Lionel Messi Dihubungkan Kembali dengan Manchester City

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball | plus Supporter

Lionel Messi Dihubungkan Kembali dengan Manchester City

Menjelang ditutupnya jendela transfer musim panas 2017/2018, spekulasi transfer semakin kencang berembus. Sebelumnya Philippe Coutinho digembar-gemborkan dengan kepindahannya ke Barcelona, kini giliran Lionel Messi yang dikaitkan dengan kepindahannya ke Manchester City.

Salah seorang jurnalis dari Daily Record, Duncan Castles, melaporkan bahwa pihak Manchester City dikabarkan telah menemui perwakilan Messi di salah satu restoran di Barcelona untuk membicarakan kemungkinan transfer pemain asal Argentina itu ke Etihad Stadium musim ini.

Kabarnya, Messi sudah tidak lagi kerasan dengan kondisi di Camp Nou, menyusul kepergian Neymar ke Paris Saint-Germain (PSG). Apalagi hingga saat ini Blaugrana masih kesulitan untuk mencari sosok yang tepat untuk menjadi pengganti Neymar. Upaya mereka beberapa kali menemui jalan buntu untuk mencari pemain yang bisa menutupi kekosongan yang ditinggalkan pemain asal Brasil itu.

Pertama adalah upaya untuk mendatangkan Philippe Coutinho yang hingga saat ini belum juga menunjukkan titik terang. Dalam upaya menggaet pemain berusia 25 tahun itu, Barcelona harus berbenturan dengan sikap Liverpool sebagai kesebelasan pemilik Coutinho yang telah menyatakan tidak akan menjual aset berharganya itu dengan nominal berapapun.

Tak hanya Coutinho, Barcelona juga belum menemukan titik terang dalam upaya mereka menggaet Ousmane Dembelle dari Borussia Dortmund.

Hal tersebut yang kemudian membuat Messi dikabarkan tidak nyaman dengan komposisi pemain Barcelona musim ini. Apalagi dalam dua pertandingan di Piala Super Spanyol lalu, Barcelona seolah menjadi bulan-bulan Real Madrid, yang berhasil mengalahkan Barcelona 3-1 di Camp Nou dan 2-0 di Santiago Bernabeu, untuk mengamankan trofi di ajang tersebut dengan kemenangan agregat telak 5-1.

Pihak Barcelona sebenarnya sudah mengeluarkan pernyataan bahwa pemain berusia 30 tahun itu dipastikan mantap menetap di Camp Nou hingga tahun 2021 mendatang, menyusul telah adanya kesepakatan terkait perpanjangan kontrak antarkedua belah pihak. Dalam pernyataan resminya itu, Barcelona mengungkapkan bahwa Messi adalah sosok kunci di lini serang Barcelona, karena selama kariernya Messi telah mencetak 507 gol dalam 583 pertandingan.

"FC Barcelona dan Leo Messi telah menyetujui perpanjangan kontrak yang akan membuat pemain Argentina di klub tersebut sampai 30 Juni 2021. Kesepakatan itu akan ditandatangani dalam beberapa pekan mendatang, saat Messi kembali ke tim untuk latihan pra musim," terang Barcelona pada 5 Juli lalu.

"Klub ini sangat senang dengan perpanjangan dan komitmen Messi, pemain terbaik dalam sejarah, yang telah memainkan karir profesionalnya di Barca dan telah membawa tim ini ke era kesuksesan yang luar biasa, yang belum pernah terjadi sebelumnya. Terlihat di dunia sepak bola," sambung mereka.

Namun nyatanya pengumuman tersebut baru sebatas kesepakatan secara verbal. Dilaporkan bahwa hingga saat ini Messi belum menandatangani perpanjangan kontrak tersebut. Kontrak Messi di Barcelona akan habis pada musim panas tahun depan, bila pemenang lima trofi Balon d`or itu tak kunjung menandatangani kontrak itu dalam jangka waktu setahun ke depan, bisa dipastikan bahwa Messi bisa pergi dari Camp Nou dengan status bebas transfer di musim depan.

Namun terlepas dari itu semua, kabarnya Manchester City sangat tertarik untuk mendatangkan Messi ke Liga Primer Inggris pada musim ini. Selain karena belum ditandatanganinya klausul perpanjangan kontrak yang diajukan Barcelona kepada dirinya, dikutip dari Mirror.co.uk, salah satu sumber mereka di Barcelona mengungkapkan bahwa Messi tertarik untuk pindah, namun ia membutuhkan waktu untuk berpikir.

"Messi serius mempertimbangkan untuk pergi. Dia terbuka untuk pindah, tapi itu akan membutuhkannya waktu untuk memutuskan," terang sumber yang tak disebutkan namanya itu seperti dikutip dari Mirror.

Kemungkinan Messi hijrah ke Manchester City bisa dipengaruhi beberapa faktor. Selain karena finansial klub berjulukan The Citizens itu yang dipercaya mampu untuk menebus klausul pelepasan Messi yang konon mencapai 275 juta paun, sosok Josep `Pep` Guardiola juga dipercaya bisa membujuk Messi untuk hijrah ke Etihad musim ini.

Messi dan Pep diketahui memiliki hubungan yang baik, keduanya pernah bekerjasama di Barcelona selama empat musim lamanya. Terhitung sejak tahun 2008 sampai 2012 Pep membesut Barcelona ada 14 gelar yang berhasil diraih dari enam ajang berbada. Selain itu, empat dari lima gelar Balon d`or yang diraih Messi didapat saat masa kepemimpinan Pep di Barcelona.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama Manchester City dikaitkan dengan Messi. Dalam beberapa musim terakhir, pemain bernomor punggung 10 itu juga kerap dikaitkan dengan Manchester City. Bahkan pada tahun 2016 lalu, pemain yang dijuluki La Pulga itu sempat menyatakan keinginannya untuk pindah ke Manchester City, seperti yang dilaporkan El Mundo Deportivo beberapa waktu lalu.

Sedikit berspekulasi, bila memang Manchester City berhasil mendatang Messi pada jendela transfer musim panas 2017, tentu ini akan menjadi pukulan telak bagi Barcelona setelah mereka kehilangan Neymar ke PSG. Selain itu, hal tersebut juga berpotensi membuat lini serang Barcelona semakin karut marut setelah ditinggal dua bintang utamanya di lini serang.

Masih ada waktu sekitar dua minggu lagi untuk mengetahui bagaimana akhir dari spekulasi kepindahan Messi ke Manchester City ini. Tidak ada yang pasti dalam bursa transfer, bisa saja isu ini menguap seiring waktu berjalan, atau bahkan semakin kencang berembus hingga menuju titik kebenaran. Menarik tentunya untuk mengetahui perkembangan rumor ini dalam beberapa hari ke depan.

Foto: The Sun

Komentar