Pratinjau Arsenal-Chelsea: Arsenal Bermasalah di Lini Belakang

Analisis

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Football Writer, Journalist, Photographer @Panditfootball

Pratinjau Arsenal-Chelsea: Arsenal Bermasalah di Lini Belakang

Badai cedera menerpa Arsenal jelang pertandingan menghadapi Chelsea di Emirates Stadium, Kamis (4/1) dini hari WIB. Dalam pertandingan bertajuk derby London itu Arsenal terancam tampil tanpa tujuh pilar andalan.

Santi Cazorla, Aaron Ramsey, Olivier Giroud, dan Nacho Monreal dipastikan absen karena masih berkutat dengan cedera. Tidak hanya itu, Laurent Koscielny, Mesut Oezil, dan Sead Kolasinac juga diragukan tampil karena masalah yang sama.

Saat Arsenal menghadapi tuan rumah West Bromwich Albion di Hawthorns Stadium pada 31 Desember lalu, Arsene Wenger terpaksa menarik keluar Kolasinac dan Koscielny karena mengalami masalah pada kakinya. Seusai pertandingan, terkonfirmasi bahwa Kolasinac mengalami cedera pergelangan kaki dan Koscielny menderita cedera otot achilles.

Sementara itu Oezil di laga melawan West Brom tidak bermain karena mengalami masalah pada lututnya. Namun proses pemulihan Oezil berlangsung lebih cepat. Dalam sesi konferensi pers jelang pertandingan, Wenger mengungkapkan bahwa peluang Oezil tampil di laga melawan Chelsea cukup terbuka.

"Sebenarnya kami memiliki skuat yang siap menghadapi badai cedera. Kami telah menunjukkannya di Liga Europa dan Piala Liga Inggris. Tapi kami tidak bisa kehilangan pemain lagi sekarang. Saat ini daftar cedera kami cukup panjang,” terang Wenger seperti dilansir dari Daily Mirror.

“Kami kehilangan Kolasinac dan Koscielny dalam pertandingan sebelumnya menghadapi West Brom. Keduanya memiliki sedikit kesempatan bermain. Koscielny kesempatannya hanya 30 persen. Sementara Oezil mungkin sudah melakukan tes pagi ini, dan akan kami pantau terus kondisinya,” sambungnya.

Melihat data pemain Arsenal yang mengalami cedera, tampak kepincangan terjadi di lini belakang. Setelah Monreal, Arsenal pun kehilangan Koscielny dan Kolasinac. Meski begitu Wenger tetap bisa menerapkan formasi dasar 3-4-2-1 saat menghadapi Chelsea dengan memasukkan Skhodran Mustafi sebagai pengganti Koscielny, yang akan melengkapi trio lini belakang bersama Chalum Chambers dan Per Mertesacker.

Pos fullback kiri yang ditinggalkan Kolasinac kemungkinan akan diisi oleh Maitland-Niles, yang akan menopang dua gelandang jangkar Granit Xhaka dan Mohamed Elneny, bersama Hector Bellerin yang akan diplot sebagai fullback kanan. Sementara Oezil, meski menurut kabar yang berkembang kondisinya semakin membaik, namun sepertinya mantan pemain Real Madrid itu tidak akan ditampilkan sebagai starter.

Kemungkinannya, Wenger akan memaksimalkan duet Danny Wellbeck dan Alexis Sanchez yang akan menopang pergerakan Alexandre Lacazette sebagai penyerang utama. Namun bila Oezil benar-benar siap ditampilkan sejak menit pertama, maka Wellbeck akan menunggu giliran bermain dari bangku cadangan.

Kemenangan atas Chelsea memang tidak akan membuat Arsenal langsung menggusur posisi Liverpool yang kini berada di atas mereka. Namun melalui tambahan tiga poin dari laga derby London setidaknya akan membuat Arsenal mereduksi selisih poin dengan Liverpool menjadi tiga angka.

Di sisi lain, Chelsea datang ke Emirates Stadium dengan kondisi yang jauh lebih baik dari Arsenal. Klub berjulukan The Blues itu hanya tidak bisa memainkan David Luiz yang masih mengalami cedera, sementara sisanya diprediksi siap tampil.

Pada pertandingan sebelumnya menghadapi Stoke City, Davide Zappacosta, Cesc Fabregas, Tiemoue Bakayoko, dan Eden Hazard tidak ditampilkan Antonio Conte. Namun di laga melawan Arsenal ketiganya diprediksi siap tampil. Selain itu, Andreas Christensen juga sudah pulih dari cedera dan siap memainkan peran di lini belakang bersama Cesar Azpilicueta dan Antonio Ruediger dalam skema dasar 3-4-3.

Modal lain yang dimiliki Chelsea meraup poin kala menghadapi Arsenal adalah performa impresif selama menghadapi jadwal padat di bulan Desember. Dalam lima pertandingan terakhir, Chelsea tidak terkalahkan dengan meraih empat kemenangan dan satu imbang.

Chelsea saat ini berada di peringkat tiga dengan 45 poin, tertinggal dua angka dari Manchester United di posisi dua. Tambahan tiga poin dari laga melawan Arsenal akan membuat Chelsea menggeser posisi Man United dari peringkat dua di klasemen sementara.

“Semua pemain saya bekerja dengan baik. Target utama saya adalah memiliki semua pemain saya di posisi puncak untuk paruh kedua musim ini,” terang Conte seperti dilansir dari Metro.

Di atas kertas, Chelsea diunggulkan meraih kemenangan atas Arsenal. Selain karena Chelsea akan tampil dengan skuat terbaiknya, performa Arsenal saat ini pun sedang tak stabil. Dari tiga pertandingan yang dilakoni di kompetisi domestik, Arsenal hanya meraih satu kemenangan, sementara dua laga lainnya berakhir imbang.

Melihat kondisi tersebut, Conte enggan menjadikan permasalahan Arsenal sebagai keuntungan yang bisa diambil oleh timnya untuk meraih tiga poin di derby London. “Setiap pertandingan melawan Arsenal penting bagi kami. Pertandingan esok hari akan kami manfaatkan untuk menampilkan yang terbaik agar bisa mendapatkan poin. Tapi ini tidak akan mudah, Arsene tentunya ingin melakukan hal yang sama.”

Foto: Twitter

Komentar