Jalan Terjal Italia U20 Menuju Semifinal Piala Dunia Pertama Mereka

Berita

by Sandy Firdaus 29189

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Jalan Terjal Italia U20 Menuju Semifinal Piala Dunia Pertama Mereka

Walau hanya level U20, tapi jalan menuju babak semifinal tentu sulit, seperti halnya turnamen-turnamen yang lain. Italia U20 pun berhasil melalui semua rintangan itu, dan pada akhirnya sukses melaju ke babak semifinal Piala Dunia U20, bahkan untuk pertama kalinya.

Lolosnya Italia U20 ke babak semifinal Piala Dunia U20 ini setidaknya bisa mengobati luka masyarakat Italia, yang masih dirundung sedih karena Juventus kalah di babak final Liga Champions serta adanya ledakan di Turin yang berasal dari petasan yang membuat beberapa orang yang nonton bareng partai final Juve-Madrid mengalami luka-luka. Apalagi, perjalanan yang mereka catatkan menuju ke babak semifinal ini terhitung cukup terjal dan berat.

Sejarah Italia Sepanjang Piala Dunia U20

Timnas Italia tidak diragukan lagi memiliki sejarah yang cukup baik dalam gelaran Piala Dunia dengan raihan empat trofi yang sudah mereka torehkan. Mereka juga pernah meraih sekali trofi Piala Eropa, yakni pada 1968. Bersama dengan negara-negara Eropa lain, Italia kerap menjadi unggulan dalam ajang macam Piala Dunia ataupun Piala Eropa. Namun, hal yang berbeda dialami oleh timnas U20 mereka.

Sejak mulai diselenggarakan pada 1977 di Tunisia, timnas U20 Italia tidak pernah mencatatkan prestasi yang cukup baik dalam ajang Piala Dunia U20. Bahkan dalam rentang 1989 sampai 2003, Azzurrini tidak pernah sekalipun masuk ke putaran final Piala Dunia U20. Sebuah prestasi yang cukup jomplang jika dibandingkan dengan timnas senior mereka yang kerap masuk menjadi unggulan dalam ajang turnamen antar negara.

Tapi, walau dalam ajang Piala Dunia U20 mereka jarang berprestasi, dalam Piala Eropa U21 Azzurrini menjadi penguasa dengan raihan lima kali gelar dari tujuh gelaran Piala Eropa U21 yang sudah diadakan.

Sebelum 2017 ini, prestasi terbaik timnas Italia U20 hanya sampai babak delapan besar saja. Baru pada 2017, timnas Italia U20 mencatatkan sejarah dengan lolos ke babak semifinal untuk pertama kalinya.

Perjalanan Italia U20 di Piala Dunia U20 2017 Korea Selatan

Perjalanan Italia sebelum masuk ke babak semifinal Piala Dunia U20 2017 Korea Selatan terhitung berat. Di fase grup, mereka tergabung dengan Uruguay, Afrika Selatan, dan Jepang. Italia pun lolos ke babak 16 besar berstatus sebagai runner-up Grup D. Itu pun mereka memiliki poin yang sama dengan Jepang, namun mereka unggul selisih gol atas Jepang.

Di babak 16 besar, Italia harus menghadapi negara yang cukup kuat, yaitu Prancis. Namun, dengan semangat serta permainan yang baik, Italia akhirnya berhasil mengalahkan Prancis U20 yang tidak diperkuat Ousmane Dembele dan Kylian Mbappe dengan skor 1-2. Italia pun berhak lolos ke babak delapan besar.

Pada babak ini, babak yang kerap menjadi langkah mati bagi Italia, Azzurrini sempat mengalami kesulitan. Lawan mereka, Zambia, mampu memberikan kesulitan bagi Italia, yang harus bermain dengan 10 orang sejak babak kedua setelah Giuseppe Pezzella menerima kartu merah akibat melanggar dengan keras pemain Zambia yang akan mencetak gol.

Namun dalam situasi sulit tersebut, Italia mampu memberikan perlawanan kepada skuat Zambia. Setelah memberikan perlawanan yang sengit, Italia akhirnya mampu memenangkan pertandingan dengan skor 3-2, setelah Luca Vido mampu mencetak gol kemenangan pada babak perpanjangan waktu.

Untuk pertama kalinya, Italia melangkahkan kaki mereka ke babak semifinal Piala Dunia U20. Di babak semifinal, mereka akan menghadapi Inggris U20 yang diperkuat oleh pemain yang baru saja memutuskan untuk pindah ke Liverpool, Dominic Solanke.

Pemain-Pemain Menjanjikan dari Italia U20

Timnas U20 Italia ini berisikan pemain-pemain yang cukup menjanjikan. Selain ada nama Riccardo Orsolini dan Luca Vido, ada juga nama-nama lain macam Andrea Zaccagno serta Federico Dimarco. Pemain-pemain ini, walau masih berusia muda sudah merasakan ketatnya kompetisi karena mereka kebanyakan digodok di kompetisi Serie B, Serie C, serta Serie D. Beberapa bahkan sudah pernah ada yang mengecap penampilan di Serie A Italia.

Dengan pengalaman para pemainnya yang sudah mulai banyak berlaga di kompetisi domestik, Italia memiliki bekal yang cukup untuk menjuarai turnamen Piala Dunia U20 ini. Namun, pencapaian mereka yang sekarang sudah menjejakkan kaki di semifinal ini, setidaknya sudah membuat timnas Italia U20 pada 2017 mencatatkan diri mereka dalam sejarah.

Namun, jika memang ada peluang menjadi juara, kenapa tidak dikejar saja?

foto: @azzurri

Komentar