Mereka yang Kandangnya Belum Ternodai di Liga 1 2017

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Mereka yang Kandangnya Belum Ternodai di Liga 1 2017

Tak terasa Liga 1 2017 sudah memasuki pekan ke-11. Berbagai pertandingan seru, menegangkan, sekaligus penuh dengan kontroversi mewarnai gelaran Liga 1 sampai pekan ke-11 ini.

Sampai pekan ke-11 ini, terselip sebuah catatan menarik perihal kandang. Dari 18 tim yang berlaga di Liga 1, ada sekira delapan tim yang masih mampu menjaga catatan apik saat berlaga di kandang sendiri. Kandang mereka belum tersentuh dan ternodai oleh kekalahan dari tim tamu yang datang bertandang.

Berikut adalah delapan tim yang masih mampu menjaga keperawanan kandang mereka sampai pekan ke-11 ini. Beberapa di antaranya bahkan termasuk tim penuh tradisi dalam kompetisi sepakbola Indonesia

PSM Makassar (Enam kali menang di kandang)

Sebagai tim yang untuk sementara ini memuncaki klasemen Liga 1 2017, apa yang ditorehkan oleh PSM Makassar di kandangnya pun terbilang cukup sensasional. Dari enam pertandingan kandang yang mereka jalani, mereka menyapu bersih semuanya dengan kemenangan. Beberapa lawan yang mereka taklukkan di kandang pun terbilang tim-tim yang cukup besar, macam Arema FC, Sriwijaya FC, Persija Jakarta, serta Persipura Jayapura.

Tak heran dengan catatan apik ini, PSM sukses memuncaki klasemen Liga 1 2017.

Madura United (Lima kali menang, dua kali imbang di kandang)

Madura United pun menjadi tim yang menorehkan performa yang cukup apik di kandang. Total dari tujuh laga yang digelar di kandang, Laskar Sape Kerrap sukses menorehkan lima kali kemenangan dan hanya meraih dua hasil imbang di kandang. Lima kemenangan yang mereka torehkan di kandang pun diraih dari lawan-lawan yang cukup kuat, macam Semen Padang, PS TNI, maupun Persipura Jayapura.

Mereka bahkan tak segan membantai lawan-lawannya di kandang. PS TNI mereka gilas 4-1, sedangkan Semen Padang mereka tundukkan dengan skor 6-0. Hasil-hasil di kandang ini pun membantu peraihan poin Madura United, yang sekarang duduk di peringkat dua klasemen sementara Liga 1 2017.

Persipura Jayapura (Tiga kali menang, sekali imbang di kandang)

Persipura Jayapura pun menjadi tim yang cukup apik ketika tampil di kandang dalam ajang Liga 1 2017. Sampai pekan ke-11, tercatat mereka menorehkan tiga kali kemenangan dan sekali imbang ketika bermain di Stadion Mandala, Jayapura. Penampilan di kandang ini setidaknya mampu menolong mereka bersaing dengan kontestan lain di Liga 1 2017.

Apiknya penampilan Persipura di kandang pun ditopang dengan penampilan apik mereka ketika tandang. Hal ini pun membuat Persipura sekarang berada di peringkat empat sementara klasemen Liga 1 2017, sekaligus menjaga peluang mereka meraih gelar juara.

Arema FC (Empat kali menang, dua kali imbang di kandang)

Dari enam laga yang sudah Arema FC jalani di kandang, Singo Edan pun menorehkan catatan apik kala mereka berlaga di kandang sendiri. Mereka sukses menorehkan empat kali menang dan dua kali imbang kala menjalani laga di kandang. Pekerjaan rumah bagi Arema, karena satu hasil imbang mereka raih dari tim yang sebenarnya bisa mereka taklukkan, yaitu Perseru Serui.

Walau tampil apik di kandang, namun Arema tampak sulit bersaing dengan kontestan lain dalam ajang Liga 1 2017. Hasil-hasil kurang apik yang diraih Arema kala menjalani laga tandang membuat mereka sekarang harus puas berada di peringkat enam sementara klasemen Liga 1 2017.

Mitra Kukar (Lima kali menang, sekali imbang di kandang)

Tim selanjutnya yang mampu tampil baik ketika bermain di kandang adalah Mitra Kukar. Naga Mekes berhasil menorehkan lima kali menang dan sekali imbang dari enam laga kandang yang mereka jalani di Stadion Aji Imbut. Mereka menyamai rekor tim-tim di atas yang belum terkalahkan kala berlaga di kandang.

Sekarang, mereka duduk di peringkat tujuh sementara klasemen Liga 1 2017. Kemenangan yang mereka raih di kandang cukup membantu mereka bersaing dengan tim lain.

Persib Bandung (Tiga kali menang, dua kali imbang di kandang)

Persib menjadi tim yang juga mencatatkan penampilan yang cukup baik ketika berlaga di kandang mereka, Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Melakoni lima partai kandang sampai pekan ke-11, Persib sukses meraih tiga kali kemenangan dan dua kali imbang, dengan tidak sekali pun menelan kekalahan.

Namun, penampilan yang buruk ketika berlaga di partai tandang membuat mereka tercecer di peringkat 12 sementara klasemen Liga 1 2017.

Borneo FC (Empat kali menang di kandang)

Secara mengejutkan, Borneo FC pun menorehkan performa apik ketika mereka bermain di kandang. Dari empat laga kandang yang mereka jalani di Stadion Segiri, Samarinda, Borneo sukses menorehkan empat kemenangan alias sapu bersih. Catatan yang cukup apik bagi tim yang dilatih oleh Dragan Djukanovic ini.

Namun, serupa dengan masalah Persib, kurang apiknya Borneo kala bermain tandang membuat mereka sulit merangsek naik di papan klasemen. Sekarang Borneo FC masih menghuni posisi 14 klasemen sementara Liga 1 2017.

Semen Padang (Tiga kali menang, dua kali imbang di kandang)

Sejak ISC A 2016 lalu, Semen Padang memang dikenal sebagai tim yang cukup kuat kala bermain di kandang. Hal itu masih bertahan sampai gelaran Liga 1 2017 pekan ke-11 ini. Kabau Sirah berhasil menorehkan tiga kali kemenangan dan dua kali imbang dari lima laga kandang yang mereka jalani.

Sama dengan apa yang dialami oleh Persib dan Borneo FC, rekor buruk Semen Padang kala berlaga tandang membuat mereka sulit bersaing dengan tim lain. Alhasil mereka sekarang hanya duduk di peringkat 15 sementara klasemen Liga 1 2017.

***

Tim-tim di atas menorehkan rekor kandang yang bagus sampai pekan ke-11. Beberapa bahkan ada yang sudah berhasil menembus papan atas Liga 1 2017 berkat penampilan apik mereka di kandang.

Namun, seperti yang dialami oleh Persib, Borneo FC, dan Semen Padang, penampilan apik di kandang tidak akan berarti ketika di laga tandang, mereka justru mengalami kekalahan dan gagal mendulang poin.

Komentar