Menakar Opsi-opsi Penyerang Baru untuk Chelsea | Pandit Football Indonesia

Menakar Opsi-opsi Penyerang Baru untuk Chelsea

Analisis

by Sandy Firdaus 8972

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Menakar Opsi-opsi Penyerang Baru untuk Chelsea

Romelu Lukaku sekarang sudah resmi berseragam Manchester United. Chelsea, salah satu klub yang juga getol memburu Lukaku, harus mulai mencari buruan lain. Tapi, apakah opsi-opsi penyerang lain yang masih ada di bursa transfer cocok untuk permainan Chelsea?

Setelah kabar mengenai Antonio Conte yang tidak akan lagi menggunakan jasa Diego Costa musim depan, karena keretakan hubungan keduanya, The Blues langsung memulai perburuan penyerang yang akan memperkuat skuat mereka pada musim 2017/2018 ke depan.

Sebenarnya Chelsea masih memiliki sosok Michy Batshuayi di dalam tim. Namun, penampilannya yang tidak cukup impresif pada musim 2016/2017 membuat Chelsea harus segera bergerak untuk mencari penyerang baru yang berkualitas. Romelu Lukaku sempat mereka incar, namun akhirnya penyerang timnas Belgia itu lebih memilih Manchester United. Lukaku mendarat ke United dengan mahar yang terbilang cukup besar, yaitu 75 juta paun.

Lukaku tak jadi didatangkan, opsi-opsi lain pun berdatangan. Setidaknya, sekarang ada tiga nama yang dikabarkan bisa direkrut Chelsea dalam bursa transfer musim panas ini.

Pierre-Emerick Aubameyang (Borussia Dortmund)

Pierre-Emerick Aubameyang adalah opsi yang bisa saja dipilih Chelsea untuk memperkuat skuat mereka pada musim 2017/2018 kelak. Apalagi, dikabarkan bahwa Dortmund siap melepas Auba ke Chelsea dengan mahar yang tidak jauh dengan Lukaku, yaitu 70 juta paun.

Soal mencetak gol, Auba adalah pencetak gol terbanyak Bundesliga pada musim 2016/2017 silam dengan torehan 31 gol yang ia cetak dari 31 laga yang ia ikuti di Bundesliga (1 gol per pertandingan). Bahkan jika ditotal, dari tiga musim ke belakang ia berkompetisi di Bundesliga, Auba sudah mencetak 72 gol.

Selain mencetak gol, Auba pun punya keunggulan lain dalam soal kecepatan juga kemampuannya dalam mengeksploitasi ruang kosong di lini pertahanan lawan. Lewat kemampuannya ini, ia bisa saja menjadi pilihan terbaik Antonio Conte, terutama jika manajer asal Italia itu menerapkan skema serangan balik cepat.

Alvaro Morata (Real Madrid)

Alvaro Morata adalah penyerang yang satu tipe dengan Romelu Lukaku, incaran utama Chelsea yang sekarang sudah menyeberang ke Manchester United. Awalnya, ia juga sempat digosipkan akan merapat ke United, malah sampai mengakhiri bulan madunya agar bisa berbincang dengan Jose Mourinho, manajer United. Apa daya, akhirnya The Red Devils lebih memilih Lukaku daripada dirinya.

Dengan tidak jadinya Morata merapat ke United, Chelsea punya peluang besar untuk merekrutnya. Pintar dalam mencari posisi di dalam kotak penalti adalah kemampuan utama Morata, selain torehan 15 gol dari 14 pertandingan yang ia jalani di La Liga bersama Real Madrid pada musim 2016/2017.

Ia adalah pilihan tepat jika memang Chelsea menginginkan seorang penyerang yang lihai di dalam kotak penalti. Namun, melihat apa yang Costa perankan selama musim 2016/2017 yang kadang menjadi defensive forward, Morata pun harus meningkatkan aspek defensifnya. Whoscored mencatat, selama musim 2016/2017 aksi bertahan Morata terbilang sedikit. Ia hanya mencatatkan rataan tekel sukses 0,6 per pertandingan serta rataan intersep 0,1 per pertandingan, salah satu yang terkecil di antara pemain Madrid yang lain.

Andrea Belotti (Torino)

Conte terkenal bisa mengolah seorang pemain menjadi pemain penting lewat improvisasi taktik yang ia punya. Nama Victor Moses, David Luiz, serta Marcos Alonso menjadi figur penting dalam kesuksesan Chelsea merengkuh trofi Liga Primer musim 2016/2017, setelah berkembang lewat improvisasi taktik Conte di musim tersebut.

Hal yang sama juga bisa ia lakukan kepada Andrea Belotti, penyerang yang pada bursa transfer musim panas ini menjadi buruan hangat di Eropa. Ditambah lagi, Belotti punya kemiripan dengan Diego Costa, yaitu determinan, punya kemampuan finishing yang baik, dan bisa bikin bek lawan kesal kepadanya.

Belotti tercatat sebagai pemain yang paling banyak melakukan pelanggaran dan juga dilanggar pada musim 2016/2017 di Serie A. Ia juga berhasil menorehkan 26 gol untuk Torino pada musim 2016/2017, membawa Il Toro mengakhiri musim di peringkat
kesembilan. Tipikal penyerang seperti ini memang cukup disukai Conte, manajer yang selalu menekankan etos kerja keras bagi para pemain yang ia asuh.

Namun, di usianya yang masih muda, Belotti masih harus membuktikan diri. Mengarungi kerasnya Liga Primer, jika Belotti tidak punya mental yang kuat, maka ia akan menjadi pesakitan dan bisa saja ia malah terdepak dari skuat Chelsea. Tapi, jika ia bisa menangani kerasnya tekanan Liga Primer, ia bisa menjadi penyerang yang cukup sukses di Chelsea.

***

Sebenarnya masih ada nama-nama lain yang bisa direkrut Chelsea macam Fernando Llorente ataupun Christian Benteke. Namun, ketiga pemain di atas lebih cocok untuk Chelsea, baik itu dari segi taktik dan juga kemampuan yang bisa diberikan para pemain tersebut untuk The Blues.

Ketiganya bisa didapatkan Chelsea pada bursa transfer musim panas ini. Salah satu hal yang mungkin akan bikin mereka susah mendarat ke Chelsea adalah harga mereka yang kelewat mahal. Harga Auba berada di kisaran 70 juta paun. Harga Morata berada di kisaran 78 juta paun, sedangkan harga Belotti berada di kisaran 90 juta paun.

Masalah harga mahal yang, tidak hanya dihadapi oleh Chelsea saja, tetapi juga oleh klub-klub Liga Primer yang lain.

Komentar