Dampak Positif Piala Dunia Brazil 2014

Cerita

by redaksi

Dampak Positif Piala Dunia Brazil 2014

Piala Dunia 2014 di Brazil sudah mengundang banyak polemik sejak berbulan-bulan sebelum digelar. Banyak kalangan yang menilai biaya yang dikeluarkan Brazil untuk mengadakan Piala Dunia 2014 terlalu besar. Padahal di sisi lain, masih banyak rakyat Brazil yang kesulitan dalam meraih pendidikan dan kesehatan. Dari sini kemudian tim banyak protes soal ketidakpedulian Brazil untuk satu hal yang seharusnya lebih diprioritaskan.

Saat dilangsungkan Piala Confederasi tahun lalu, ribuan orang turun ke jalan menuntut kepedulian pemerintah Brazil soal fasilitas umum yang masih bobrok. Orang-orang tersebut bertanya bagaimana pemerintah dapat membangun stadion yang begitu megah namun tidak bisa membangun sekolah dan rumah sakit yang memadai. Dari sini kemudian timbul banyak protes soal ketidakpedulian Brazil untuk satu hal yang seharusnya lebih diprioritaskan.

Namun ternyata, Piala Dunia 2014 di Brazil ini juga tidak melulu mendatangkan kerugian. Penelitian yang dilakukan oleh Institute for Economic Research Foundation menunjukan penyelenggaraan Piala Confederasi tahun lalu, mendatangkan penghasilan kepada pariwisata Brazil hinggal $4,2 Miliar.  Penelitian ini kemudian memprediksi, pada bulan Juni dan Juli nanti, pariwisata Brazil akan mendapatkan pemasukan 3 kali lipat dari angka ini. Pada Piala Confederasi lalu, telah membuka 303.000 lowongan pekerjaan baru, dan diperkirakan pada Piala Dunia nanti akan membuka 48.000 lebih banyak ketimbang Piala Confederasi.

Penelitian ini juga mengatakan bahwa kerugian yang diterima Brazil dari penyelenggaraan Piala Dunia hanya bersifat minor. Lebih banyak dampak positif yang akan diterima Brazil dari penyelenggaraan Piala Dunia. Piala Dunia 2014 juga diperkirakan akan meningkatkan kurang lebih 0,5% GDP penduduk Brazil.

Tentu masih akan menimbulkan pro kontra soal apakah dampak positif ini merupakan dampak yang benar-benar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Brazil, atau hanya memberikan angin segar sesaat saja. Banyak faktor lain yang harus juga diperhatikan jika ingin melihat tingkat kesejahteraan sebuah masyarakat.

(Abi)

Komentar