Mourinho: Fellaini Selalu Memberikan Segalanya Pada Saya dan Klub

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball | plus Supporter

Mourinho: Fellaini Selalu Memberikan Segalanya Pada Saya dan Klub

Manchester United berhasil melewati hadangan pertama di Liga Champions 2017/2018 dengan kemenangan telak tiga gol tanpa balas atas FC Basel di Old Trafford, Rabu (13/9) dini hari WIB. Tiga poin pertama di Liga Champions menjadi modal berharga bagi MU dalam mengarungi kompetisi paling elite di Eropa itu.

Manajer MU, Jose Mourinho, belum puas meski anak asuhnya berhasil menang cukup telak. Mou masih merasa kecewa terhadap penampilan anak asuhnya yang terkesan mengendurkan serangan saat mereka unggul 2-0. Menurut Mou hal tersebut sangat membahayakan karena MU memberikan kesempatan bagi lawan untuk lebih banyak menekan mereka.

“Kami cukup beruntung karena Basel tidak mencetak gol dan kemudian gol ketiga datang. Para pemain mungkin merasa permainan terkendali saat unggul 2-0 tapi sepakbola adalah sepakbola dan Anda harus menghormati lawan. Tapi tiga poin adalah hal yang paling penting. Secara keseluruhan, penampilan kami solid dan tiga poin sangat penting bagi kami,” sambungnya.

Meski berhasil meraih kemenangan penting, namun hasil menggembirakan itu harus dibayar mahal menyusul cedera yang dialami Paul Pogba pada menit 19. Pemain berkebangsaan Perancis itu ditarik keluar untuk digantikan Marouane Fellaini. Sebuah kerugian bagi Setan Merah mengingat bahwa pemain termahal dunia pada musim lalu itu merupakan sosok kunci di lapangan tengah MU. Mou memprediksi bahwa Pogba mengalami cedera otot dan harus rehat selama beberapa pekan.

"Saya tidak tahu seberapa parah cedera yang dia alami, saya juga tidak tahu persis masalah yang dia derita. Tapi menurut pengalaman saya selama ini, saya hanya tahu bahwa ini adalah cedera otot. Menurut pengalaman saya, cedera otot membuat Anda tidak bermain selama beberapa minggu, begitu prediksi saya,” katanya.

Menyusul cederanya Pogba, Mou harus memutar otak untuk mencari pengganti sepadan mantan pemain Juventus itu. Namun sepertinya tidak akan butuh waktu lama bagi manajer asal Portugal itu untuk mencari pengganti Pogba. Sosok yang dimaksud itu adalah Marouane Fellaini yang semalam menggantikan Pogba. Biar bagaimanapun, dalam laga melawan Basel, Fellaini menjelma sebagai sosok pahlawan kemenangan MU walau memulai laga dari bangku cadangan.

Kehadirannya di lapangan membuat lini tengah MU menjadi lebih cair, distribusi bola bagi Romelu Lukaku dan Marcus Rashford terus mengalir dari lini tengah. Tercatat dalam laga tersebut Fellaini mampu melepaskan 41 operan, dua intersep, dua sepakan ke arah gawang, dan tiga kali memenangkan duel udara dalam 72 menit aksinya di lapangan.

Lebih dari pada itu, Fellaini juga menjadi pemecah kebuntuan MU pada menit 35 melalui sundulan kepala setelah menerima umpan silang Ashley Young yang melakukan penetrasi dari sektor kiri pertahanan Basel. Setelahnya muncul Rashford dan Lukaku yang masing-masing mencetak satu gol untuk menggenapkan kemenangan 3-0 MU atas Basel di Old Trafford.

Kegemilangan Fellaini membuatnya didaulat sebagai pemain terbaik dalam laga melawan Basel. Hal tersebut menyiratkan bahwa kiprah pemain asal Belgia itu di Old Trafford belum habis. Musim lalu, dari total 32 penampilan MU di Liga Primer Inggris, 28 di antaranya dimulai dari bangku cadangan.

Kehadiran Nemanja Matic sempat membuat posisinya terancam, sebab persaingan untuk memperebutkan tempat utama di lini tengah MU semakin memanas. Selain Matic, ia juga harus bisa menyingkirkan Michael Carrick, Juan Mata, Ander Herrera, bahkan Paul Pogba bila ingin mengambil tempat utama. Sebelum kompetisi musim 2017/2018 bergulir, kabar berembus kencang bahwa Fellaini bakal hengkang menuju Galatasaray.

Namun pada saat itu Mourinho bersikukuh mempertahankan Fellaini dengan perpanjangan kontrak selama satu musim. Mou menilai bahwa MU masih sangat membutuhkan jasa Fellaini, sehingga keputusan untuk mempertahankannya hingga semusim ke depan diambil. Keputusan yang tepat tentunya dari Mou untuk mempertahankan Fellaini, karena ternyata ia mampu menjawab kepercayaan itu dengan aksi gemilang di lapangan.

Lebih dari pada itu, Fellaini juga bakal menjadi sosok pengganti paling potensial bagi Pogba yang harus masuk ruang perawatan. Sekarang, tinggal bagaimana keputusan Moun untuk memanfaatkan potensi Fellaini pada saat salah satu pemain terbaiknya di sektor gelandang menepi akibat cedera.

"Saya sangat senang dengan penampilan Fellaini, karena sejak saya tiba dia selalu berusaha memberikan segalanya kepada saya dan klub. Saya tidak bisa lebih senang padanya, saya mencoba untuk tidak memainkannya hari ini karena dia kembali dari cedera, tapi dengan cedera Pogba saya tidak punya pilihan. Saya merasa itu juga bagus untuk profil pertandingan melawan tim yang bertahan dengan lima di belakang dan dengan menumpuk pemain yang banyak di dalam kotak penalti. Saya merasa kekuatannya di udara bisa menjadi pilihan bagi kami, jadi saya senang untuknya," tegas Mou.

Foto: Sky Sports

Komentar