Ini Caranya Agar Ingin banyak Tercipta Gol

Sains

by redaksi

Ini Caranya Agar Ingin banyak Tercipta Gol

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Purdue dan Max Planck Institute Jerman, dua peneliti olahraga Jessica Witt dan Sally Linkenauger mendapatkan sebuah hipotesa menarik untuk mengatasi mandulnya gol para striker. Ada solusi sederhana untuk mengatasi itu caranya : Perbesar gawang!

Dalam eksperimen yang dilakukan peneliti muda jerman itu, mereka bereksperimen lewat permainan golf. Pada salah satu eksperimen tersebut mereka menggunakan proyektor untuk menerangi lingkaran di sekitar lubang agar memberikan persepsi bahwa lubang golf tersebut akan tampak besar di mata para atlet.

Saat persepsi terjadap lubang diperbesar maka kemampuang atlet untuk memasukan bola kedalam lubang meningkat hingga 10%. Menurut Witt, dalam sepakbola angka presentase ini akan meningkat lebih dari 10-30%

Kepada fourfourtwo Witt berujar bahwa saat pemain tampil bagus, mereka akan mempersepsikan ukuran gawang lebih besar dari biasanya. Karenanya gawang yang dibuat tampak lebih besar akan membuat lebih banyak tendangan suskes tepat sasaran dibandingkan dengan saat gawang dibuat tampak lebih kecil.

Sebuah penelitian yang menurut saya mungkin sedikit agak menggelikan, dengan diperbesar tentu saja area yang bisa dilindungi oleh kiper menjadi semakin luas, jika betul betul diterapkan tujuan akhir tercipta banyak gol akan tercapai.

Lantas tanpa harus jauh-jauh meneliti seperti peneliti diatas, sebenarnya anak kecil pun akan tau bahwa semakin gawang diperbesar, semakin banyak gol akan tercipta.

(wam)

Komentar