Sepekanbola 2-8 Januari 2017 | Pandit Football Indonesia

Sepekanbola 2-8 Januari 2017

Berita

by Muhammad Firza Richsan

Muhammad Firza Richsan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Sepekanbola 2-8 Januari 2017

Kehidupan sepakbola seolah tak pernah berhenti setiap harinya. Menit ke menit, jam ke jam, sepakbola pasti selalu menghadirkan cerita yang berbeda. Begitu pun dengan tahun 2017 yang baru saja dibuka, tawa bahagia dan linangan air mata pun langsung menghiasi para pencinta sepakbola. Kemenangan dan kekalahan, masuk dan keluarnya pemain kesayangaan sering kali menjadi penyebabnya.

Bagi para pendukung City, mereka sempat dibuat was-was dengan pernyataan Pep Guardiola yang akan segera mengakhiri karier kepelatihannya di dunia sepakbola. Bagi para pendukung Tottenham, mereka baru saja berjingkrak setelah tim kesayangannya mampu menghentikan rentenan kemenangan beruntun milik rivalnya.

Begitu pun dengan para pendukung Juventus yang dibuat jengkel dengan sikap Axel Witsel yang lebih memilih untuk menyebrang ke Tiongkok demi melanjutkan kariernya. Sementara para pendukung Persebaya, Bonekmania, akhirnya bisa bersujud sukur dan merasa lega setelah tim yang sudah menjadi darah dagingnya kembali dapat meramaikan kancan sepakbola Indonesia di musim depan.

PanditFootball Indonesia pun akan mencoba merangkum beberapa fakta menarik yang terjadi di sepakbola setiap Minggunya. Dan berikut adalah kejadian-kejadain yang telah terjadi di sepakbola dalam waktu satu pekan, yang dimulai dari 2 Januari 2016 hingga 8 Januari 2016:

Senin, 2 Januari 2017

  • Gelandang timnas Brasil, Oscar, akhirnya mendaratkan kakinya di Shanghai, Tiongkok. Kedatangan Oscar itu pun disambut meriah oleh para pendukung klub Shanghai SIPG, dengan membawa beberapa karangan bunga untuk mengiringi kedatangannya. Oscar resmi ditebus Shanghai SIPG dari Chelsea dengan mahar yang diperkirakan mencapai 60 juta paun pada tanggal 23 Desember 2016 lalu.

Selasa, 3 Januari 2017

  • Juventus resmi mendaratkan gelandang, yang juga menjadi kapten Timnas Venezuela, Tomas Rincon dari Genoa dengan dana sebesar 8 Juta Euro. Bersama Juventus, Rincon akan mengenakan nomor punggung 28.
  • Mantan gelandang Liverpool, Alberto Aquilani, resmi pindah ke Sassuolo dengan status pinjaman dari Pescara. Nama Aquilani sempat melejit ketika dirinya masih memperkuat lini tengah AS Roma. Aquilani pun akhirnya diboyong oleh Liverpool pada tahun 2009. Namun kariernya di Liverpool justru merosot tajam, setelah itu, Aquilani pun lebih sering berpindah-pindah klub.
  • Penyerang timnas Indonesia, Irfan Bachdim, dinyatakan pulih dari cedera. Pada sebelumnya, Bachdim harus memupus mimpinya untuk membela Indonesia di ajang Piala AFF 2016 karena mengalami cedera setelah berbenturan dengan Hansamu Yama dalam sesi latihan menjelang keberangkatan tim menuju Filipina.
  • Jordan Larsson, anak dari legenda Swedia, Henrikh Larsson resmi hijrah ke Eredivisie Belanda untuk memperkuat NEC. Sama seperti sang ayah, Jordan pun berposisi sebagai seorang penyerang.

Rabu, 4 Januari 2017

  • Leicester City akhirnya resmi mendatangkan Wilfred Ndidi dari klub Belgia, RC Genk, dengan dana transfer sebesar 15 juta paun. Gelandang asal Nigeria tersebut disebut-sebut akan diproyeksikan sebagai pengganti N’golo Kante yang hijrah ke Chelsea di awal musim.
  • Mantan pemain Leeds dan Manchester United, Alan Smith, ditunjuk sebagai caretaker klub League Two Inggris, Notts County, untuk menggantikan posisi John Sheridan yang dipecat oleh klub beberapa hari sebelumnya. Hal ini pun menjadi yang pertama kalinya bagi Smith untuk terjun ke dalam dunia kepelatihan.
  • Victor Igbonefo tetap melanjutkan kariernya di luar negeri setelah dirinya meneken kontrak dengan salah satu klub asal Thailand, Nakhon Ratchasima. Keputusan yang diambil oleh Igbonefo pun memupus harapan PSM Makassar dan Arema FC yang dikabarkan tergiur untuk menariknya.
  • Empat mantan pemain Persib; Muhammad Taufiq, Samsul Arif, Dias Angga Putra, dan Yandi Sofyan, akhirnya resmi diperkenalkan oleh Bali United sebagai pemain anyar mereka. Kepindahan empat pemain ini terjadi setelah pelatih Persib, Djajang Nurjaman, mencoret nama mereka dari daftar rencananya untuk musim depan.
  • Torino mendapatkan amunisi baru untuk mengarungi sisa musim ini setelah resmi mendaratkan dua pemain AS Roma, Iaqo Falque dan Juan Iturbe. Falque didatangkan dengan banderol sebesar 5 juta Euro, sedangan Iturbe berstatus sebagai pemain pinjaman.

