Liverpool Harus Memperbaiki Konsistensi Mereka`

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball | plus Supporter

Liverpool Harus Memperbaiki Konsistensi Mereka`

Liverpool meraih pencapaian yang cukup bagus di musim 2016/2017. Klub berjuluk The Reds itu finis di posisi empat besar. Capaian ini membuat mereka berhak tampil di babak kualifikasi Liga Champions musim depan.

Mantan kapten Liverpool, Steven Gerrard, sangat mengapresiasi kinerja Adam Lallana dkk. musim ini. Mantan penggawa LA Galaxy itu percaya bahwa pada musim depan Liverpool bisa meraih pencapaian yang jauh lebih baik lagi.

Ada beberapa faktor yang membuat Gerrard begitu yakin bahwa klub yang pernah dibelanya sejak tahun 1998 hingga 2015 itu akan meraih kejayaan pada musim depan. Salah satunya adalah faktor pelatih. Pria berusia 37 tahun itu menganggap arsitek Liverpool saat ini, Juergen Klopp memiliki kapasitas yang mumpuni.

Pelatih asal Jerman itu juga sangat dicintai dan dihormati oleh para pemain. Hal yang paling penting, selain piawai dalam urusan taktik, Klopp juga bisa memotivasi para pemain untuk membangkitkan semangat mereka dalam meraih kemenangan jadi berlipat-lipat.

"Kami memiliki manajer yang fantastis yang mengendalikan tim sangat baik. Saya pikir Liverpool sangat, sangat dekat untuk mencapai prestasi yang lebih bagus di musim depan" kata Gerrard kepada BT Sport.

Meski begitu, Gerrard melihat masih ada beberapa kekurangan yang harus diperbaiki bila kejayaan ingin diraih oleh para The Anfield Gank pada musim depan. Salah satu yang disoroti adalah konsistensi permainan, terlebih saat menghadapi lawan yang di atas kertas levelnya berada di bawah Liverpool.

Pada musim lalu Liverpool memang sangat perkasa ketika menghadapi lawan yang selevel dengan mereka seperti Manchester United, Arsenal, Chelsea, Tottenham Hotspur, Everton, dan Manchester City. Bertemu dengan enam tim tersebut, Liverpool punya rekor yang bagus dengan tidak sekalipun menelan kekalahan selama di kompetisi Liga Primer musim 2016/2017.

Namun mereka justru sering tersungkur ketika menghadapi lawan yang levelnya berada di bawah mereka. Musim ini, beberapa tim medioker seperti AFC Bournemouth, Swansea City, Hull City, hingga Crystal Palace mampu mengalahkan The Reds, beberapa bahkan bisa mengalahkan Liverpool di Stadion Anfield, marka The Reds.

Tentu itu bukanlah hal yang patut diapresiasi, karena kekalahan dari tim-tim tersebut Liverpool jadi banyak kehilangan poin yang kemudian membuat mereka gagal meraih gelar juara di Liga Primer. Gerrard mengungkapkan, seandainya mereka bisa lebih konsisten maka gelar juara pasti bisa diraih, karena Liverpool sedikit membuang poin mereka.

“Jika Anda melihat statistik di enam besar, mereka adalah tim terbaik dalam hal head-to-head. Liverpool tahu di mana mereka harus memperbaiki konsistensi mereka saat melawan tim yang berada di bawah mereka,” tegas Gerrard.

Meski begitu, ia percaya bahwa Klopp juga pasti jeli melihat inkonsistensi Liverpool saat menghadapi tim di bawah mereka adalah masalah yang harus segera diselesaikan. Ia yakin bahwa dengan segala upaya dari para pemain dan kapasitas Klopp sebagai pelatih hebat, masalah tersebut pasti bisa diatasi.

“Mudah-mudahan kami bisa memperbaiki berbagai hal yang kurang. Saya sangat yakin Liverpool bisa terus maju dan sukses,” tukasnya.

Komentar