Betapa Pentingnya Ronaldo untuk Real Madrid

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Betapa Pentingnya Ronaldo untuk Real Madrid

Setelah menjalani hari-hari dengan sanksi, akhirnya Cristiano Ronaldo pun kembali. Lalu, apa yang terjadi ketika ia kembali? Gol pun menjadi sesuatu yang pasti. Itulah yang terjadi dalam laga Liga Champions musim 2017/2018 yang mempertemukan Real Madrid dan APOEL FC.

Dalam dua laga terakhir di ajang La Liga Spanyol, Real Madrid meraih hasil yang kurang memuaskan. Kemenangan mereka di laga perdana La Liga Spanyol menghadapi Deportivo La Coruna, seolah lenyap tak berbekas ketika mereka dua kali ditahan imbang oleh Valencia dan Levante, dua tim yang berasal dari satu daerah yang sama. Bukan, ini bukan persoalan Levante dan Valencia yang berasal dari wilayah yang sama (wilayah Valencia). Persoalan ada pada permainan Madrid yang tidak klinis.

Pada dua laga tersebut, Madrid tetap bisa bermain kreatif. Mereka mampu menciptakan banyak peluang, serta mampu mengancam gawang lawan-lawannya. Namun, ketiadaan sosok yang mampu menyelesaikan peluang, membuat banyak peluang yang tercipta malah terbuang sia-sia. Akhirnya hasil imbang menjadi hasil yang mereka dapat atas Valencia dan Levante. Sosok penyerang klinis menjadi masalah yang harus dihadapi oleh Madrid.

Di tengah kegundahan tersebut, Cristiano Ronaldo kembali. Memang ia masih menjalani sanksi yang membuatnya harus menepi dari lapangan selama lima pertandingan domestik (sisa satu laga lagi). Namun di ajang Liga Champions, ia bisa tampil untuk Los Blancos. Dalam pertandingan melawan APOEL FC, Ronaldo langsung menunjukkan bahwa ia adalah sosok penting dalam tubuh Madrid saat ini (mungkin juga sampai nanti).

Cetakan gol yang mungkin saja bisa lebih banyak

Dalam laga Liga Champions yang dihelat pada Kamis (14/9/2017) dini hari tersebut, Madrid memang hanya menghadapi APOEL FC, tim yang bisa dibilang tim paling lemah di Grup H. Namun tetap saja, dalam pertandingan itu, Ronaldo menunjukkan arti penting dirinya bagi skuat Los Blancos. Penyelesaian klinisnya adalah hal yang hilang dalam dua laga La Liga Spanyol ketika mereka ditahan imbang Levante dan Valencia.

Dari tiga gol yang dicetak oleh Los Blancos dalam pertandingan tersebut, dua di antaranya disumbangkan oleh pemain yang juga pernah membela Manchester United itu. Bukan hanya dua gol, beberapa kali ia juga mengancam gawang APOEL FC lewat tembakan maupun sundulannya. Determinasinya dalam mencetak gol begitu terasa, terutama ketika ia berada di dalam kotak penalti lawan.

Melihat kemampuannya ini, pelatih Madrid, Zinedine Zidane berkomentar bahwa Ronaldo sebenarnya bisa mencetak lebih banyak gol lagi pada pertandingan tersebut. Ia kembali menegaskan peran penting Ronaldo dalam skuat Madrid, terutama ketika ia sedang berada dalam performa terbaiknya.

"Ia (Ronaldo) adalah salah satu pemain terbaik di dunia. Ia selalu ada di sana, di depan gawang, mencetak banyak gol. Jika ia berada dalam performa terbaiknya, ia bisa saja mencetak lebih dari empat gol. Hari ini (lawan APOEL), ia juga sebenarnya bisa mencetak lebih banyak gol. Namun, kami tahu apa yang bisa ia lakukan," ujar Zidane disitat dari ESPN FC.

Melihat komentar dari Zidane, dan juga penampilan yang ia tunjukkan dalam pertandingan melawan APOEL, Ronaldo masih dan akan menjadi sosok yang penting bagi Madrid untuk musim 2017/2018 ini. Penyelesaian klinisnya, dan gol-gol yang ia cetak, masih akan menjadi hal-hal yang Los Blancos butuhkan. Tapi untuk La Liga, Madrid masih harus bersiap menghadapi sisa satu laga lagi tanpa kehadiran pemain berjuluk CR7 tersebut.

foto: @Squawka

Komentar