraina. Dari empat laga terakhir, mereka berhasil mengemas tiga kemenangan. Finlandia, Turki dan Kosovo dikalahkan untuk menjaga asa lolos. Kekalahan diterima saat menghadapi Islandia. Kemenangan Islandia atas Kroasia dan Ukraina memang memojokkan keduanya untuk saling mengadu nasib di laga terakhir.

Kini untuk lolos Ukraina wajib menang dengan berapapun skornya untuk menang. Tapi itu tak mudah menghadapi Kroasia yang tentu tak mau absen di Piala Dunia 2018. Oleh karenanya, ketika Islandia menghadapi kemudahan menghadapi lawatan Kosovo, Ukraina dan Kroasia akan saling bunuh di Olympic National Sports Complex, Kiev, markas Ukraina.

Baca juga: Perencanaan, Faktor Utama Kesuksesan Islandia

Komentar