West Ham United Siap Tampung Joe Hart

Berita

by Abelio Pramayoga

Abelio Pramayoga

True football fans and an introvert writer. #RESPECT

West Ham United Siap Tampung Joe Hart

Kiper Manchester City, Joe Hart, dikabarkan akan meneken kesepakatan pinjaman jangka panjang bersama West Ham United akhir pekan ini. Pemain yang menghabiskan semusim bersama Torino musim lalu itu diberi opsi pembelian permanen seharga 10 juta paun. Hart yang sebelumnya selalu menjadi andalan Manchester City terdepak setelah Pep Guardiola mengambil alih kepelatihan City.

Pep lebih memilih merekrut Claudio Bravo yang kala itu dibeli dari Barcelona. Pep saat itu membutuhkan kiper yang bisa memulai serangan dan seorang sweeper-keeper seperti Manuel Neuer, mantan anak asuhnya di Bayern Muenchen. Selain itu, Hart juga tampil buruk pada Piala Eropa 2016 yang mungkin menjadi alasan lain Guardiola mendepak dirinya.

Secara mengejutkan, Hart memilih Torino sebagai tujuan berikutnya dan ia pun menjadi kiper Inggris pertama yang bermain di Serie A sejak dicetus tahun 1929. Sempat menjalani debut yang buruk pada awal September, ia kemudian berhasil menjaga gawangnya nirbobol di dua pertandingan berikutnya kontra Pescara dan Empoli. Ia tampil 36 kali bersama Torino.

Kepindahannya ke Torino sempat membuat masa depannya dipertanyakan. Dilansir Football.London, Hart mengisyaratkan takkan bermain lagi untuk The Citizens karena ia merasa sudah tak ada kecocokan lagi.

"Saya rasa City takkan mempertahankan saya di musim berikutnya. Jika ada yang menginginkan saya, saya mungkin akan dijual. Jadi sekarang adalah soal berbicara dengan klub manapun yang ingin merekrut saya untuk keputusan terbaik. Saya dikirim ke sini [Torino] bukan karena mereka ingin melihat proses saya tapi karena saya tak diinginkan pelatih (Guardiola). Selain itu, saya pindah bukan untuk membuktikan diri saya tapi untuk mencari klub lain sebelum saya sempat memikirkannya."

"Jika saya memang harus kembali [ke City] -- yang kemungkinan takkan terjadi, itu bagus, tapi di sisi lain kembali dipinjamkan bukan hal yang bagus buat saya," ujar Hart soal masa depannya pada Mei lalu.

Arsitek West Ham United, Slaven Bilic, memang sedang mencari kiper berpengalaman setelah mereka tampil buruk musim lalu. Dua kiper West Ham saat ini, Darren Randolph dan Adrian, sebenarnya tampil cukup baik musim lalu. Namun, inkonsistensi performa keduanya menjadi masalah yang membuat mereka hanya finis di peringkat 11 musim lalu.

Pengalaman Hart yang cukup lama di Liga Primer bisa menjadi modal besar untuk memperbaiki pertahanan West Ham di Liga Primer. Ini juga menjadi kesempatan Hart untuk membuktikan dirinya belum habis di Liga Primer sekaligus pembuktian pada Manchester City yang telah membuangnya.

Komentar