Kamis, 5 Januari 2017

  • Federasi Sepakbola Inggris (FA) akhirnya menjatuhkan hukuman larangan bertanding sebanyak empat kali kepada gelandang Manchester City, Fernandinho. Hukuman ini diberikan setelah Fernandinho melakukan takel berbahaya, yang juga menyebabkan dirinya di kartu merah, ketika City berhadapan dengan Burnley.
  • Berbeda dengan Fernandinho, gelandang West Ham, Sofiane Feghouli terbebas dari hukuman tambahan setelah FA menganulir kartu merah yang diterimanya di laga melawan Manchester United (3/1). Hal ini pun sempat menjadi perdebatan karena kartu merah yang diterima oleh Feghouli sangat tidak layak untuk didapatkannya.
  • James Rodriguez berhasil mempersembahkan dua dari tiga gol kemenangan Real Madrid atas Sevilla di leg pertama babak 16 besar Copa del Rey musim ini. James pun nampaknya akan mulai kembali dipercaya oleh Zinedine Zidane setelah pada sebelumnya selalu diberitakan akan segera hengkang dari Madrid.

Jumat, 6 Januari 2017

  • Pemain sayap Leicester City, Riyad Mahrez, terpilih sebagai pemain terbaik benua Afrika 2016. Pemain asal Aljazair tersebut mendapatkan 361 suara, mengungguli Aubameyang dan Saido Mane yang masing-masing mendapatkan 313 dan 186 suara.
  • Persib Bandung harus gigit jari setelah penyerang asing asal Brasil, Patrick Cruz, resmi menandatangani kontrak dengan salah satu klub Vietnam, Saigon FC. Kabar ini pun membuat kubu Persib kecewa, karena pada sebelumnya Patrick dikabarkan telah pasti akan merumput bersama tim berjuluk Maung Bandung tersebut.

Sabtu, 7 Januari 2017

  • West Ham United kembali membuat para pendukungnya kecewa berat. Menjamu Manchester City di kandang, West Ham mampu diluluhlantahkan dengan skor telak lima gol tanpa balas oleh tim tamu. Dengan hasil ini, manajer West Ham, Slaven Bilic, pun disebut-sebut akan segera menerima surat pemecatan.
  • Real Madrid berhasil menyamai catatan 39 kali tak terkalahkan yang pernah dipegang oleh Barcelona. Menjamu Granada dalam lanjutan La Liga, El Real berhasil menang telak dengan skor 5-0. Gol-gol kemenangan Madrid di laga ini dicetak oleh Isco dua kali, Karim Benzema, Cristiano Ronaldo, dan Casemiro.

Minggu, 8 Januari 2017

  • Antoine Griezmann akhirnya mampu kembali mencetak gol setelah berpuasa gol selama 843 menit di ajang La Liga. Di laga itu pun, Atletico berhasil menang 2-0 atas tuan rumah Eibar. Satu gol kemenangan Atletico lainnya dicetak oleh Saul Niguez.
  • Pemain anyar Paris Saint-Germain, Julian Draxler, berhasil mencetak gol di laga debutnya bersama PSG kala menjamu Bastia di ajang Coupe de France. Di laga yang berkesudahan dengan skor 7-0 bagi kemenangan PSG itu, Draxler turun sebagai pemain pengganti pada menit ke-58.
  • PSSI menggelar Kongres pertamanya di tahun 2017. Kongres pertama PSSI di bawah pimpinan Edy Rahmayadi ini diselenggarakan di Hotel Aryaduta, Bandung. Adapun tujuan dari diadakannya Kongres ini adalah untuk, seperti: mengesahkan keanggotaan baru, memberhentikan sementara, penerimaan/penolakan terhadap tujuh klub bermasalah, mengesahkan komisi banding dan disiplin, juga mengumkan susunan lengkap kepengurusan PSSI periode 2016-2020, dll.
  • PSSI memutuskan Alfred Riedl tidak akan menukangi timnas Indonesia lagi. Sebagai gantinya, PSSI kini tengah mempertimbangkan nama Luis Fernandez dan Luis Milla.
  • Boaz Solossa dinobatkan sebagai pemain terbaik Torabika Soccer Championship 2016. Terpilihnya Boaz pun tidak terlepas dari andilnya yang berhasil mengantarkan Persipura Jayapura menjadi juara. Sedangkan untuk kategori pemain muda terbaik, berhasil disabet oleh Evan Dimas Darmono.
  • Villarreal kembali memaksa Barcelona gagal mempersembahkan kemenangan bagi para pendukungnya. Bermain di Estadio de la Ceramica, kedua tim harus mengakhiri laga dengan berbagi angka 1-1. Hasil ini pun membuat Barca harus tergeser dari posisi kedua klasemen oleh Sevilla.

Sumber lain: Goal, Sky Sport, Daily Mail, ESPN

Komentar