Memperingati Hari Lahir Juventus

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Memperingati Hari Lahir Juventus

Pada 1 November 1897, Juventus dibentuk di Turin oleh para mahasiswa di Massimo D`Azeglio Lyceum. Nama Juventus sendiri merupakan pengaruh dari hal ini (dibentuk oleh mahasiswa), karena artinya adalah "muda" dalam bahasa Italia. Sekarang ini Juventus adalah salah klub yang paling sukses di Italia.

Juventus, atau biasa yang disebut sebagai "Juve", pada awalnya berseragam merah muda dan hitam. Pada 1903, mereka menerima jersey strip hitam putih dari Notts County. Sejak saat itu mereka pun acap mengenakan jersey strip hitam putih dalam pertandingan-pertandingan yang mereka jalani. Akibat dari penggunaan jersey ini, mereka pun mendapatkan julukan Bianconeri, yang berarti si "hitam-putih".

Juve mendapatkan gelar liga pertama mereka pada 1905, setelah mengakhiri laga pada dua musim sebelumnya sebagai runner-up. Total sekarang mereka sudah meraih 32 trofi Serie A (jika dihitung dengan dua gelar yang dicabut karena skandal Calciopoli), dan di dalamnya beserta dengan lima Scudetto secara berturut-turut sejak 1930/1931 sampai 1935/1936. Mereka juga menjadi klub Italia dengan raihan Scudetto terbanyak.

Mereka juga menjadi klub yang cukup sukses di Eropa. Juventus berhasil masuk babak final Liga Champions selama delapan kali (termasuk babak final melawan Barcelona pada 2015/2016), dan berhasil menjuarai dua di antaranya, yaitu pada 1985 dan 1996. Namun pada 1985, kemenangan mereka ini disertai oleh tragedi Heysel, yang membunuh 39 orang yang hadir dalam partai final Liga Champions 1985 di Heysel yang mempertemukan Juventus dan Liverpool.

Tapi jika merujuk kepada statistik FIGC dan UEFA, mereka hanya mengakui Scudetto Juventus sebanyak 32, karena dua gelar mereka pada 2004/2005 dan 2005/2006 dicabut akibat skandal Calciopoli yang ketika itu melibatkan klub-klub di Italia. Juventus, sebagai salah satu klub yang terlibat, akhirnya harus terdegradasi ke Serie B pada musim 2006/2007.

Tapi tak butuh waktu lama bagi mereka untuk kembali ke Serie A semusim setelahnya (musim 2007/2008). Sempat terseok-seok, sekarang mereka kembali merengkuh status mereka sebagai salah satu klub besar di Italia.

Selamat ulang tahun, Juventus!

Komentar