United, Barcelona, dan Juventus Bisa Lolos Walau Kalah

Analisis

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Tidak bisa berbahasa Finlandia.

United, Barcelona, dan Juventus Bisa Lolos Walau Kalah

Memasuki pertandingan kelima Liga Champions Eropa 2017/2018, sejumlah kesebelasan sudah memastikan diri lolos ke babak berikutnya. Sementara itu beberapa kesebelasan lain masih harus menentukan nasibnya pada pekan ini, bahkan hingga laga terakhir fase grup.

Di antara beberapa kesebelasan yang masih belum memastikan diri untuk lolos adalah Manchester United di grup A, serta Barcelona dan Juventus di grup D. Namun kami akan membahas persaingan kesebelasan yang masih berpeluang lolos dan akan bertanding malam nanti, yakni pertandingan di grup A sampai grup D.

Grup A

Manchester United, walau kalah, akan tetap lolos -- dengan catatan, CSKA tidak menang. Posisi United cukup aman sehingga tambahan satu poin dari pertandingan melawan Basel pun akan membawa United lolos sebagai juara grup.

Basel, sementara itu, hanya akan lolos dengan meraih kemenangan dari United dan di saat yang bersamaan, CSKA kalah dari Benfica.


Benfica, walau saat ini menempati peringkat terbawah tanpa koleksi satu poin pun, masih bisa bersaing memperebutkan dua peringkat teratas -- syaratnya, Basel harus kalah. Gagal menang berarti tertahan di peringkat empat, apa pun hasil pertandingan matchday enam nantinya.

Grup B

Dari Grup B, dua klub sudah dipastikan lolos ke fase gugur. Yang tersisa hanya perebutan peringkat teratas dan tiket ke Europa League.

Paris Saint-Germain, pimpinan klasemen sementara Grup B, akan mengamankan peringkat pertama jika menang atas Celtic dan Bayern Munchen tidak menang melawan Anderlecht. Jika Bayern kalah, maka PSG hanya perlu hasil imbang untuk menjadi juara grup.


Peringkat ketiga menjadi perebutan Celtic dan Anderlecht. Celtic akan dipastikan lolos ke Europa League jika menang dan Anderlecht tidak. Jika Celtic bermain imbang, tiket Europa League hanya akan menjadi milik mereka jika Anderlecht kalah.

Grup C

Bermain imbang di kandang Qarabag akan membawa Chelsea lolos ke fase gugur -- dengan catatan, Atletico Madrid tidak menang. Yang paling aman untuk Chelsea adalah: menang atas Qarabag.

Qarabag sendiri harus menang untuk menjaga peluang lolos ke fase gugur. Kalah dari Chelsea sementara Atletico menang akan menampatkan Qarabag di peringkat empat dan tetap di sana, tak peduli hasil pertandingan berikutnya.


AS Roma, pimpinan klasemen sementara, akan lolos dengan tambahan satu poin saja. Bonus jika menang sementara Chelsea tidak: Roma akan lolos sebagai juara grup.

Atletico sendiri butuh kemenangan untuk menjaga peluang lolos ke fase gugur. Imbang tak masalah, asal Chelsea kalah. Dengan situasi saat ini, bahkan peringkat tiga belum aman dalam genggaman Atletico -- lain cerita jika Atletico menang dan Qarabag kalah.

Grup D

Barcelona akan tetap lolos walau kalah di kandang Juventus -- selama Sporting CP bermain imbang melawan Olympiacos (apalagi jika Sporting kalah). Hasil imbang melawan Juventus saja akan membawa Barcelona lolos sebagai juara grup. Juventus, seperti Barcelona, akan tetap lolos walau kalah, selama Sporting tidak menang.


Sporting, karenanya, harus menang untuk menjaga peluang lolos ke fase gugur. Kalah berarti tak mungkin lolos ke fase gugur. Imbang pun akan berarti sama, jika Juventus tidak kalah. Walau demikian, hasil imbang akan membawa Sporting mengamankan, setidaknya, peringkat ketiga.

Posisi Olympiacos cukup rumit. Menang tak akan menjaga peluang mereka lolos ke fase gugur jika Juventus mendapat poin dari pertandingan melawan Barcelona. Bermain imbang berarti tertahan di peringkat empat hingga fase grup selesai.

Komentar