Akankah Ezra Dapat Peluang untuk Main di West Ham?

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Akankah Ezra Dapat Peluang untuk Main di West Ham?

Ezra Walian mulai mengembangkan sayapnya. Pemain yang merupakan bagian dari timnas U22 Indonesia ini sedang menjalani trial di West Ham United, salah satu kesebelasan ternama di Inggris. Pertanyaan pun muncul. Akankah Ezra mendapatkan peluang untuk main di West Ham?

Sebelum menjalani trial di West Ham, Ezra yang kontraknya bersama Jong Ajax sudah habis pada akhir Juni 2017 ini sudah melakukan trial dengan beberapa kesebelasan Inggris lain. Tercatat, Ezra sudah menjalani trial di Bolton Wanderers dan Hull City. Meski sudah menjalani trial di dua kesebelasan tersebut, karena tidak adanya kabar dari Bolton dan Hull, Ezra mulai mencari kesebelasan lain.

Sekarang, setelah mencoba peruntungan di Bolton dan Hull, Ezra mencoba peruntungannya dengan menjalani trial bersama West Ham. Pemain yang mencetak 11 gol dari 22 laga yang ia jalani bersama Jong Ajax pada musim 2016/2017 ini sudah berlatih bersama dengan skuat West Ham United sejak Selasa (1/8/2017).

Adakah peluang bagi Ezra untuk masuk, dan menjadi bagian dari skuat inti West Ham United?

Cocokkah kemampuan Ezra dengan permainan West Ham?

Ezra Walian adalah seorang penyerang. Tapi dalam praktiknya di lapangan, ia bisa menempati beberapa posisi di lini depan. Selain menjadi penyerang, ia juga bisa menjadi winger dan second striker. Kemampuannya bermain dalam banyak posisi ini menjadi nilai plus tersendiri bagi Ezra. Ini mencerminkan bahwa pemain kelahiran Amsterdam tersebut adalah pemain yang memiliki kemampuan dribel, finishing, serta dapat membuka ruang dengan baik.

Dengan segala bekal yang ia miliki tersebut, seharusnya ia bisa cocok dengan skema yang akan diterapkan West Ham United. Versatility yang akan ia miliki, West Ham dapat memainkan beragam skema serangan dengan melibatkan Ezra di dalamnya. Lini depan West Ham akan menjadi lebih tajam. Apalagi West Ham juga gemar memeragakan permainan cepat dan menyerang, khas Slaven Bilic.

Secara kemampuan, bisa dibilang kemampuan Ezra akan cocok dengan West Ham. Namun, ada juga hal lain yang harus diperhatikan, yakni soal stok pemain depan yang sekarang dimiliki oleh West Ham.

Untuk musim 2017/2018, sedikitnya ada lima nama pemain depan yang dimiliki oleh pemain West Ham. Ada Diafra Sakho, Andre Ayew, Andy Carroll, Javier Hernandez, serta Marko Arnautovic. Khusus untuk Arnautovic, ia bisa menjadi gelandang serang juga. Mereka semua, bisa dibilang, adalah saingan Ezra jika kelak ia memutuskan untuk bermain di West Ham.

Bersaing dengan para pemain-pemain yang lebih berpengalaman adalah sesuatu yang cukup sulit. Hernandez adalah pencetak gol yang cukup subur bagi Bayer Leverkusen musim 2016/2017. Arnautovic, sama seperti dirinya, adalah pemain versatile dan punya pengalaman yang lebih banyak main di kerasnya Liga Primer. Hal yang sama juga berlaku untuk Ayew dan Carroll.

Jika kelak Ezra direkrut oleh West Ham, maka ia harus bisa menunjukkan kemampuan untuk bersaing dengan para penyerang lain, sekaligus menanamkan impresi positif bagi Slaven Bilic.

Main di tim reserve? Tidak masalah

Dengan usianya yang masih muda, tentu akan menjadi hal yang sulit bagi Ezra bersaing dengan para penyerang lain di tim inti. Oleh karenanya, jika kelak ia hanya mendapatkan kesempatan main di tim reserve, itu adalah sesuatu yang cukup baik bagi Ezra.

Mengenali atmosfer sepakbola Inggris dari tim reserve, yang notabene berbeda dengan atmosfer sepakbola di Belanda, adalah hal yang bisa dilakukan oleh Ezra. Jika ia berhasil dalam proses adaptasinya di Inggris, maka ia akan menjelma menjadi penyerang potensial. Ia bisa saja menjadi Ruud van Nistelrooy selanjutnya.

Namun, itu dengan catatan ia mau belajar dari bawah. Karena, efek dari keberhasilan Ezra beradaptasi dengan sepakbola Inggris ini bukan hanya akan menjadi keuntungan bagi dirinya saja, melainkan juga bagi timnas Indonesia, negara tempat Ezra bernaung.

Semua prediksi di atas bisa berlaku, dengan catatan jika West Ham jadi merekrut sosok Ezra Walian. Tapi, mendengar pernyataan dari agennya, Wide Ananda Putra, tampaknya Ezra dalam waktu dekat sudah bisa berseragam West Ham.

"Belum kontrak. Masih negosiasi, yang pasti ada obrolan lanjutan setelah trial kemarin," ujar Wide disitat dari CNN Indonesia.

Komentar