Ketika Gerrard, Del Piero, Pires dan Legenda Sepakbola Lainnya Kembali Berkompetisi | Pandit Football Indonesia

Ketika Gerrard, Del Piero, Pires dan Legenda Sepakbola Lainnya Kembali Berkompetisi

Berita

by Abelio Pramayoga

Abelio Pramayoga

True football fans and an introvert writer. #RESPECT

Ketika Gerrard, Del Piero, Pires dan Legenda Sepakbola Lainnya Kembali Berkompetisi

Steven Gerrard, Michael Ballack, Alessandro Del Piero, Yakubu Aiyegbeni, Robert Pires, Carles Puyol dan sederet legenda sepakbola lainnya kembali mewakili negaranya masing-masing melawan satu sama lain. Tentu mereka tidak memperkuat tim nasionalnya dalam laga persahabatan resmi karena semua pemain itu sudah pensiun.

Mereka dipertemukan kembali dalam sebuah turnamen sepakbola six-a-side bertajuk "Star Sixes". Turnamen ini baru diluncurkan tahun ini dan mengundang 12 negara yang berisikan pemain-pemain hebat pada masanya. 12 negara tersebut antara lain Brasil, Denmark, Prancis, Jerman, Spanyol, Nigeria, Portugal, Skotlandia, Meksiko, Tiongkok, Italia dan tuan rumah Inggris.

Turnamen ini bertujuan untuk mempertemukan pemain yang sudah pensiun untuk bertarung dalam sebuah laga kompetitif membela negaranya masing-masing. Penyelenggara turnamen ini percaya bahwa para pemain yang pensiun ini bisa tetap bermain dalam level tertinggi.

Format turnamen ini terdiri dari fase grup dan babak gugur. Di fase grup, setiap tim bermain selama 20 menit dalam satu babak tanpa penalti dan perpanjangan waktu. Sementara di fase gugur, pertandingan berlangsung 2 x 15 menit. Jika pertandingan berakhir imbang, maka akan langsung berlanjut ke adu penalti. Setiap tim membawa 10 pemain dengan 6 pemain di lapangan dan salah satunya ditunjuk sebagai kapten dan pelatih timnya masing-masing. Sementara empat sisanya menjadi cadangan.

Salah satu pemain yang hadir, Robert Pires, mengatakan turnamen ini bagus untuk tetap membuat pemain yang tak aktif untuk unjuk gigi lagi di laga kompetitif.

"Ini akan menjadi turnamen yang jauh berbeda. Digelar di dalam ruangan, lapangan yang lebih kecil dan fans bisa melihat lebih banyak dribbling dan kemampuan lainnya. Saya senang bisa menjadi bagian dari turnamen ini. Saya seorang petarung dan meskipun saya sudah pensiun, ketika Anda bermain bola, hal yang paling penting adalah menang," ucap Pires dilansir situs resmi Star Sixes.

Star Sixes sudah bergulir 13 Juli lalu dan akan berakhir pada dini hari nanti. Sebelumnya, turnamen Star Sixes baru saja merampungkan babak perempatfinal dini hari tadi. Spanyol menghantam Nigeria 8-1, tuan rumah Inggris disingkirkan Denmark 3-1, Italia dikalahkan Prancis 4-2 dan Brasil yang menang melawan Jerman 3-1. Spanyol akan berjumpa Perancis sementara Brazil menghadapi Denmark di semifinal. Usai pertandingan semifinal, turnamen langsung dilanjutkan dengan perebutan tempat ketiga dan Final.

Rencananya, turnamen ini akan kembali dilangsungkan dalam waktu dekat dan Asia dikabarkan akan menjadi tujuan berikutnya. Berikut beberapa aksi dan gol-gol menarik dari pemain-pemain yang berpartisipasi dalam Star Sixes.

Komentar