Benarkah Marouane Fellaini Penting bagi United?

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Benarkah Marouane Fellaini Penting bagi United?

Jose Mourinho sudah menentukan sikapnya soal masa depan Marouane Fellaini. Dalam konferensi pers yang dilaksanakan pada Senin (31/7/2017) dini hari WIB pasca kemenangan 3-0 atas tuan rumah VĂ¥lerenga di pertandingan persahabatan, ia mengungkapkan bahwa Fellaini adalah sosok yang penting di Manchester United.

Berita mengenai Fellaini sempat menjadi hangat dalam bursa transfer musim panas 2017. Sempat beredar kabar jika gelandang tim nasional Belgia tersebut akan segera berseragam Galatasaray. Kesebelasan yang berkompetisi di Liga Super Turki tersebut mengungkapkan bahwa mereka sudah hampir menyelesaikan proses negosiasi Fellaini.

Namun, dalam konferensi pers yang digelar pada Senin (31/7/2017) dini hari, Mourinho selaku manajer Manchester United langsung mengungkapkan pendiriannya soal Fellaini. Ia menyebut bahwa Galatasaray lebih mudah mendapatkan dirinya sebagai manajer mereka daripada sosok Fellaini, yang sudah Mou anggap sebagai bagian penting dari skuat United.

"Lebih mudah bagi Galatasaray untuk mendapatkan saya daripada Marouane [Fellaini]. Jika mereka membutuhkan manajer, maka mereka punya kesempatan. Tapi Marouane? Lupakan saja. Ia adalah pemain penting di tim," ujar Mou seperti disitat dari Sky Sports.

Selain membicarakan soal Fellaini, Mou pun sedikit menyinggung kabar perihal kepindahan Matic yang selangkah lagi akan segera berseragam Manchester United. Ia memilih untuk "menunggu kabar" dan melihat situasi soal kepindahan Matic yang kabarnya akan mengenakan jersey no. 31 di United ini, jersey yang sebelumnya dikenakan oleh Bastian Schweinsteiger yang sudah pindah ke MLS, serta sebelum Schweinsteiger menggunakannya juga sempat dipakai oleh Fellaini.

"Saya masih menunggu kabar. Saya tahu ia (Matic) sudah sangat ingin berseragam United dan kesempatannya untuk berseragam United pun cukup besar. Tapi dalam sepakbola, sebelum semuanya bersifat ofisial, maka saya menolak untuk berspekulasi karena bisa saja sesuatu terjadi. Saya tidak akan berbicara lebih jauh soalnya," ungkap Mou.

Kembali kepada Fellaini, Mou mengatakan bahwa dirinya adalah sosok yang cukup penting di tubuh Manchester United. Tapi, apakah memang benar Fellaini sepenting itu?

Sedikit menakar peran Fellaini

Selama berseragam United, Fellaini banyak beroperasi sebagai holding midfielder maupun sebagai central midfielder. Namun, posisi Fellaini tidak terpatok di tengah, karena terkadang ia pun ditempatkan di depan sebagai penyerang, karena punya kemampuan memantulkan bola dan duel udara yang cukup baik.

Jika harus menyebut pentingnya Fellaini untuk skuat Manchester United, maka kita bisa melihat statistik yang ia torehkan pada musim 2016/2017. Mou sendiri berkeputusan untuk tetap menahan Fellaini setelah pemain berambut kribo tersebut mencetak gol dalam laga uji tanding melawan VĂ¥lerenga.

Selama musim 2016/2017, Fellaini mencatatkan aksi bertahan yang cukup baik. Ia berhasil menorehkan angka dua kali tekel per pertandingan (tertinggi ke-8 di United), satu kali intersep per pertandingan (tertinggi ke-13), serta menorehkan 1,9 kali sapuan per pertandingan (tertinggi ke-12). Angka-angka tersebut membuatnya menjadi pemain yang cukup banyak mencatatkan aksi bertahan di United.

Namun, ada sisi lain yang membuat Mou tampaknya begitu ingin mempertahankan Fellaini. Pemain berusia 29 tahun mencatatkan rataan memenangkan duel udara tertinggi di United, yaitu sebesar 3,4 per pertandingan. Kemampuan duel udara inilah yang menjadi nilai plus Fellaini, apalagi Mou kerap memeragakan permainan direct, membutuhkan pemain yang pandai mengambil bola udara dalam situasi open play ataupun set-piece.

Hal inilah yang membikin Fellaini menjadi pemain penting di skuat United. Meski terkadang ia kerap memeragakan permainan yang sedikit kasar (rataan pelanggarannya 1,5 per pertandingan, tertinggi ke-6 di United), ia punya nilai lebih yang sudah bisa dilihat oleh Jose Mourinho.

Maka, tak heran dengan nilai lebih yang Fellaini miliki ini, ia dianggap sebagai salah satu aset penting untuk United. Namun, jika kelak Fellaini berulah, bukan tidak mungkin akan ada sesuatu yang terjadi.

Komentar