Syarat Liverpool dan Madrid untuk Lolos ke Fase Gugur

Analisis

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Tidak bisa berbahasa Finlandia.

Syarat Liverpool dan Madrid untuk Lolos ke Fase Gugur

Liga Champions pekan ke-5 akan dimulai pada Rabu (22/11) dini hari WIB. Memasuki pertandingan kelima, sejumlah kesebelasan sudah memastikan diri lolos ke babak berikutnya. Sementara itu beberapa kesebelasan lain masih harus menentukan nasibnya pada pekan ini, bahkan hingga laga terakhir fase grup.

Di antara beberapa kesebelasan yang masih belum memastikan diri untuk lolos adalah Liverpool di grup E dan Real Madrid di grup H. Namun kami akan membahas persaingan kesebelasan yang masih berpeluang lolos dan akan bertanding malam nanti, yakni pertandingan di grup E sampai grup H.

Grup E

Liverpool akan dipastikan lolos ke fase gugur jika menang di pertandingan kali ini. Persoalannya, Sevilla juga harus menang di sini untuk lolos. Jika pertandingan berakhir imbang, Sevilla masih harus berjuang di matchday enam ? Liverpool sendiri akan lolos dengan hasil imbang, dengan catatan: Spartak kalah dari Maribor.

Maribor sendiri dipastikan masih akan tampil mati-matian. Jika Maribor menang dan Sevilla kalah, maka peluang lolos ke fase gugur masih terbuka. Sebaliknya, imbang (apalagi kalah) di sini, berarti mengakhiri fase grup di peringkat terbawah.

Spartak, sementara itu, sudah tak mungkin gugur ? bahkan jika kalah di pertandingan kali ini. Hasil imbang saja akan mengamankan peringkat ketiga untuk mereka.

Grup F

Manchester City sudah lolos. Namun City tak akan main-main karena Pep Guardiola sudah berjanji. Selain itu, kemenangan atas Feyenoord akan mengamankan peringkat pertama untuk City ? jika Shakhtar tidak menang. (Atau jika City bermain imbang dan Shakhtar kalah.)

Feyenoord sendiri sudah tidak mungkin lolos ke fase gugur. Kemungkinan Feyenoord mengakhiri fase grup di peringkat terbawah pun lebih besar dari kemungkinan mereka lolos ke Europa League. Jika kalah di sini dan Napoli tidak kalah, Feyenoord akan menjadi juru kunci; jika bermain imbang di sini dan Napoli menang, Feyenoord juga tetap akan menjadi juru kunci.

Peringkat ketiga akan aman dalam jangkauan Napoli jika di pertandingan kali ini mereka meraih lebih banyak poin dari Feyenoord ? Feyenoord kalah dan Napoli imbang, atau Feyenoord imbang dan Napoli kalah. Namun untuk menjaga peluang lolos ke fase gugur, Napoli harus menang. Imbang berarti musnah peluang, karena tambahan satu poin saja akan memastikan Shakhtar lolos.

Grup G

Tambahan satu poin saja akan memastikan Besiktas lolos sebagai juara grup. Bahkan kalah pun Besiktas akan tetap lolos (walau tidak sebagai juara grup), dengan catatan Leipzig tidak menang.

Sementara itu bagi Porto, menang pun belum menjadi jaminan lolos ke fase gugur ? jika Leipzig juga menang.

Posisi Leipzig sendiri cukup sulit. Menang di sini, mereka masih harus berjuang di matchday enam. Tidak menang di sini sementara Porto menang, maka Leipzig sudah pasti tak mungkin lolos ke fase gugur.

Monaco sendiri masih bisa lolos jika menang, dengan catatan Porto tidak menang. Kalah di sini berarti dipastikan mengakhiri fase grup di peringkat empat.

Grup H

Tottenham sudah lolos. Menang atas Dortmund berarti mengamankan peringkat pertama. Sebenarnya, peringkat pertama tetap akan menjadi milik Tottenham andai pertandingan ini berakhir imbang ? namun hanya jika Real Madrid juga bermain imbang. Sama halnya dengan jika Tottenham kalah dan Madrid juga kalah.

Dortmund, sementara itu, hanya bisa lolos ke fase gugur jika menang atas Tottenham dan Madrid tidak menang.

Madrid akan tetap lolos jika bermain imbang melawan APOEL dan Dortmund juga bermain imbang (apalagi jika Dortmund kalah). Tapi jaminan lolos yang pasti untuk Madrid hanya satu: menang melawan APOEL.

Peluang APOEL sangat kecil, karena masih harus berjuang di matchday enam, tapi menang melawan Madrid berarti menjaga peluang lolos ke fase gugur.

Komentar