Rangkuman Hal Menarik Serie A 2017/2018 Pekan Lima: Kudeta Puncak Klasemen

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng !

Rangkuman Hal Menarik Serie A 2017/2018 Pekan Lima: Kudeta Puncak Klasemen

Terjadi perpindahan kekuasaan di Serie-A 2017/2018 saat giornata kelima yang diselenggarakan pada pertengahan pekan ini. Kekuasaan di puncak klasemen sementara berhasil diambil alih SSC Napoli dari Juventus walau sama-sama mengoleksi 15 poin. Selain itu, empat besar klasemen sementara juga diramaikan oleh persaingan antara kesebelasan satu kota, yaitu AC Milan dengan Internazionale Milan yang poinnya berbeda tipis.

Juventus Dikudeta Produktivitas SSC Napoli

Kemengan Napoli di kandang Lazio tidak hanya memuaskan dari segi rekor dan hasil saja. Rekor diukir Napoli yang belum pernah terkalahkan di Stadion Olimpico sejak pertemuan pada 8 April 2012 lalu. Dari segi hasil pun sangat memuaskan karena Napoli mampu mengalahkan tuan rumah dengan skor telak 4-1 atas gol yang dicetak Kalidou Koulibaly (54`), Jose Callejon (56`), Dries Mertens (59`) dan Jorginho (90`+2).

Kemenangan besar itu membuat Napoli berhasil mengkudeta posisi puncak klasemen sementara dari Juventus. Kedua kesebelasan itu sama-sama mengoleksi 15 poin karena Juventus pun mengalahkan Fiorentina dengan skor 1-0 pada giornata lima ini. Tapi kemenangan Napoli yang lebih besar membuat mereka lebih unggul selisih 16 gol daripada 11 gol Juventus sehingga memuncaki klasemen sementara. Analisis kemenangan Napoli atas Lazio bisa dilihat jika menekan tautan ini.

Berondongan Tembakan Simone Verdi ke Gawang Internazionale Milan

Bologna mampu memberikan perlawanan kepada Inter yang bertamu ke Stadion Renata Dall`Ara pada giornata lima Serie-A 2017/2018. Perlawanan Bologna bisa diperlihatkan melalui keunggulan pertama tuan rumah melalui gol Simone Verdi pada menit 32`. Verdi sering membahayakan gawang Inter pada pertandingan ini melalui sembilan percobaan tembakan yang dilepaskannya.

Kontribusi pemain sayap kanan itu mencatatkan rekor di Serie-A sejauh musim ini. Hal itu karena ia mampu melepaskan tujuh percobaan tembakan selama babak pertama dan salah satunya menjadi gol. Tapi gol Verdi tidak mampu membawa kemenangan untuk Bologna karena Inter sanggup menyamakan kedudukan pada menit 77`. Gol balasan Inter itu dicetak Mauro Icardi melalui eksekusi penalti.

Pemain-pemain di Atas 20 Gol

Dries Mertens dan Edin Dzeko merupakan jajaran atas pencetak gol terbanyak Serie-A musim lalu. Dzeko menjadi pencetak gol terbanyak setelah 29 kali menjebol gawang lawan. Jumlah tersebut mengungguli satu gol yang dicetak Mertens secara keseluruhan. Kedua penyerang itu pun masih menunjukan ketajamannya pada giornata lima ini.

Baik Mertens dan Dzeko sama-sama mencetak gol ke gawang lawannya. Uniknya, kedua pemain itu mencetak gol di kandang lawannya. Mertens satu kali menjebol satu kali ke gawang Lazio dan Dzeko mencetak dua gol ke Benevento. Kontribusi mereka menjadikan pemain yang mencetak lebih dari 20 gol selama 2017 ini. Total, Mertens mencetak 22 gol dan Dzeko melakukannya 21 kali.

Kesebelasan Duo Milan Begitu Dekat di Klasemen

Hasil seri yang didapatkan Inter membuat poin mereka cuma bertambah satu angka menjadi 13 poin dan tertahan di peringkat tiga klasemen sementara. Hal itu membuat Milan sebagai rival satu kotanya semakin memepet Inter di klasemen sementara. Kemenangan Milan atas SPAL berhasil menaikan posisi mereka ke peringkat empat di bawah Inter. Kemenangan Milan itu juga membuat mereka cuma kalah satu poin dari rival satu kotanya tersebut.

Sementara Inter unggul selisih sembilan gol daripada empat gol yang dimiliki Milan. Tapi uniknya kedua kesebelasan itu sama-sama mencetak seluruh golnya dari penalti pada giornata lima ini. Satu-satunya gol Inter pada laga ini dicetak Icardi melalui titik putih. Sementara Milan memborong dua gol kemenangannya melalui eksekusi penalti yang dilakukan Riccardo Rodriguez dan Franck Kessie.

Atalanta Cetak Kemenangan Terbesar Giornata Lima

Atalanta semakin berada di tren positif di Serie-A setelah mengalahkan Crotone dengan skor 5-1 di Stadion Atleti Azzurri d`Italia. Kemenangan itu menjadi skor terbesar di giornata lima Serie-A 2017/2018. Lima gol itu dicetak oleh Andrea Petagna (5`) Mattia Caldara (25`), Josip Ilici (38`) serta dua sisanya diborong Alejandro Gomez (63` dan 74`). Sementara Crotone cuma bisa membalasnya melalui gol Marco Tumminello pada menit 70`.

Selain Atalanta, kemenangan besar juga diraih AS Roma dan Napoli. Kedua kesebelasan itu mampu mengalahkan masing-masing tuan rumah yang menjadi lawannya. Roma mengalahkan Benevento dengan skor 4-0, sementara Napoli mampu menang dari Lazio dengan skor 4-1. Khusus Napoli, pada giornata sebelumnya pun mereka mampu mengalahkan Benevento dengan skor 6-0. Hasil itu seperti menunjukan bahwa Benevento selalu menjadi korban kemenangan besar lawan-lawannya.

Komentar