Daripada Satu Neymar, Lebih Baik Beli Satu Kesebelasan Saja

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball | plus Supporter

Daripada Satu Neymar, Lebih Baik Beli Satu Kesebelasan Saja

Ada banyak hal yang membuat semakin merebaknya isu kepindahan Neymar Jr. dari Barcelona ke Paris Saint-Germain (PSG) menjadi buah bibir. Selain karena sosoknya yang terbilang sentral di lini depan Barcelona, harga yang siap dikucurkan PSG untuk memboyong bintang asal Brasil itu pun tak luput dari perhatian.

Kubu Barcelona mengizinkan Neymar pergi asal klub peminat sang pemain, dalam hal ini adalah PSG, berani mengaktifkan klausul pelepasan Neymar sebesar 196,61 juta paun. Bukan harga yang murah tentunya, dan berpotensi membuat peminat mundur perlahan. Namun, PSG tak main-main dengan keinginannya. Mereka siap mengaktifkan klausul pelepasan mantan penggawa Santos tersebut.

Entah apa yang ada dalam pikiran para petinggi PSG yang mau mengucurkan dana selangit hanya untuk membeli satu pemain. Dengan jumlah 196,61 juta paun, PSG sebenarnya bisa mengalokasikan dana tersebut untuk membeli 11 pemain sekaligus, dengan kualitas yang bisa dibilang cukup mumpuni.

Menurut data harga pemain yang dilansir dari Transfermarkt berdasarkan transaksi yang sudah terjadi menjelang musim 2017/2018 ini, dan dengan mengecualikan transaksi tanpa biaya (free transfer), maka dengan jumlah uang 196,61 juta paun tersebut PSG bisa saja membentuk tim baru dengan skema 4-3-3 dengan runutan pemain seperti di bawah ini.

Pada posisi penjaga gawang, mereka bisa mendatangkan Wojciech Szczesny yang deitebus dengan harga 10,37 juta paun oleh Juventus dari Arsenal. Setelahnya, ada bek kanan anyar Manchester City, Danilo, yang bisa mereka ambil juga, karena mantan penggawa Real Madrid itu memiliki harga 25,50 juta paun. Sebagai tandem Danilo, Ricardo Rodriguez dari AC Milan bisa turut diboyong juga dengan harga 15,30 juta paun.

Kemudian pada posisi bek tengah, ada banyak pilihan lagi, tapi dua di antaranya adalah Niklas Sule dan Medhi Benatia. Sule yang kini menjadi bagian dari Bayern Muenchen memiliki banderol sebesar 17 juta paun. Ia bisa diduetkan dengan Benatia yang memiliki harga sebesar 14,45 juta paun.

Berlanjut ke sektor tengah, PSG bisa memboyong Tiemoue Bakayoko yang dengan harga 34 juta paun, seperti yang Chelsea bayarkan untuk Monaco. Jika tidak didahului Chelsea, Bakayoko bisa menjadi pembelian potensial PSG mengingat perannya yang cukup vital bagi Monaco pada musim lalu. Klub ibu kota Prancis itu bisa menjadikan Bakayoko sebagai gelandang bertahan andalan.

Mengapit Bakayoko, ada Youri Tielemans yang kini menjadi bagian dari skuat Monaco yang sebenarnya bisa mereka bajak untuk diplot sebagai gelandang tengah. Tielemans punya harga sebesar 21,25 juta paun. Kemudian untuk gelandang serang, mereka bisa membeli Hakan Calhanoglu yang memiliki harga 18,70 juta paun.

Beralih ke barisan depan, ada tiga pemain seperti Nolito, Juan Cuadrado, dan penyerang tengah Javier "Chicharito" Hernandez yang bisa mereka boyong. Nolito dibanderol dengan harga 7,65 juta paun dan bisa diandalkan sebagai penyerang sayap kiri. Sementara Cuadrado yang dibanderol 17,00 juta paun bisa mereka beli untuk ditempatkan di sektor sayap kanan. Selanjutnya, Chicharito memiliki harga 15,13 juta paun ketika dibeli oleh West Ham United.

Selain ketiga nama penyerang tersebut, PSG juga punya banyak pilihan, misalnya Hirving Lozano (6,83 juta paun), Kingsley Coman (17,85 juta paun), atau Yevhen Konoplaynka (10,6 juta paun).

Melihat harga dari 11 pemain yang disebutkan di atas, dari total pagu yang disiapkan PSG untuk Neymar, mereka sebenarnya masih memiliki sisa 260 ribu paun. Sebab, bila ditotal harga dari 11 pemain tersebut jumlahnya 196,35 juta paun. Jadi ada sisa yang mungkin bisa mereka dapatkan andai pagu tersebut mereka manfaatkan untuk 11 pemain seperti di bawah ini:

Daripada beli satu orang Neymar, mending beli satu kesebelasan aja. Ye, gak?

A post shared by PanditFootball.com (@panditfootball) on

Jadi, kalau memang ada yang mau mengeluarkan uang 196,61 juta paun dalam satu waktu, mending beli satu Neymar atau sebelas pemain di atas?

Komentar